Sukses

4 Cara Screenshot Oppo Semua Seri, Mudah dan Praktis

Oppo punya fitur screenshoot yang canggih.

Liputan6.com, Jakarta Cara screenshot Oppo penting diketahui bagi kamu pengguna ponsel android satu ini. Oppo merupakan brand smartphone asal negeri Tiongkok yang sangat populer di Indonesia. Beragam fitur yang ditawarkan, menjadikan Oppo banyak diminati masyarakat.

Selain kamera, fitur lain yang tak kalah penting adalah fitur screenshot. Tangkapan layar atau screenshot berguna bagi kamu yang ingin menyimpan informasi penting dalam layar ponselmu. Ini sebabnya penting untuk mengetahui cara screenshot Oppo.

Cara screenshot Oppo cukuplah mudah. Namun, bagi kamu pengguna baru brand ini, kamu mungkin belum mengetahui bagaimana cara screenshot Oppo. Ada beberapa cara screenshot Oppo yang bisa dilakukan.

Cara screenshot Oppo ini sudah menjadi fitur bawaan dalam ponsel tersebut. Cara screenshot Oppo ini bisa diterapkan di semua seri ponsel Oppo. Berikut cara screenshot Oppo yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down

Cara screenshot Oppo yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol di ponselmu. Seperti merk ponsel lainnya, kamu bisa men-screenshot layar Oppomu melalu tombol power dan tombol volume.

Ada dua cara screenshot Oppo menggunakan kombinasi tombol ini. Cara pertama adalah dengan kombinasi tombol power dan tombol volume down. Cara screenshot Oppo dari kombinasi tombol ini adalah:

1. Buka layar yang akan di screenshot

2. Tekan tombol power dan tombol volume down atau bawah bersamaan. Tahan selama beberapa detik.

3. Setelah itu layar akan berkedip dan akan terdengar suara shutter seperti kamera tanda layar sudah tertangkap.

4. Hasil screenshot bisa dilihat di bilah notifikasi atau di galeri ponselmu.

3 dari 8 halaman

Menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up

Cara screenshot Oppo masih sama menggunakan kombinasi tombol. Jika cara screenshot Oppo sebelumnya menggunakan kombinasi tombol power + volume down, cara selanjutnya adalah menggunakan kombinasi tombol power + volume up.

Perbedaan penggunaan tombol volume up dan volume down ini terletak pada fiturnya. Cara screenshot Oppo menggunakan kombinasi tombol power + volume up punya lebih banyak fitur dari cara sebelumnya.

Dengan kombinasi tombol power + volume up ini kamu bisa men-screenshot layar lebih panjang, atau men-screenshot area tertentu saja. Ada dua fitur dalam kombinasi tombol power + volume up yaitu screenshot area dan screenshot – Next page.

Berikut fitur-fiturnya:

4 dari 8 halaman

Screenshot area

Screenshot area berguna untuk men-screenshot area layar tertentu saja. Caranya dengan menekan tombol power + volume up bersamaan dan tunggu hingga muncul opsi menu screenshot area, next page, dan save.

Pilih opsi screenshot area. Setelah itu sesuaikan area yang akan di screenshot dengan menggeser bilah yang ada. lalu pilih save.

5 dari 8 halaman

Screenshot – Next page

Screenshot – Next page berguna untuk men-screenshot layar dalam bentuk panjang. Fitur ini bisa membuat tangkapan layar panjang, yang melebihi satu ukuran layar. Screenshot – Next page bisa kamu gunakan untuk menangkap layar chat atau artikel panjang.

Caranya juga mudah, sama seperti menggunakan fitur screenshot area. Tekan tombol power + volume up bersamaan dan tunggu hingga muncul opsi menu screenshot area, next page, dan save. Pilih opsi Next page lalu gulir ke bawah layar yang akan discreenshoot. Setelah itu akan ada notifikasi bahwa screenshot sudah berhasil dilakukan. Pilih save untuk menyimpan hasil screenshot.

6 dari 8 halaman

Menggunakan quick gesture

Salah satu fitur menarik dari Oppo adalah adanya fitur quick gesture. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengendalikan ponselmu melalui gestur tangan. Fitur quick gesture bisa digunakan untuk membuka kunci, melakukan tangkapan kamera, dan melakukan tangkapan layar atau screenshot.

Fitur ini merupakan fitur bawaan, jadi kamu tak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi. Untuk mendapatkan fitur quick gesture ini kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu fitur tersebut di pengaturan. Berikut caraya:

1. Buka menu pengaturan atau settings, lalu cari dan pilih opsi Gesture and Motion.

2. Pada menu Gesture and Motion, cari submenu Quick Gesture. Lalu, aktifkan opsi Gesture Screenshot.

 

 

7 dari 8 halaman

Cara menggunakan fitur quick gesture

Cara menggunakan fitur quick gesture sangatlah mudah, kamu cukup menggunakan sentuhan jarimu untuk men-screenshot layar. Setelah fitur quick gesture diaktifkan, buka layar yang akan discreenshoot. Selanjutnya, gerakkan tiga jarimu secara bersamaan dari atas ke bawah.

Setelah itu, layar akan berkedip dan terdengar suara shutter yang berarti bahwa screenshot telah berhasil diambil. Hasil screenshot bisa kamu lihat di bilah notifikasi atau galeri.

8 dari 8 halaman

Menggunakan aplikasi longshot

LongShot adalah aplikasi khusus Android yang populer untuk membuat tangkapan layar yang panjang dan bergulir. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store secara gratis. Berikut cara menggunakannya:

1. Unduh dan buka aplikasi LongShot

2. Tekan tombol kotak biru dengan ikon rana kamera. Sebuah popup akan muncul mengatakan akan menangkap apa yang ada di layarmu. Tekan "Start Now." Ketika kamu melakukan ini, kamu akan dibawa ke layar beranda.

3. Buka area yang akan discreenshoot, tekan tombol hijau "Start". ika "Auto Scroll" diaktifkan, ponsel akan menggulir secara otomatis sisa halaman apa pun yang kamu buka dan mengambil tangkapan layar yang panjang.

4. Tekan tombol "Done" untuk menyimpan hasil screenshot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini