Sukses

8 Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja, Ketahui Kala WFH

Posisi duduk yang benar saat bekerja dapat menghindarkan tubuh dari risiko terkena gangguan otot dan tulang.

Liputan6.com, Jakarta Posisi duduk yang benar saat bekerja dapat membantu Anda terhindar dari penyakit punggung atau pinggang. Namun, jika Anda tidak mempraktikkan posisi duduk yang benar saat bekerja Anda bisa saja terkena risiko nyeri sendi hingga gangguan jangka panjang seperti Carpal Tunnel Syndrome. Sindrom ini berupa mati rasa dan kesemutan di tangan dan lengan yang disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan akibat posisi duduk yang benar saat bekerja tidak dilakukan.

Saat Anda duduk berjam-jam lamanya di depan komputer saat bekerja di rumah, mengerjakan tugas kuliah, dan segala kegiatan yang mengharuskan Anda duduk cukup lama di depan komputer, seringkali menimbulkan banyak gangguan. Sesungguhnya, kondisi seperti itu dapat dihindari jika Anda paham bagaimana posisi duduk yang benar saat bekerja.

Posisi duduk yang benar saat bekerja biasanya melibatkan segala hal. Beberapa faktor posisi duduk yang benar saat bekerja dimulai dari jarak antara tubuh dengan komputer atau laptop Anda. Lalu posisi kursi dan meja, hingga sudut pandang mata saat melihat komputer atau laptop di meja.

Untuk mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit yang dapat timbul dari posisi duduk yang tidak benar saat bekerja, berikut Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara posisi duduk yang benar saat bekerja, yang tentunya dapat Anda praktikkan sendiri saat di rumah maupun kantor, Rabu (15/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Posisi duduk yang benar saat bekerja yang paling dasar

1. Atur kursi hingga nyaman

Baiknya Anda menggunakan kursi kerja yang bisa diatur tinggi rendahnya. Tujuannya tentu untuk menunjang kenyamanan saat Anda bekerja.

Yang perlu diperhatikan adalah dengan memastikan pengaturan kursi sudah sesuai dengan postur tubuh Anda, dan pastikan kaki menyentuh lantai. Namun jika kaki tidak menyentuh lantai, gunakan bantuan bantal atau sandaran kaki lainnya, agar kaki tidak dalam posisi mengggantung.

Lalu, posisikan tangan di atas meja dengan membentuk huruf 'L'. Usahakan posisi lengan tidak terlalu jauh dari tubuh Anda, karena tekanan pada bahu dan lengan akan bertambah jika posisi tangan terlalu jauh. Dan, jangan posisikan kursi terlalu jauh dengan meja. Hal ini dimaksudkan agar otot tidak terlalu ‘bekerja keras’ ketika Anda sedang mengetik.

2. Kaki menyentuh lantai

Sempat disinggung pada penjelasan sebelumnya, kaki pastikan untuk menyentuh lantai. Dan sebisa mungkin berat badan Anda ditopang dengan baik ole pinggul Anda. Serta yang tidak kalah penting adalah memastikan posisi lutut ditekuk dan membentuk sudut yang tepat kurang lebih 90 derajat.

Apabila Anda sedang berada dikantor dan menggunakan sepatu yang memiliki hak cukup tinggi, baiknya Anda melepas sepatu tersebut selama duduk, jika memang Anda duduk dalam jangka waktu lebih dari satu jam. Lalu, jangan silangkan kaki saat Anda duduk, karena kebiasaan menyilangkan kaki dinilai dapat menghambat aliran darah yang dapat menyebabkan otot menjadi kaku.

3 dari 5 halaman

Posisi duduk yang benar saat bekerja berdampak besar

3. Duduk tegak dengan punggung lurus

Setelah Anda mendapatkan posisi kaki dan kursi yang ideal, selanjutnya Anda harus pastikan pinggang dan pantat Anda menyentuh bagian sandaran kursi. Setelah itu, duduk dengan tegak.

Mungkin, dengan menerapkan posisi duduk seperti ini awalnya cukup membuat Anda tidak nyaman. Namun dengan duduk secara tegak, dapat membantu tulang belakang Anda tetap terjaga dan tidak mengalama sakit pinggang dan punggung.

Sebagai bantuan tambahan, Anda juga dapat meletakkan bantal kecil di belakang punggung bagian bawah. Bantal kecil ini memiliki fungsi untuk menopang punggung bagian bawah agar posisi duduk yang benar dapat Anda pertahankan.

4. Tubuh atas dan bawah harus nyaman

Selain membuat posisi yang sebisa mungkin nyaman pada tubuh bagian atas, seperti punggung dan pinggang, Anda juga harus perhatikan kenyamanan pada bagian kepala dan leher. Anda harus pastikan kondisi kepala dan leher ada pada posisi tegak dan lurus, namun tetap harus nyaman menurut Anda. Sedangkan pada tubuh bagian bawah, pastikan posisi pinggul dan lutut Anda sejajar.

4 dari 5 halaman

Posisi duduk yang benar saat bekerja berdasar posisi peralatan

5. Atur posisi layar

Jika Anda telah mengatur segala hal yang berkaitan dengan posisi duduk dengan benar, maka selanjutnya Anda harus mengatur posisi layar laptop atau komputer Anda agar berada pada posisi yang benar. Saat mengatur posisi layar, sebisa mungkin Anda perhatikan jarak antara mata dengan layar laptop atau komputer Anda, mengingat posisi layar memengaruhi kenyamanan duduk dan tentu saja, kesehatan pada mata.

Untuk mendapatkan jarak layar komputer atau laptop yang ideal, Anda dapat menggunakan cara sederhana, yaitu dengan merentangkan kedua tangan Anda ke arah depan dan letakkan di atas meja. Setelah itu akan terlihat posisi dari ujung jari tangan yang merupakan posisi ideal layar laptop atau komputer.

Selain itu atur juga ketinggian layar komputer. Karena, posisi layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah ditakutkan dapat menyebabkan masalah pada mata dan juga leher.

6. Perhatikan letak keyboard

Jika mengatur layar monitor telah Anda lakukan, tahap selanjutnya Anda dapat perhatikan penempatan keyboard. Sebisa mungkin posisikan keyboard di depan layar komputer dan beri jarak antara keyboard dengan ujung meja sekitar 8 hingga 10 sentimeter. Agar ada ruang bagi pergelangan tangan ketika Anda sedang melakukan kegiatan mengetik.

Agar semakin membuat Anda nyaman, Anda dapat menambahkan sandaran tangan yang banyak dijual dipasaran. Dengan menggunakan sandaran pada tangan dapat membantu pergelangan tangan menjadi rileks dan tidak mudah kaku akibat mengetik.

5 dari 5 halaman

Posisi duduk yang benar saat bekerja diimbangi dengan istirahat

7. Jangan duduk terlalu lama

Jika Anda telah menyelesaikan tiap tahapan dari pekerjaan Anda, ada baiknya Anda beristirahat. Karena duduk telalu lama sangat tidak baik bagi kesehatan. Cukup beristirahat 10 sampai 15 menit dan lakukan sedikit peregangan agar otot menjadi rileks. Selain baik bagi otot, mata Anda juga akan beristirahat.

8. Letakkan benda penting pada jangkauan tangan

Selain komputer, banyak benda penting yang harus ada di atas meja kerja seperti alat tulis, ponsel, dan berbagai alat penunjang kerja lainnya. Tujuan meletakkan barang dengan jarak yang terjangkau dari tangan adalah agar Anda tidak perlu banyak merubah posisi duduk Anda, sehingga merubah posisi duduk Anda lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.