4 Menu Buka Puasa Sehat yang Cepat Menambah Energi

Oleh Selma Intania Hafidha pada 25 Apr 2020, 14:35 WIB
Diperbarui 25 Apr 2020, 18:13 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa merupakan salah satu momen yang selalu ditunggu oleh setiap orang ketika Ramadhan tiba. Ragam persiapan dilakukan seseorang untuk mempersiapkan diri menyambut Bulan Suci Ramadhan. Salah satu hal yang kerap dipersiapkan adalah makanan yang cocok untuk buka puasa.

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, kita tentunya merasa lemas dan membutuhkan kembali asupan energi. Oleh sebab itu, ketika waktu buka puasa telah tiba, seseorang mulai mencari makanan yang sehat namun nikmat.

Selama bulan Ramadhan, kita tentu harus selalu menjaga asupan makanan saat buka puasa dan sahur. Hal tersebut agar kita tetap fit dan semangat untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari ke depan.

Ada banyak menu buka puasa sehat yang cepat menambah energi. Sehingga kita tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap fit saat menjalani ibadah puasa. Penasaran apa saja? Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber Sabtu (25/4/2020).

2 dari 3 halaman

Ragam Menu Buka Puasa yang Sehat

ilustrasi kurma/pixabay
Perbesar
ilustrasi kurma/pixabay

1. Kurma

Menu buka puasa pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah kurma. Buah satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Buah kurma selalu menjadi buah wajib saat buka puasa.

Buah kurma menjadi buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa. Buah kurma sendiri memang mengandung cukup banyak nutri serta gula alami yang baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Bahkan, mineral seperti kalium dan tembaga serta serat yang terdapat pada buah kurma juga baik untuk membantu sistem pencernaan selama puasa.

2. Air Mineral

Setelah menjalankan ibadah puasa seharian, kita tentunya butuh untuk mengonsumsi air mineral ketika buka puasa. Saat buka puasa, mengonsumsi minuman yang juga cukup dianjurkan untuk mengembalikan cairan dalam tubuh.

Tak hanya mengonsumsi air putih saja, akan tetapi kamu juga bisa mengonsumsi hidangan minuman yang cocok untuk berbuka puasa untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Menu Buka Puasa yang Sehat

alpukat smoothies
Perbesar
ilustrasi alpukat/copyright by (Shuttersock)

3. Smoothies

Menu buka puasa selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah smoothies. Mengonsumsi smoothies ataupun jus setelah berpuasa seharian mampu memberikan nutri pada tubuh.

Tak hanya itu saja, susu yang dicampurkan dalam smoothies serta buah-buahan telah mengandung gula alami yang bisa mengembalikan energi dan cairan pada tubuh. Mengonsumsi smoothies ketika buka puasa akan menambah energi kamu setelah seharian berpuasa. Kamu akan semangat untuk menjalankan ibadah-ibadah setelah buka puasa.

4. Sup

Sup merupakan menu buka puasa selanjutnya yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang membutuhkan energi. Kamu harus selalu menjaga asupan energi kamu selama buka puasa dan sahur.

Sup juga bisa dijadikan sebagai menu untuk sahur dan buka puasa selama bulan Ramadhan. Pasalnya, menu makanan satu ini mengandung cukup banyak mineral dan bisa mengembalikan kebutuhan cairan dalam tubuh setelah berpuasa. Tentu saja, dalam menu sup kamu bisa menambahkan daging, seperti ayam ataupun sapi bahkan ikan sebagai sumber protein. Bahkan, sayur-sayuran yang ada pada sup bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓