Sukses

Cara Mengganti ID Line di Android Tanpa Instal Ulang dan Ganti Nomor HP

Cara mengganti ID Line di Android tidak begitu sulit diikuti.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengganti ID Line bisa dilakukan tanpa mengganti nomor HP terlebih dahulu. Aplikasi chatting yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia satu ini memang membutuhkan beberapa cara khusus untuk mengganti ID pengguna, berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain.

Sebenarnya, aplikasi Line memang tidak menyediakan fitur untuk mengganti ID. Namun, kamu bisa menerapkan beberapa cara alternatif yang memungkinkan pengguna mengubah ID-nya. Kamu bahkan tidak perlu menginstal ulang ataupun mengganti nomor HP.

Cara mengganti ID Line di Android tidak begitu sulit diikuti. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan nomor HP baru ataupun tetap dengan nomor HP yang sama. Dalam hal ini, jika kamu memilih menggunakan nomor baru, maka kamu tidak perlu menginstal ulang aplikasi Line.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengganti ID Line, Rabu (15/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengganti ID Line Tanpa Instal Ulang Aplikasi

Cara mengganti ID Line tanpa menginstal ulang aplikasinya bisa dilakukan asalkan kamu menggunakan nomor HP yang baru. Untuk menerapkan cara mengganti ID Line satu ini, kamu perlu log out akun terlebih dahulu.

Sebagai salah satu cara mengganti ID Line tanpa instal ulang, kamu perlu log out akun sebelumnya terlebih dahulu. Log out dari akun Line mungkin akan cukup sulit karena tidak ada pilihannya di aplikasi. Karena itu, kamu harus mengikuti cara Log out Line di HP Android terlebih dahulu.

- Log out LINE di HP Android Terlebih Dahulu

Berikut cara log out aplikasi Line di Android:

1. Masuk ke menu Settings pada smartphonemu, lalu pilih Installed Apps.

2. Pilih LINE pada pilihan apps yang tampil dilayar, lalu pilih hapus data atau clear data

3.  Setelah kamu memilih OK, maka secara otomatis kamu sudah log out dari LINE

- Masuk Lagi ke Aplikasi Line

Setelah log out dari akun Line yang sebelumnya, kamu bisa masuk lagi ke aplikasi Line. Sekarang tampilan yang akan muncul adalah seperti awal kamu menginstalnya. Pilih Sign up untuk membuat akun baru.

- Masukkan Nomor HP Baru

Cara mengganti ID Line tanpa instal ulang berikutnya adalah masukkan nomor HP baru. Masukkan nomor HP yang kamu miliki dan aktif, lalu tunggu kode verifikasi yang akan dikirimkan Line ke nomor tersebut. Jika sudah menerima, masukkan kode tersebut lalu pilih Next.

- Masukkan Nama

Setelah itu, kamu akan disuruh untuk memasukkan nama yang ingin kamu gunakan di aplikasi Line, lalu pilih Register.

- Masukkan ID baru

Setelah semua cara mengganti ID Line tanpa instal ulang selesai dilakukan, barulah kamu bisa memasukkan ID baru. Meski sudah memasukkan nama, ID Line baru kamu belumlah ada. Klik profil kamu, lalu pilih bagian ID. Masukkan ID baru yang kamu inginkan, jika tersedia, lanjutkan dengan memilih Save.

3 dari 3 halaman

Cara Mengganti ID Line Tanpa Ganti Nomor HP

Kamu juga bisa mengikuti cara mengganti ID Line tanpa ganti nomor HP terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

- Pastikan Akun Terverifikasi dan Siapkan Akun Lain untuk Tumbal

Pertama-tama, kamu harus memastikan kalau akun Line asli yang kamu gunakan sekarang sudah terverifikasi dengan nomor HP yang juga aktif kamu gunakan. Selanjutnya, kamu membutuhkan satu akun Line lain yang akan dijadikan 'tumbal' agar bisa memperoleh ID Line yang baru.

- Log out Aplikasi Line

Cara mengganti ID Line tanpa ganti nomor HP selanjutnya adalah dengan melakukan log out dari aplikasi Line. Caranya sama persis dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan menghapus data yang ada di menu pengaturan aplikasi. Pastikan kamu klik pada dua opsi penting yaitu clear data dan clear cache.

- Login dengan Akun Tumbal

Selanjutnya, buka kembali aplikasi Line, lalu pilih Log in dan masuk menggunakan akun lain yang akan dijadikan tumbal, yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu akan diminta memasukkan nomor HP.

Di sini, masukkan nomor HP yang juga kamu gunakan pada akun Line asli (yang ingin kamu ganti ID-nya). Tunggu hingga kamu menerima SMS konfirmasi, lalu masukkan lagi kode verifikasinya.

- Log out dari Akun Tumbal

Setelah sukses melakukan log in pada akun tumbal, kamu harus kembali melakukan log out dengan cara yang sama seperti sebelumnya (hapus data dan cache di menu pengaturan aplikasi).

- Log in Kembali, dan Ganti ID

Setelah log out dari akun tumbal, barulah kamu bisa log in lagi. Masuk ke aplikasi, pilih Log in, lalu masukkan akun asli kamu yang sebelumnya ingin kamu ganti ID-nya. Kamu akan kembali diminta memasukkan nomor HP dan verifikasi.

Sekali lagi gunakan nomor HP yang sama. Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa mengganti ID Line kamu melalui menu profil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini