Sukses

15 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Ketahui cara menghilangkan mata panda secara alami yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan mata panda secara alami harus Anda simak baik-baik, karena banyak orang yang mengalami mata panda namun tidak mengatahui bagaiman cara mengatasinya. Padahal sangat banyak cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa dilakukan.

Mata merupakan bagian wajah yang dapat menunjang penampilan. Jika Anda mengalami mata panda, maka hal tersebut dapat membuat penampilan terlihat tampak lebih tua dan wajah kurang cerah, bahkan terkesan lesu. Sebenarnya hal ini sangat bisa diatasi dengan berbagai cara menghilangkan mata panda secara alami untuk memudarkan warna hitam di bawah mata.

Beberapa orang menghilangkan mata panda yang dengan menutupinya dengan makeup. Padahal ada cara menghilangkan mata panda secara alami yang lebih efektif dari cara tersebut, karena hanya dengan menutupi mata panda dengan makeup tidak dapat menghilangkan tekstur kantong mata yang kendur, dan akan tetap terlihat lesu. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencoba cara menghilangkan mata panda secara alami agar benar-benar terbebas dari mata panda.

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini sangatlah beragam. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai cara menghilangkan mata panda secara alami dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara menghilangkan mata panda dengan mudah

1. Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami dengan mentimun, merupakan cara yang paling popular di kalangan masyarakat. Selain mudah, cara ini sangat aman bagi orang yang memiliki kulit sensitif untuk timbul iritasi. Mentimun juga dapat memberi efek yang segar pada wajah.

Cara menghilangkan mata panda secara alami dengan mentimun, cukup iris mentmun dan langsung letakkan di bawah mata. Timun juga mengandung banyak sekali senyawa antioksidan yang mampu mengurangi lingkaran hitam pada sekitar mata dan meningkatkan tingakat kelembapan pada kulit.

2. Kantung Teh

Cara ini merupakan cara termudah dan tentunya semua orang dapat mempraktikannya. Jadi, apabila  setelah menyeduh teh, sebaiknya kantung teh jangan dibuang. Karena, Anda dapat menggunakan kantung berisi teh tersebut untuk menghilangkan lingkaran hitam yang disebut mata panda. Karena Kandungan tannin dan astringent properties akan membantu mencegah pelebaran pembuluh darah di bawah mata.

Caranya cukup dengan menyiapkan dua buah kantong teh bekas yang telah dimasukkan ke dalam kulkas selama 10-15 menit, setelah itu kedua kantong teh yang telah disiapkan tersebut cukup di letakkan pada masing-masing bagian sekitar mata yang muncul lingkaran hitam kurang lebih 20 menit.

3. Es Batu

Cara selanjutnya untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan es batu. Kamu cukup membungkus es batu dengan kain bersih kemudian mengompresnya ke area mata sekitar 15 menit.

Es batu sangat disarankan untuk membantu menghilangkan mata panda di area sekitar mata. Karena rasa dingin pada es batu memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada jaringan di sekitar mata.

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mengandung vitamin E, A dan C yang dapat membantu menutrisi kulit. Mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam secara teratur, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata.

Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan dengan air.

3 dari 4 halaman

Cara menghilangkan mata panda dengan cepat

5. Tomat

Menghilangkan mata panda dapat menggunakan tomat. Tomat terbukti ampuh sebagai bahan alami untuk menghilangkan mata panda serta tomat bekerja sebagai pencerah, karena kandungan asam sitrat yang ringan dan lembut yang dimiliki tomat. Caranya cukup dengan ambil sepotong tomat dan letakan dibawah mata hingga meresap. Jika dirasa sudah cukup, bersihkan dengan air dingin.

6. Kentang

Kentang mengandung pati, enzim dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Cara menghilangkan mata panda dengan kentang yaitu dengan parut kentang dan gunakan kapas sebagai media yang membantu menempelkan hasil parutan kentang agar rata, lalu taruh pada kantung mata. Setelah kering, cuci dan bersihkan, lakukan cara tersebut secara rutin dua kali seminggu.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Kandungan Vitamin E pada minyak zaitun dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput di daerah mata. Vitamin K juga dapat memproduksi kolagen dan mampu mengurangi lingkar hitam pada mata.

Cara pengaplikasiannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun hingga rata ke area kantung mata dan pijat dengan perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata panda mulai memudar.

8. Madu

Madu dapat membantu kulit agar beregenerasi. Saat madu dioleskan pada area kantung mata, kulit di area tersebut dapat kembali menjadi cerah. Cara menghilangkan mata panda dengan madu sangatlah mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, Anda juga dapat mencampurnya dengan mentimun.

Caranya dengan blender mentium dan campur dengan madu sebanyak 2 sdt, setelah itu oleskan pada bawah mata, diamkan, dan cuci hingga bersih. Agar hasil menjadi maksimal, lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

9. Kunyit

Kandungan antibakteri pada kunyit dapat membantu mencerahkan kulit, dan tentunya kandungan tesebut mampu membantu menghilangkan mata panda. Caranya cukup dengan mencampurkan kunyit dan minyak almond kemudian oleskan pada area kantung mata. Cukup dua kali seminggu, namun lakukan dengan rutin, maka mata panda akan berangsur hilang.

4 dari 4 halaman

Cara menghilangkan mata panda yang praktis

10. Air lemon

Lemon merupakan zat pemutih alami yang cukup kuat. Menggunakan lemon dapat juga membantu mencerahkan kulit pada kantung mata.

Caranya, dengan peras setengah lemon dan gunakan kapas untuk diaplikasikan ke mata. Biarkan mengering lalu segera bersihkan. Tetapi harus hati-hati, jangan sampai air lemon terkena bagian bola mata. Karena akan sangat perih.

11. Minyak Kacang Almond

Menghilangkan mata panda dapat menggunakan minyak almond yang memiliki banyak kandungan akan vitamin E. Vitamin ini memiliki manfaat sebagai emolien untuk menjaga kelembutan dan kelenturan area kantung mata. Pijat area kantung mata dengan minyak almond, lalu biarkan semalaman, setelah itu bersihkan pad pagi hari. Minyak Almond yang digunakan adalah minyak Almond manis, karena ada beberapa macam minyak Almond, salah satunya minyak Almond pahit, yang digunakan sebagai aromatherapi.

12. Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin dan albumin, dimana zat tersebut dapat membantu mengencangkan kulit. Karena kandungan tersebut, putih telur dianggap cukup efektif dalam menghilangkan kantung mata. Cara menghilangkan mata panda dan kantung mata dengan putih telur yaitu dengan mengoleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam, dan diamkan selama 20 menit hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

13. Sendok Dingin

Mungkin cara ini terdengar sedikit aneh, namun cara ini cukup efektif. Sifat dingin dari sendok dapat membantu kulit bagian bawah mata agar lebih rileks, hampir serupa dengan mengompres kantung mata dengan es batu. Caranya menghilangkan mata panda dengan sendok cukup simple.

Masukkan sendok ke dalam lemari es atau masukkan sendok ke dalam air dingin selama 10 menit. Lalu gosokkan bagian punggung atau bagian cembung pada sendok yang telah didinginkan ke area bawah mata dengan menekannya secara perlahan dengan gerakan melingkar.

14. Hindari Tidur Begadang

Akar dari masalah mata panda yaitu karena kebiasaan tidur begadang. Tidur lebih awal agar tidak timbul mata panda. Waktu tidur normal malam hari pada orang usia dewasa yaitu 7 hingga 8 jam per hari.

15. Tidur dengan Posisi Tepat

Posisi tidur juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Saat tidur, tinggikan kepala dengan menggunakan beberapa bantal agar cairan mata tidak menggenang di bawah mata dan menyebabkan bengkak. Tapi Anda harus pastikan bantal yang digunakan adalah bantal yang empuk dan nyaman. Hindari menggunakan bantal yang kurang nyaman, karena hanya akan membuat leher menjadi pegal bahkan sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.