Sukses

6 Keterampilan yang Bisa Kamu Asah Selama Harus #DiRumahDuluKak

Meskipun kini segalanya serba terbatas, bukan berarti menghentikan dirimu untuk produktif dan berkarya. Yuk, asah beberapa keterampilan ini selama harus #DiRumahDuluKak.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin merasakan hari-hari biasa dan akhir pekan kini seperti tidak ada bedanya. Di rumah lagi dan lagi, bersama orang-orang sama. Sejak ada instruksi pembatasan sosial berskala besar, kegiatan berkumpul semakin berkurang, beberapa akses jalan pun mulai dibatasi, bahkan di beberapa daerah memberlakukan jam malam. Tempat wisata dan hiburan tak perlu ditanyakan lagi, sebagian besar tutup sementara.

Jenuh dan bosan terus-terusan di rumah memang wajar apalagi berlangsung berminggu-minggu. Namun social dan physical distancing harus kita jalankan demi mencegah penyebaran virus dan keamanan diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Meskipun kini segalanya serba terbatas, bukan berarti menghentikan dirimu untuk produktif dan berkarya.

Berikut ini beberapa keterampilan yang bisa kamu asah saat senggang #DiRumahDuluKak;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Editing Foto dan Video

Di era digital dan media sosial saat ini kamu jangan hanya jadi penonton saja. Saatnya bikin konten-konten menarik dan berkesan. Dari pada hanya sekadar bikin video karaoke dan ikuti tantangan-tantangan di medsos, mending kamu mulai tingkatkan skill editing baik itu foto maupun video. Mulailah dengan aplikasi-aplikasi yang gratis dan dan kuasai materinya. Kalau sudah terbiasa mungkin saja kamu nanti bisa jadi selebgram atau influencer, gak hanya jadi netizen aja.

3 dari 7 halaman

2. Memasak

Bagi kaum perempuan, memasak tentu bukan hal baru lagi. Tanpa diminta sudah kewajibannya. Nah, bagi para lelaki, mumpung lagi #DiRumahDuluKak, kamu bisa belajar memasak. Banyak video tutorial yang bisa kamu ikuti, sekalian belajar masak bisa jadi konten foto dan video untuk media sosial kamu.

4 dari 7 halaman

3. Melukis / Bermain Gitar / Kerajinan Tangan

Jika memasak terlalu berat, cobain keterampilan lain yang lebih santai yang nantinya mungkin bisa menjadi hobi baru kamu. Seperti melukis di kanvas, peralatannya bisa pesan secara online jadi tidak harus ke toko. Bisa juga belajar bermain gitar. Lalu, kamu juga bisa mencoba membuat kerajinan tangan seperti lampu hias, hiasan dinding, pot keramik, dan lainnya memanfaatkan bahan yang ada. Kamu bisa searching di internet inspirasi kerajinan tangan sederhana.

5 dari 7 halaman

4. Mengajar Anak

Gara-gara wabah corona sekolah diliburkan, anak-anak jadi harus belajar di rumah. Sebagai orang tua, ini adalah momen yang tepat untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mengajar, memberikan pendidikan keluarga dan agama pada anak. Apalagi jika buah hati masih usia dini yang membutuhkan banyak perhatian orang tua. Untuk yang remaja juga didorong agar lebih taat beribadah.

6 dari 7 halaman

5. Dekorasi Rumah

Bersih-bersih dan menata rumah sudah, kini saatnya mulai memikirkan untuk mendekorasi rumah. Apalagi sebentar lagi masuk bulan Ramadhan dan Lebaran. Biarpun ada wabah corona dan social distancing, semangat menikmati lebaran jangan sampai kendor. Untuk langkah mudahnya, kamu bisa mengecat tembok dinding rumah sendiri. Tidak harus semua dinding, yang penting ada sentuhan baru aja.

7 dari 7 halaman

6. Berkebun dan Menanam Sayuran

Harga sayuran dan cabai mulai naik, jangan khawatir. Kamu bisa siasati dengan menanam sayuran sendiri atau berkebun. Tidak butuh banyak lahan kak, selama ada kemauan bisa. Kamu bisa mendapatkan sayuran organik bebas pestisida dengan menanam sayuran di halaman depan maupun belakang rumah. Lahan sempit atau bahkan tak punya? Kamu bisa menanam dengan media pot maupun dengan metode penanaman hidroponik.

Itulah beberapa keterampilan dan kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan di waktu senggang selama #DiRumahDuluKak. Tentunya masih banyak kegiatan menarik lain yang bisa kamu lakukan dan eksplor lagi. Terpenting adalah kamu selalu jaga kesehatan dengan istirahat cukup, konsumsi makanan sehat. Untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai COVID-19, kamu juga bisa akses melalui aplikasi DANA. Dompet Digital dari dan untuk Indonesia ini menghadirkan menu baru SIAP SIAGA LAWAN COVID-19.

Selain informasi terupdate jumlah kasus dan berita seputar COVID-19, terdapat juga tips-tips menjaga kesehatan. Kamu juga bisa menyalurkan donasi untuk memberikan bantuan medis dan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan melalui Kitabisa di aplikasi DANA.

Tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya. Selain itu, yuk tetap #DiRumahDuluKak untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini