14 Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 23 Apr 2020, 12:10 WIB
Diperbarui 23 Apr 2020, 12:10 WIB
Membuat Ginjal Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal yang rutin dikonsumsi sehari-hari, selain membantu menjaga kesehatan dari ginjal tersebut, juga mampu membuat berbagai organ di dalam tubuh menjadi sehat dan berfungsi dengan lebih baik.

Agar ginjal selalu sehat, diperlukan nutrisi yang baik dan cukup takarannya. Namun, apabila ginjal Anda mulai bermasalah, jenis nutrisi yang harus dikonsumsi hendaknya harus disesuaikan lagi, dan akan lebih baik jika mengonsumsi makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal.

Memang, hampir seluruh jenis makanan dari sumber alami memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tetapi, pada makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal terdapat lebih banyak kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dibanding dengan jenis makanan alami lainnya.

Jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal tersebut berperan dalam mambantu melindungi dan mencegah untuk timbulnya oksida lemak yang seharusnya tidak ada pada organ ginjal. Maka, tidak ada salahnya, dan mungkin akan lebih baik jika Anda menerapkan pola hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal.

Mengenai jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal tersebut, Liputan6.com, Kamis (23/4/2020), telah merangkum berbagai macam jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal tersebut di bawah ini.

2 dari 8 halaman

Beras, keju, dan susu kedelai

beras basmati
copyright by Katrinshine (Shutterstock)

1. Beras

Salah satu senyawa yang harus dibatasi konsumsinya dengan tujuan untuk memperbaiki fungsi ginjal adalah kalium. Beras merupakan jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal karena memiliki sedikit kandungan kalium. Dengan berkurangnya kadnungan kalium dalam darah, maka dapat meringankan kerja dari ginjal.

2. Keju dan susu kedelai

Salah satu senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah fosfor. Namun, apabila terlalu banyak fosfor yang terkandung di dalam darah, maka ginjal akan kesulitan menyaringnya. Karena kerja ginjal yang berat itulah, maka bisa menyebabkan kondisi gagal ginjal.

Dengan mengonsumsi keju dan susu kedelai dapat mengurangi kadnungan fosfor dalam darah lebih cepat. Itulah mengapa makanan tersebut sangat dianjurkan bagi penderita gangguan ginjal. Dengan berkurangnya kadar fosfor dalam darah, dapat memperbaiki keseluruhan fungsi ginjal.

3 dari 8 halaman

Putih telur dan kacang merah

Putih Telur
Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

3. Putih telur

Putih telur adalah jenis sumber protein murni yang memiliki kualitas tinggi. Kandungan asam amino esensial pada telur juga sangat lengkap. Selain itu, kandungan fosfor pada telur juga sangat sedikit dibandingkan daging dan kuning telur. Itulah mengapa, dengan mengonsumsi putih telur, maka fungsi ginjal akan meningkat.

4. Kacang merah

Jenis makanan ini sudah sejak lama dipercaya dijadikan salah satu obat yang efektif dalam menyingkirkan batu ginjal. Anda cukup mengonsumsinya dengan cara direbus kurang lebih 6 jam. Setelah dingin, minum air rebusan kacang merah tersebut.

4 dari 8 halaman

Bawang bombay dan kembang kol

bawang bombay
ilustrasi bawang bombay/Photo by MaraZe Shutterstock

5. Bawang bombay

Jenis bahan makanan ini memiliki aroma yang sangat khas. Aroma tersebut didapatkan dari merupakan kandungan sulfur yang ada di dalam bawang bombay. Kandungan kromium pada bawang bombai juga ternyata sangat baik dalam membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Kandungan lain pada bawang bombai yaitu flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat dan terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

6. Kembang kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal. Sayuran ini memiliki kandungan asam folat dan serat yang dapat membantu dalam membersihkan ginjal dan memperbaiki fungsinya. Selain itu, kembang kol merupakan sayuran rendah kalium yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal kronis.

5 dari 8 halaman

Paprika merah dan kubis

paprika
Paprika merah sayuran yang pedas

7. Paprika merah

Jenis sayuran ini juga baik untuk kesehatan ginjal karena mengandung potasium yang memiliki kadar sangat rendah. Paprika merah juga memiliki kandungan antioksidan kuat seperti vitamin C, A dan B6 dan berbagai jenis nutrisi lain seperti asam folat yang baik untuk bagi kesehatan ginjal.

8. Kubis

Kubis dapat membantu memecah radikal bebas yang ada di dalam tubuh dengan senyawa phytochemical yang dikandungnya. Sayuran ini juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, sumber vitamin B6 dan asam folat, serta memiliki jumlah kalium rendah yang tentunya sangat baik bagi kesehatan ginjal.

6 dari 8 halaman

Ikan dan apel

Ikan Salmon Daging Salmon
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

9. Ikan

Selain kaya akan protein, ternyata ikan juga banyak mengandung lemak yang bersifat anti-inflamasi yang biasa disebut sebagai lemak omega-3. Lemak omega-3 inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan pada tubuh dari berbagai jenis masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kanker. Baiknya, rutinlah makan ikan 3-4 kali dalam seminggu agar sistem pencernaan dan ginjal tetap sehat.

10. Apel

Apel adalah jenis buah yang kaya akan zat anti-inflamasi dan juga serat, dimana kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal. Dan buah apel ini umumnya memang direkomendasikan sebagai makanan bagi orang-orang yang sedang memiliki masalah pada ginjalnya.

7 dari 8 halaman

Blueberry dan bawang putih

[Fimela] Blueberry
Blueberry | unsplash.com/@joannakosinska

 11. Bluberry

Buah berwarna biru ini ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi ginjal, karena memiliki kandungan antioksidan antosianin di dalamnya, yang dimana senyawa tersebut merupakan jenis senyawa alami yang mampu membantu atasi peradangan. Itulah mengapa bluberry dapat Anda jadikan pilihan makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal.

12. Bawang putih

Jenis bahan makanan berupa bawang putih ini termasuk jenis bahan makanan terbaik yang mampu meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan bawang putih ke dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

8 dari 8 halaman

Minyak zaitun dan lemon

Khasiat Minyak Zaitun Tangkal Alzheimer
Khasiat Minyak Zaitun Tangkal Alzheimer

13. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah dipercaya sejak lama sebagai jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan asam oleat yang tinggi, dimana dapat menjadi agen anti-inflamasi. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang ada pada minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari oksidasi dan degenerasi pada ginjal.

14. Lemon

Jenis buah yang memiliki rasa asam ini ternyata dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin dalam membantu pencegahan batu ginjal. Sehingga itulah alasan mengapa lemon menjadi salah satu jenis buah yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi dan membersihkan ginjal. Selain itu, asam yang ada pada lemon dapat membantu sebagai pemecahan lendir yang menumpuk pada membran sel.

 

Jadi, itulah beberapa jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal yang baik untuk dikonsumsi baik bagi penderita penyakit ginjal atau untuk mencegah penyakit ginjal tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓