Sukses

Kisah Pria Jualan Ikan Usai Kena PHK Demi Hidupi Keluarganya Ini Bikin Haru

Banyak masyarakat yang harus beralih pekerjaan lain demi untuk menghidupi keluarga di tengah pandemi corona.

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran virus corona covid-19 yang berasal dari Wuhan, China terus meluas dan menjatuhkan banyak korban jiwa. Hingga kini, dilansir dari worldometers (17/4/2020) virus corona covid-19 sudah menginjak kasus 2,1 juta jiwa di dunia.

Tim medis, pemerintah, dan seluruh lapisan masyarakat turut bahu membahu agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona tersebut. Salah satu upaya pemerintah yakni mengharuskan masyarakat untuk mengkarantina diri dan menghindari keramaian. 

Peraturan pemerintah tersebut berakibat kepada hilangnya pekerjaan masyarakat. Hampir seluruh masyarakat merasakan dampak akibat penyebaran virus corona tersebut. Virus corona covid-19 sudah menyebabkan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

Selain itu, banyak masyarakat yang mengambil pekerjaan lain demi menghidupi keluarganya di tengah dampak corona. Dilansir dari worldofbuzz pada (17/4/2020) seorang pria rela jualan ikan agar dapat menghidupi keluarganya. Hal tersebut dilakukan karena tempat kerja sebelumnya ditutup akibat adanya virus corona tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria Ini Jualan Ikan Demi Menghidupi Keluarganya

Seorang pria bernama Mohd Hasrul Abd Hamid banting stir untuk menjual ikan demi menghidupi keluarganya. Sebelumnya, Mohd Hasrul Abd Hamid adalah seorang pekerja di pabrik di Seremban, Negeri Sembilan. Akibat corona dan peraturan pemerintah yang mengharuskan untuk karantina, pabrik tempatnya dia pekerja ditutup sementara.

Kepada Mstar, dia mengatakan bahwa tidak sengaja untuk menjadi seorang penjual ikan. “Sebelumnya teman saya menjual ikan. Pada waktu itu, saya membeli ikan dan membagikannya kepada keluarga dan kemudia istri saya mengambil foto ikan tersebut dan memotingnya secara online. Sejak saat itu, Teman-teman istri saya terus bertanya apakah menjual ikan tersebut.”

Ketika Mohd Hasrul Abd Hamis memikirkan lebih lanjut, dia mulai mempromosikan penjualan ikannya di akun media sosialnya. Setiap harinya, penjualan ikannya mengalami peningkatan dan terus mendapatkan pesanan. Mohd Hasrul menjual ikan segarnya seharga RM10 per kg. Selain itu, dia juga menggratiskan biaya pengiriman ikan tersebut.

3 dari 3 halaman

Demi Menghidupi Keluarganya

Mohd Hasrul menegaskan bahwa penghasilannya dipengaruhi karena adanya virus corona tersebut. Ayah dari enam anak ini mengatakan bahwa dia akan mengendalikan pengeluarannya. Mohd Hasrul juga lebih mengutamakan untuk membeli barang-barang yang penting.

"Saya memprioritaskan kebutuhan anak-anak saya, seperti popok, makanan, dll. Kita juga perlu mengatur keuangan yang kita miliki dengan cerdas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.