7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

Oleh Laudia Tysara pada 07 Apr 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 12:45 WIB
Ilustrasi vertigo
Perbesar
Ilustrasi vertigo (Sumber: Unshplash)

Liputan6.com, Jakarta Obat alami redakan vertigo wajib diketahui bagi kamu yang sering mengalami penyakit yang satu ini. Vertigo selalu datang tiba-tiba dan itu bisa membuat harimu menjadi kacau dalam hitungan detik saja. Nah, kamu bisa meredakan vertigo dengan obat alami tentunya.

Vertigo merupakan sakit kepala akut yang membuat penderitanya akan merasakan bumi seolah sedang berputar. Penderita vertigo tidak diperbolehkan mengendarai kendarakan karena akan sangat membahayakan. Tidak hanya sakit kepala seperti pusing saja, tetapi penderita juga akan mengalami peningkatan asam lambung. Vertigo bisa datang secara berkala atau juga berhari-hari lamanya. Sehingga obat alami redakan vertigo menjadi penting sekali bukan?

Tidak hanya penderita yang wajib mengetahui obat alami redakan vertigo, tetapi siapa saja agar bisa lebih waspada. Pasalnya,  penyakit vertigo tidak memandang usia, meskipun kebanyakan penderitanya lansia yang berusia lebih dari 50 tahun. Namun banyak juga anak muda yang sudah mengalaminya. Kemudian wanita, pernah terluka di kepala, keturunan, infeksi telinga, stres, dan sering mengonsumsi alkohol.

Ada beragam penyebab vertigo, namun kebanyakan vertigo ini disebabkan karena gangguan pada telinga. Selain itu ada migrain, stroke, vestibular neuronitis, tumor, obat telinga, atau trauma dan luka pada kepala.

Penyakit ini hanya menyerang sistem keseimbangan tubuh, maka tidak heran jika penderita akan mengalami goncangan bumi yang luar biasa hebat. Agar bisa lebih cepat meredakan penyakit ini, mengetahui obat alami redakan vertigo menjadi sangat penting. Tidak sulit untuk menemukannya dan tidak sulit juga untuk menerapkannya.

Berikut penjelasan mengenai obat alami redakan vertigo yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/4).

2 dari 8 halaman

1. Obat Alami Redakan Vertigo: Air Putih

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Mengonsumsi air putih bisa dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan vertigo. Vertigo seringkali disebabkan karena dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu. Akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

60 Persen dari berat tubuh manusia adalah air sehingga penting sekali untuk mengonsumsi air putih 8-12 gelas dalam satu harinya. Selain itu kandungan air ini juga memiliki fungsi dalam membantu sistem pencernaan, menetralisir kotoran dan racun, melancarkan persendian, melembabkan telinga, tenggorokan, hidung, sel-sel tubuh, dan kulit manusia agar tetap sehat.

3 dari 8 halaman

2. Obat Alami Redakan Vertigo: Teh Jahe

Minuman Khas Bali
Perbesar
Ilustrasi Teh Jahe / Sumber: iStockphoto

Teh jahe ini dapat dijadikan obat alami redakan vertigo karena dipercaya ampuh meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya. Teh jahe ini juga membantu melancarkan peredaran darah sehingga mampu pula untuk mencegah demam, menggigil, dan keringat berlebih yang tentunya akan semakin memperparah kambuhnya penyakit vertigo ini.

4 dari 8 halaman

3. Obat Alami Redakan Vertigo: Ginkgo Biloba

6 Tumbuhan Ini Ampuh Tangkal Pikun
Perbesar
Ginkgo mengandung beberapa zat dalam daunnya yang di percaya mampu melancarkan aliran darah ke otak dan meningkatkan daya ingat. (Istimewa)

Ginkgo Biloba merupakan obat herbal alami yang berasal dari China. Fungsi khusus obat ini adalah membantu mengatasi berbagai gangguan pada sistem saraf manusia. Dan yang paling penting, obat ini dapat melancarkan peredaran darah di telinga bagian dalam dan otak sebagai penyebab utama terjadinya vertigo. Sehingga gangguan keseimbangan akan lebih cepat diatasi dengan mengonsumsi obat ini.

5 dari 8 halaman

4. Obat Alami Redakan Vertigo: Kacang Almond

20150716-Lelah Selama Perjalanan Mudik? Konsumsi 5 Makanan Ini 3
Perbesar
Omega 3 dalam kacang almond adalah salah satu obat alami yang bisa bantu lelah dalam tubuh berkurang. Selain kacang almond, beberapa biji-bijian juga sangat baik dalam menormalkan kembali stamina tubuh yang berkurang akibat kelelahan. (Istimewa)

Kacang almond dipercaya sangat ampuh mengobati vertigo. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan nutrisi dan mineral yang dimilikinya. Seperti vitamin B, vitamin E, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc. Secara khusus kacang almond inilah yang membantu tubuh mengontrol tekanan darah sehingga tidak semakin memperparah vertigo yang dialami.

6 dari 8 halaman

5. Obat Alami Redakan Vertigo: Cabe Rawit

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag
Perbesar
Ilustrasi Cabe Rawit (Sumber: iStockphoto)

Cabe rawit ternyata juga bisa membantu meredakan vertigo. Hal ini disebabkan karena banyak kandungan capsaicin di dalam cabe rawit ini. Fungsi khususnya bisa membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh manusia. Namun konsumsi cabe rawit untuk vertigo juga harus tetap dibatasi agar tidak menimbulkan penyakit yang lain. Saran konsumsi hanya 30-120 mg setiap harinya.

7 dari 8 halaman

6. Obat Alami Redakan Vertigo: Cuka Apel dan Madu

cuka apel
Perbesar
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Perpaduan antara cuka apel dan madu ini sangat ampuh meredakan sensasi putar yang dirasakan ketika vertigo sudah mulai menyerang. Hal ini disebabkan karena cuka apel dan madu membantu melancarkan aliran darah di otak manusia, sehingga keseimbangan tubuh akan semakin terkontrol dengan lebih baik.

8 dari 8 halaman

7. Obat Alami Redakan Vertigo: Makanan Kaya Vitamin D

Ikan Salmon Daging Salmon
Perbesar
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dapat mencegah terjadinya vertigo. Hal ini disebabkan karena salah satu penyebab dari terjadinya vertigo adalah karena kekurangan vitamin D.

Vitamin D sendiri bisa didapatkan dari ikan yang kaya akan omega 3 misalnya saja ikan salmon, tuna, dan makarel. Kemudian telur ayam, walaupun telur ayam ini hanya mampu menyuplai vitamin D 17 persen dari yang dibutuhkan tubuh manusia. Ada juga ikan kod, jamur, susu kedelai, tempe, tahu, udang, hati sapi, oatmeal, dan yoghurt yang kaya akan vitamin D.

Lanjutkan Membaca ↓