Fakta di Balik 6 Merek Terkenal di Dunia, Nokia Dulunya Pabrik Bahan Kertas

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 03 Apr 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 17:15 WIB
Apa Makna Logo Lamborghini?

Liputan6.com, Jakarta Fakta merek terkenal di dunia masih menjadi informasi yang cukup langka di seluruh kalangan masyarakat. Padahal sangat banyak cerita dan fakta merek terkenal di dunia yang menarik untuk disimak. Mulai dari Adidas dan Puma yang pemiliknya merupakan kakak beradik.

Cerita panjang sebuah perjalanan sebuah merek, tentu akan banyak diwarnai berbagai hal menarik, di mana hal menarik tersebut dapat dijadikan cerita fakta merek terkenal di dunia yang dapat membuat banyak orang semakin teratarik dalam mengenal sejarah merek tersebut.

Dari berbagai fakta merek terkenal di dunia tersebut mungkin salah satunya dapat Anda jadikan sebuah penyemangat dan inspirasi, terutama saat Anda juga merupakan seseorang yang sedang ingin membangun merek sendiri.

Lalu apa saja fakta merek terkenal di dunia yang menarik untuk disimak, akan dibahas di bawah ini. Liputan6.com telah berhasil merangkum berbagai fakta merek terkenal di dunia yang sayang jika sampai Anda tidak mengetahuinya, berikut beberapa informasinya, Jumat (3/4/2020).

2 dari 7 halaman

1. Nokia dahulu adalah pabrik bahan pembuat kertas

Nokia
Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

Nokia dulunya merupakan pabrik pulp yaitu bubur bahan pembuat kertas. Tahun 1865, Fredrick Ideastam mendirikan pabrik pulp groundwood di tepi Sungai Tammerkoski. Lalu, dirinya mendirikan pabrik lain di kota Nokia, dan mengubah nama perusahaan menjadi “Nokia Ab.” Lalu pada awal abad 20, Nokia Ab di akuisisi oleh Finnish Rubber Works. Setelah itu dilanjutkan dengan Nokia yang mengakuisisi Cable Works Finlandia.

Setelah beberapa tahun berjalan, tiga perusahaan tersebut ini akhirnya memilih untuk bergabung dan mendirikan perusahaan yang dinamakan Nokia Corporation pada tahun 1967. Nokia Corporation terus melakukan ekspansi bisnis ke produk alat-alat jaringan pada tahun 70an, lalu merambah komputer pada tahun 80an, sebelum akhirnya mereka memasuki pasar alat telekomunikasi pada tahun 90an.

3 dari 7 halaman

2. Alasan unik di balik warna biru pada Facebook

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Salah satu platform sosial media yang sangat populer saat ini yaitu Facebook. Sosial media tersebut telah berhasil menghubungkan orang-orang di berbagai belahan dunia dunia secara cepat. Namun salah satu hal yang menarik adalah logo Facebook yang berwarna biru tersebut. Mengapa menarik? Karena ternyata Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri dari Facebook ternyata buta warna, sehingga dirinya sulit dalam membedakan warna hijau dan merah, dan baginya warna biru adalah warna yang terbaik.

4 dari 7 halaman

3. Samsung dahulu menjual berbagai kebutuhan pokok

pabrik-samsung-130128b.jpg
Samsung

Pada tahun 1938, Lee Byung-chull mendirikan Samsung Sanghoe di Kota Daegu, Korea Selatan. Awalnya Samsung merupakan perusahaan dagang yang fokus menjual ikan-ikan kering, bahan makanan atau minuman, dan mi. Lalu mereka pindah ke Seoul saat perusahaan tersebut mulai berkembang.

Setelah bertahun-tahun menjalankan berbagai jenis bisnis, Samsung akhirnya masuk ke pasar elektronik di akhir tahun 1960an. Saat ini, setelah hampir setengah abad, Samsung menjadi salah satu perusahan terbesar di dunia.

5 dari 7 halaman

4. Nintendo pabrik pembuat kartu remi

Toko Nintendo
Seorang pria berjalan melewati logo Nintendo Co. Jepang yang dipajang di toko baru Nintendo di Tokyo, 19 November 2019. Nintendo akan meresmikan toko pertamanya di ibu kota Jepang tersebut pada pekan ini. (Behrouz MEHRI/AFP)

Nintendo awalnya didirikan pada tahun 1889, sebagai perusahaan yang memproduksi kartu remi. Pada tahun 1953, Nintendo menjadi perusahaan pertama yang memproduksi kartu remi dari plastik. Lalu karena seiring dengan kemajuan teknologi, Nintendo dituntut untuk melakukan perubahan agar tidak mengalami kebangkrutan. Akhirnya tahun 60an dan awal 70an, Nintendo memasuki pasar video game elektronik.

6 dari 7 halaman

5. Lamborghini didirikan dari rasa sakit hati

Lamborghini Aventador LP 700-4
Lamborghini Aventador LP 700-4 (AFP Photo/Fabrice Coffrini)

Pendiri Lamborghini yaitu Ferruccio Lamborghini. Dirinya mulai berbisnis dari sebuah garasi kecil dengan membuat traktor. Dirinya juga membuat tungku pembakaran dan alat pendingin udara.

Karena keberhasilan bisnisnya, Ferrucio Lamborghini menjadi salah satu orang terkaya di Italia saat itu. Dan pada suatu hari ketika mobil Ferrari-nya mengalami masalah pada koplingnya, montir dari daerah sekitarnya tidak ada yang dapat memperbaikinya. Oleh sebab itu Ferruccio kemudian memutuskan untuk pergi ke Modena dan menemui langsung Enzo Ferrari sang penemu mobil Ferrari.

Namun, Enzo Ferrari dengan nada bicara yang sedikit kurang mengenakkan, justru menyuruh Ferruccio agar pergi untuk jalan-jalan sembari mengeluarkan celetukan, “masalah ini tidak terjadi pada mobilnya, tapi dengan supirnya”. Hinaan inilah yang akhirnya memicu Ferruccio untuk membuat sendiri merek mobil mewah yang meraup sangat besar kesuksesan, yaitu Lamborghini.

7 dari 7 halaman

6. BMW, tidak lagi produksi mesin pesawat karena regulasi

Logo Baru BMW
BMW meluncurkan logo baru berwarna hitam putih dalam rangka memperkuat lineup mobil tertinggi mereka (Foto: Caradvice).

BMW merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke. Berdiri pada 7 Maret 1916, awalnya BMW adalah gabungan tiga perusahaan, yakni Rapp Motorenwerke, Bayerische Flugzeugwerke, dan Fahrzeugfabrik Eisenach.

Awalnya BMW, memproduksi pesawat terbang. Namun akibat perjanjian Versailles yang melarang Jerman membuat mesin pesawat sendiri pasca Perang Dunia I,  BMW pun terpaksa menghentikan produksi pesawat mereka, dan beralih ke mobil.

Selain itu warna biru dan putih pada logo tersebut adalah warna bendera Bavaria, kota tempat BMW dilahirkan.

Nah semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuanmu, semoga bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓