8 Jenis Sepeda dan Kegunaannya, Ketahui Perbedaannya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 14 Apr 2020, 13:15 WIB
Diperbarui 14 Apr 2020, 13:15 WIB
6 Sepeda Roadbike Ini Harganya Fantastis, Lebih dari Brompton

Liputan6.com, Jakarta Jenis sepeda terdapat bermacam-macam, dan pada dasarnya bermacamnya jenis sepeda tersebut karena berbeda pula peruntukkannya. Jenis sepeda lipat misalnya. Jenis sepeda lipat tidak akan cocok jika digunakan pada jalanan yang terjal berbatu atau berlumpur. Karena jenis sepeda yang mampu untuk melewati jalanan tersebut adalah jenis sepeda MTB atau sepeda gunung.

Beragamnya jenis sepeda harusnya juga disesuaikan dengan kondisi dari lokasi yang akan Anda datangi untuk  bersepeda. Harganya juga sangat bervariasi mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Bahkan ada beberapa jenis sepeda yang memiliki harga hampir setara dengan mobil LCGC yang ada di Indonesia, atau kelas di bawahnya setara dengan satu unit motor matik keluaran terbaru.

Sepeda sendiri memang merupakan jenis kendaraan roda dua yang sangat praktis dan hemat serta ramah lingkungan. Jika daerah tempat tinggal Anda memiliki tingkat kemacetan yang cukup parah, maka sepeda dapat menjadi pilihan untuk melewati kondisi daerah tersebut. Di sisi lain, tubuh akan menjadi sehat karena dengan bersepeda maka tubuh Anda akan berolahraga.

Semakin tahun dan seiring dengan perkembangan teknologi dalam proses produksinya. Sepeda juga turut mendapat banyak inovasi dalam desain produk serta kualitas yang semakin meningkat.

Lalu apa saja sebenarnya yang membedakan tiap jenis sepeda yang ada? Berikut liputan6.com telah menyajikan informasi mengenai berbagai jenis sepeda dan kegunaannya, Selasa (14/4/2020).

2 dari 3 halaman

Jenis sepeda dengan kegunaan khusus

Balap Sepeda Asian Games 2018
Sejumlah atlet balap sepeda saat menggelar latihan di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, Selasa (31/7/2018). Menpora berharap para atlet dapat berprestasi di Asian Games 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

1. Sepeda Balap

Untuk jenis sepeda yang satu ini, memang memiliki desain yang dirancang untuk mengikuti balapan. Jenis sepeda ini mungkin menjadi salah satu jenis sepeda yang memiliki harga cukup tinggi. Harga yang tinggi tersebut karena dari segi inovasi dan jenis bahan yang digunakan juga tidak main-main. Bahkan banyak sepeda balap yang bisa diangkat hanya dengan menggunakan satu tangan. Tentu saja karena bahan yang digunakan pada sepeda ini merupakan bahan yang sangat ringan dan hampir seluruh saprepartnya menggunakan kombinasi serat karbon dan aluminium.

Sepeda balap terlihat dari ciri khusus yang hanya dimiliki oleh jenis sepeda ini. Yaitu posisi stang sepeda yang berbentuk melengkung, berbeda dari sepeda pada umumnya. Tujuannya agar pengendara dapat merendahkan posisi badannya dan mendapat aerodinamis yang baik saat dalam kondisi kencang.

2. MTB (Sepeda Gunung)

Jenis sepeda ini merupakan jenis sepeda yang terbilang palinh popular di Indonesia. Jenis sepeda ini memang dapat digunakan untuk melewati berbagai macam jenis jalan, seperti jalan berlubang dan jalanan yang berlumpur seperti beberapa lokasi jalan di Indonesia. Sepeda ini juga dilengkapi suspensi yang empuk sehingga akan sangat nyaman digunakan melewati jalanan yang kurang halus. Ukuran dari tapak bannya pun biasanya cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi seperti ban pada motor trail, tentu tujuannya agar pengendara dapat menyeimbangkan sepeda saat berada di jalanan yang butuh daya cengkeram yang lebih kuat, seperti jalan licin berlumpur.

Walaupun terlihat aman, namun tetap saja Anda harus selalu memakai helm maupun perlengkapan pelindung lainnya saat berkendara. Karena bagaimanapun tidak ada yang bisa memprediksi kondisi saat di lapangan, ketika Anda berkendara nanti.

 

3. BMX

Jika Anda pernah melihat acara tentang olahraga ekstrim, nah, sepeda ini pasti selalu ada di tiap kesempatan pada acara tersebut. Sepeda ini memang dirancang sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan atraksi di rintangan ekstrim dan bermanuver dengan cantik. Biasanya memang pengguna sepeda ini merupakan orang usia remaja yang masih gandrung untuk berkegiatan yang menantang.

4. Sepeda Tandem

Sepeda yang satu ini cukup unik, karena dalam satu rangka sepeda terdapat dua pasang pedal dan dua kursi utama. Bahkan beberapa sepeda tandem memiliki hingga tiga kursi dan tiga pasang pedal. Dengan banyaknya pedal pada sepeda ini, dapat menghemat banyak energi. Sepeda ini biasanya ditemui di tempat hiburan keluarga.

3 dari 3 halaman

Jenis sepeda sehari-hari

Mobil Pintar Google Dibikin Pusing Sepeda Fixie
Sistem keamanan yang mereka miliki belum mampu sepenuhnya mendeteksi secara pasti perilaku pesepeda di jalanan.

1. Fixie Bike

Nama fixie sebenarnya diambil dari kata-kata fixed. Karena pada sepeda fixie digunakan jenis gear sepeda yang berbeda dari sepeda pada umumnya. Jika pada sepeda biasa, Anda akan tetap melaju kencang jika pedal sepeda Anda biarkan diam, maka di sepeda fixie, pedal akan tetap berputar mengikuti putaran sepeda. Di sepeda ini juga tidak terdapat rem tangan, karena saat mengerem, sepeda ini cukup Anda tahan putaran pedanya, maka sepeda akan berhenti.

Dan satu lagi yang cukup menarik, yaitu harga sepeda ini terbilang sangat murah. Karena onderdil yang digunakan juga sangat sedikit.

2. Sepeda Lipat

Apakah Anda pernah mendengar merek Brompton? Ya, jenis sepeda seperti Brompton merupakan jenis sepeda lipat. Sepeda tersebut memang dirancang agar pengguna dapat lebih mudah dalam membawanya. Yang dimaksudkan dengan membawa sepeda ini karena sepeda lipat biasanya ditujukan untuk orang yang cukup memiliki mobilitas tinggi, dengan menggunakan alat transportasi umum seperti KRL atau bus. Sehingga sepeda ini akan sanhgat hemat tempat saat didalam angkutan umum tersebut.

Namun sekarang juga banyak yang memilih jenis sepeda lipat ini, karena sepeda ini praktis dan mudah dimasukkan kedalam bagasi mobil. Terutama jika Anda ingin membawa sepeda untuk dibawa travelling atau sekedar keluar dari daerah kota untuk mencari lokasi yang sejuk untuk bersepeda.

 

3. City Bike

Seperti namanya, sepeda ini memang biasanya dapat dijumpai di perkotaan. Ciri khas pada sepeda jenis ini karena memiliki keranjang pada bagian depannya. Memang umumnya sepeda ini biasanya dipakai oleh wanita. Alasannya tentu karena desainnya cukup cantik dan desain rangka yang rendah, sehingga memudahkan para wanita yagn menggunakan rok agar mudah menaikinya. Jenis sepeda ini biasanya dapat ditemui di kota-kota di eropa, namun di Jepang juga banyak yang menggunakan jenis sepeda ini. Biasanya pada bagian belakang, terdapat jok sepeda tambahan yang berfungsi untuk membonceng orang.

4. Touring Bike and Commuter Bike

Jenis sepeda ini biasanya digunakan untuk berkendara jarak jauh. Namun dapat juga jika hanya untuk berkeliling dengan jarak dekat. Sepeda ini biasanya dilengkapai dengan lampu penerangan yang  berfungsi jika berkendara hingga malam hari. Rangka dari sepeda ini juga sangat kuat dan mampu untuk menahan beban yang berat. Sepeda ini juga sangat praktis dalam penggunaannya, dan memiliki fitur keamanan yang lebih. Biasanya saat membeli jenis sepeda ini, Anda akan mendapatkan pelindung rantai yang sudah terpasang pada sepeda.

Jadi, jenis sepeda mana yang menarik bagi Anda? Tetap saja, sesuaikan dengan kantong dan tujuan penggunaannya ya, dan jangan lupa untuk menjaga keselamatan saat berkendara.

Lanjutkan Membaca ↓