Sukses

10 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan

Manfaat buah plum untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah plum untuk kesehatan dapat menjauhkan kamu dari berbagai macam penyakit. Buah ini mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena memang lebih banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa.

Manfaat buah plum untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Buah plum kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, buah plum juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng.

Manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Namun, tentunya kamu tetap perlu menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang untuk menjaga kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat buah plum dari berbagai sumber, Senin (13/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah plum yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Buah ungu tua yang rasanya masam ini kaya akan serat dan indeks glikemiknya rendah. Padatnya serat buah plum, lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Selain itu, buah plum termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Buah ini juga kaya vitamin C, dan vitamin A. Berkat kandungan inilah buah plum baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan juga merupakan salah satu manfaat buah plum untuk kesehatan, terutama dalam mencegah sembelit. Buah plum terkenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi. Kandungan serat dalam buah plum ini bermanfaat untuk memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangannya. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, serat tidak larut pada plum bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya. Hal ini dapat menjadi bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya. Bakteri ramah tersebut juga memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah plum untuk kesehatan juga baik untuk tulang. Hal ini karena kandungan boron di dalamnya bisa memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh. Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Tak hanya itu, buah plum kering juga kaya kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat buah plum untuk kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah plum selanjutnya juga berpengaruh dalam menurunkan kolesterol. Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis selama ini melaporkan bahwa asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol.

Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu sendiri merupakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar. Serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Kaya Antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah plum mengandung antioksidan yang melimpah. Hal ini tentunya juga mempengaruhi manfaat buah plum untuk kesehatan. Plum mengandung fitonutrien unik yang tergolong sebagai fenol, yaitu asam neochlorogenic dan chlorogenic. Fenol adalah antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida.

Fenol bahkan juga dapat membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah plum untuk kesehatan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentunya berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, sehingga bila dikonsumsi secara rutin, buah plum dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

5 dari 6 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah plum untuk kesehatan juga berpengaruh terhadap mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan Beta Karoten yang dibutuhkan mata. Buah plum segar mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5%. Jadi kamu dapat mengonsumsi buah plum ini secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah plum juga baik untuk kesehatan jantung. Plum adalah sumber kalium baik yang dapat membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke.

Rutin mengonsumsi plum dapat membantu mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga Kadar Gula Darah  

Manfaat buah plum selanjutnya adalah untuk menjaga kadar gula darah. Meski tinggi karbohidrat, mengonsumsi buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berlebihan.

Hal ini karena buah plum mampu meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat alami di buah plum juga berperan untuk menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus.

Mencegah Anemia

Manfaat plum untuk kesehatan juga dapat mencegah anemia. Hal ini karena, Plum adalah sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi.

Anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk membuat sel darah merah yang sehat, tubuh membutuhkan cukup asupan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini