Anak Langgar Aturan Lockdown, Pria Ini Bayar Denda Pakai Uang Celengan

Oleh Loudia Mahartika pada 16 Apr 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 16 Apr 2020, 13:45 WIB
Anak Langgar Aturan Lockdown, Pria Ini Bayar Denda Pakai Uang Tabungan Celengan
Perbesar
Anak langgar masa isolasi, pria ini bayar denda dengan uang tabungan celengannya. (Sumber: World of Buzz)

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi yang hingga kini masih dihadapi di sejumlah negara membuat kegiatan masyarakat mulai dibatasi. Banyak kebijakan pemerintah yang mengimbau warganya untuk beraktivitas dari rumah atau isolasi diri. Hal ini diharapkan agar dapat memutus penyebaran virus Corona Covid-19 yang sudah hampir 4 bulan menjadi ancaman banyak negara. 

Tak main-main dalam menhadapi virus asal Kota Wuhan trsebut, sejumlah negara pun mulai memberlakukan denda bagi siapapun yang melanggar aturan. Seperti yang dialami oleh pria asal Malaysia satu ini. Dirinya diberitahu jika anaknya telah melanggar Movement Control Order atau MCO dengan berpergian selama masa lockdown

Seperti diketahui jika Malaysia menerapkan lockdown dan memberikan sanksi kurungan bagi para pelanggarnya. Tak ingin anaknya merasakan jeruji besi, pria ini pun terpaksa memecahkan elengannya dan membayar denda demi anaknya tersebut. 

Kisah ini pun ramai diperbincangkan netizen setelah diunggah oleh pemilik akun Facebook Siti Rohaiza. Unggahan tersebut pun kemudian viral di media sosial.

2 dari 4 halaman

Langgar Aturan Lockdown

Anak Langgar Aturan Lockdown, Pria Ini Bayar Denda Pakai Uang Tabungan Celengan
Perbesar
Anak langgar masa isolasi, pria ini bayar denda dengan uang tabungan celengannya. (Sumber: hetanews)

Dilansir ddari World of Buzz oleh Liputan6.com, Kamis (16/4/2020) beredar kisah viral di media sosial lewat akun Facebook milik Siti Rohaiza. Pemilik akun tersebut memosting kisah viral yang cukup memilukan. Siti Rohaiza diketahui bekerja di Departemen Kesehatan Johor Bahru. 

Pada Rabu (15/4/2020) Siti mengatakan bahwa dia menerima pembayaran denda soal pelanggaran MCO dari seorang pria dan putranya. Ternyata bocah berusia 18 tahun tersebut telah melanggar aturan MCO dengan berpergian ke luar rumah.

3 dari 4 halaman

Bayar Pakai Uang Celengan

Anak Langgar Aturan Lockdown, Pria Ini Bayar Denda Pakai Uang Tabungan Celengan
Perbesar
Anak langgar masa isolasi, pria ini bayar denda dengan uang tabungan celengannya. (Sumber: World of Buzz)

Pria dan anaknya yang tak disebutkan namanya tersebut pun harus berurusan dengan hukum. Malaysia telah menerapkan lockdown dan akan memberikan sanksi bagi yang tak mematuhinya. 

Jadi, pria itu pun membayar denda sekitar Rp 3,6 juta dalam bentuk tumpukan uang kertas senilai 1 ringgit dan 5 ringgit serta ratusan uang koin. Ketika Siti bertanya kepada mereka mengapa uang tunai itu dalam bentuk uang recehan dan koin, pria itu berkata,

"Saya memecahkan celengan" ucap pria yang lalu membuat Siti terkejut, dikutip dari World of Buzz. 

 

 

4 dari 4 halaman

Berharap Anak-anak Patuhi Aturan

Setelah kejadian tersebut, Siti juga menuliskan pesan di media sosialnya untuk anak-anak dan pra remaja. Ia meminta mereka untuk mematuhi aturan lockdown dan isolasi diri. Tidak keluar rumah untuk beberapa waktu, bisa menghindarkan mereka dari urusan hukum dan tak menyulitkan orang tua. 

"Anak-anak yang terkasih terutama mereka yang belum bekerja, masih pergi ke sekolah silakan duduk di rumah .. Jangan bergaul dengan teman-teman dulu... Jangan mengendarai sepeda motor di sana-sini ... Ingat betapa susahnya mencari uang ???" tulis Siti di Facebooknya pada Rabu (15/4/2020) lalu.

"Saya berharap anak itu akan membayar orang tua mereka kembali di masa depan. Sangat menyedihkan melihat seorang ayah memecahkan celengannya hanya untuk menyelamatkan anaknya dari masalah." tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓