12 Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh, Perhatikan Jumlah Konsumsinya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 08 Apr 2020, 14:50 WIB
Diperbarui 08 Apr 2020, 14:50 WIB
Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi Putih (bitt24/shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat karbohidrat bagi tubuh harus diperhatikan, terutama apabila Anda sedang dalam masa diet untuk mengurangi berat badan. Jangan sampai manfaat karbohidrat bagi tubuh Anda lewatkan, karena hal tersebut akan berbahaya bagi tubuh Anda. Banyak yang beralasan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat, karena takut karbohidrat dpat menambah berat badan.

Selain manfaat karbohidrat bagi tubuh, karbohidrat merupakan nutrisi penting yang penting selain nutrisi seperti protein. Bahkan manfaat karbohidrat bagi tubuh salah satunya untuk mengendalikan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh serta membantu meningkatkan kesehatan dalam sistem pencernaan Anda.

Karbohidrat dapat dikategorikan menjadi jenis karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Manfaat karbohidrat bagi tubuh bisa berasal dari makanan dengan kandungan gandum utuh dimana gandum utuh merupakan jenis karbohidrat kompleks. Sedangkan jenis karbohidrat sederhana bisa Anda dapatkan dari makanan seperti gula.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat karbohidrat bagi tubuh? Berikut Liputan6.com telah merangkum mengenai berbagai manfaat karbohidrat bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan takaran yang tepat, Rabu (8/4/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh

Ilustrasi olahraga
Jika ingin olahraga Anda berjalan lancar dan bebas dari cidera, Anda perlu melakukan empat hal ini terlebih dahulu

1. Sebagai sumber energi bagi tubuh

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang pertama yaitu karbohidrat menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Karbohidrat merupakan bahan bakar yang penting bagi tubuh agar tubuh dapat memperoleh energi. Energi ini sangat dibutuhkan oleh manusia aagar dapat melakukan segala macam aktivitas, terutama aktivitas yang berat seperti olahraga.

Pada saat proses pencernaan karbohidrat, tubuh manusia akan bekerja untuk memecah kandungan gula dan pati yang ada pada makanan. Setelah itu, nutrisi tersebut akan di alirkan ke dalam darah, sehingga akan membentuk glukosa atau gula darah.

Adanya glukosa tentunya sangat penting, karena apabila Anda kekurangan gula darah, maka dapat menyebabkan badan mejadi lemas dan gemetaran. Dan pada saat Anda kekurangan glukosa, maka keadaan otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan kinerja otak

Karbohidrat seperti yang sempat disinggu pada poin sebelumnya, berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak. Energi yang diperoleh melalui konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, akan digunakan oleh otak dalam menjalankan kerjanya. Jika Anda pernah mendengar, banyak oranag yang mengatakan jika sedang lapar maka akan sulit untuk berpikir, karena memang saat proses berpikir, akan mengurangi cadangan energi yang ada dalam tubuh.

3. Membantu proses detoksifikasi pada hati

Makanan yang telah Anda konsumsi, mungkin belum tentu 100 persen bersih dan steril dari kuman atau zat-zat berbahaya. Itulah mengapa organ hati kita akan membantu tubuh untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh, tujuannya agar tubuh selalu dalam keadaan normal. Karena hati setiap hari selalu bekerja untuk menetralisir racun pada tubuhm maka hati membutuhkan nutirisi dari karbohidrat, agar kinerja hati tetap lancar.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Ilustrasi hidup sehat
Asupan makanan sehari-hari berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Makanan apa saja yang perlu dimakan dan dihindari? (foto: shutterstock.com)

4. Penting bagi pencernaan

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kandungan serat di dalam makanan berkarbohidrat. Ada beberapa jenis asupan karbohidrat yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan. Kelancaran pada sistem pencernaan akan mendukung program diet Anda agar lebih maksimal untuk mendapat hasil yang diinginkan.

5. Baik bagi kesehatan jantung

Karbohidrat juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Karena dengan Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, maka asupan karbohidrat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang ada pada tubuh Anda. Di sisi lain, karbohidrat juga akan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

6. Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat karbohidrat bagi tubuh ini jarang diketahui. Padahal karbohidrat merupakan pengatur naik turunnya keadaan gula pada darah. Namun, konsumsi karbohidrat yang terlalu berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, itulah mengapa perlu lebih hati-hati dan selektif dalam memilih sumber karbohidrat. Hindari terlalu banyak makanan manis atau bertepung. Perbanyak karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oat, dan beras merah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

7. Mencegah terjadinya ketosis dan pemecahan protein yang berlebih

Ketosis merupakan kondisi hati yang memproduksi keton sebagai energi bagi seluruh tubuh. Keton merupakan senyawa yang berguna sebagai cadangan bahan bakar energi. Ketosis akan terjadi apabila tubuh tidak memiliki persediaan karbohidrat yang cukup untuk dibakar menjadi energi. Itulah sebabnya, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai pengganti karbohidrat untuk mendapatkan energi yang digunakan dalam melakukan aktivitas.

Ketosis biasanya menjadi hal penting bagi orang yang sedang dalam masa diet. Namun, apabila hal ini dilakukan terlalu berlebihan, maka hanya akan menbuat orang yang sedang dalam program diet timbul penyakit yaitu anoreksia.

8. Sebagai sumber penyerapan kalsium

Karbohidrat juga membantu tubuh Anda dalam melakukan penyerapan kalsium. Salah satu jenis karbohidrat yaitu laktosa. Laktosa biasanya terdapat pada produk alah satu contohnya adalah susu. Susu berperan penting dalam memberi tambahan asupan kalsium, terutama untuk memperkuat tulang dan gigi.

9. Membantu menjaga massa otot

Fungsi karbohidrat bagi tubuh antara lain dalam membantu menjaga massa otot pada tubuh. Karena pada saat tubuh kekurangan cadangan karbohidrat dan lemak yang digunakan sebagai bahan bakar pembentukan energi, maka tubuh akan mengambil energi dari otot untuk melakukan aktivitas.

Apabila tubuh Anda kehilangan massa otot, maka tubuh Anda akan menjadi lemah dan kehilangan tenaga dalam melakukan segala macam aktivitas. Apabila terlambat untuk ditangani, dangat tinggi kemungkinan dapat menyebabkan kematian.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Terlalu Emosi
Ilustrasi Terlalu Emosi (sumber: unsplash)

10. Menstabilkan emosi

Jika Anda sedang mengalami emosi yang tidak stabil, maka dengan memberikan asupan karbohidrat dapat membantu Anda dalam memperbaiki mood yang tidak stabil tersebut. Biasanya, manusia cenderung akan memiliki mood yang sedikit buruk apabila kadar glukosa mereka sedang rendah.

11. Membantu dalam menurunkan berat badan

Apabila Anda mengonsumsi asupan karbohidrat yang kaya akan kandungan serat, seperti yang ada pada olahan gandum utuh seperti roti gandum, sereal gandum, dan berbagai jenis olahan lainnya, maka hal tersebut akan membantu Anda agar merasa kenyang lebih lama. Sehingga saat Anda merasa kenyang lebih lama, maka Anda akan mengurangi asupan kalori karena terus memakan camilan. Dan pada akhirnya berat badan Anda dapat menurun.

12. Membantu perbaiki kualitas tidur

Adanya asupan makanan berkaebohidrat seperti gandum utuh dimana makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh, maka hal tersebut dapat memberi dampak positif bagi kualitas tidur Anda. Karena proses pencernaan karbohidrat kaya serat yang cukup lama, dapat membuat tidur Anda menjadi lebih banyak.

Setelah menyimak artikel di atas, jangan takut untuk mengonsumsi karbohidrat ya, tetapi tetap saja perhatikan jumlah asupan karbohidrat tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓