15 Nama Makanan yang Unik dan Lucu Khas Indonesia, Enak dan Murah

Oleh Husnul Abdi pada 02 Apr 2020, 14:35 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 14:35 WIB
resep

Liputan6.com, Jakarta Nama makanan yang unik dan lucu di Indonesia mungkin akan membuat tertawa. Bagaimana tidak, nama makanan-makanan ini sangat kreatif dan nyeleneh banget. Walaupun begitu, soal rasa tidak perlu dipertanyakan lagi lezatnya.

Kuliner Indonesia memang sudah terkenal kemana-mana memiliki rasa yang sangat enak. Apalagi dengan berbagai rempah asli yang jarang ditemukan di negara lainnya. Berbagai makanan enak seperti rendang, sate, nasi goreng, dan lain-lain sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

Nama makanan yang unik dan lucu juga memiliki rasa yang enak. Hal ini membuktikan bahwa makanan-makanan khas Indonesia memang tidak habisnya. Dengan berbagai cita rasa unik, perjalanan menikmati kuliner Indonesia tidak akan pernah ada habisnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/4/2020) tentang nama makanan yang unik dan lucu

2 dari 6 halaman

Nasi Kentut, Kue Tete, dan Mie Lendir

20150814--6-Jajanan-Masa-Kecil
Kue ape atau biasa disebut kue tetek merupakan salah satu jajanan pasar khas dari Betawi yang banyak dijumpai di kota lain. Kue yang berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras ini selain rasanya enak harganyapun cukup terjangkau. (Istimewa)

Nasi Kentut

Nama makanan yang unik dan lucu pertama adalah nasi kentut. Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang dimasak dengan daun sembukan (paederia scandens). Daun sembukan ini lebih dikenal dengan daun kentut di Medan.

Meskipun daun ini memiliki bau tidak sedap layaknya kentut manusia, namun daun ini mempunyai banyak manfaat, seperti mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga.

Biasanya nasi kentut ini disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe sesuai selera.

Kue Tete

Nama makanan yang unik dan lucu selanjutnya adalah kue tete. Kue Tete ini merupakan olahan dari tepung terigu dan tepung beras dengan diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan. Walaupun bahan dasarnya cukup sederhana, bentuk dari Kue Tete ini cukup unik.

Kue berwarna hijau ini memiliki bentuk yang melebar dan di bagian tengahnya menonjol, makanya dinamakan Kue Tete. Kue Tete ini sebenarnya berasal dari Betawi dan memiliki nama lain yakni Kue Ape. Kamu mungkin sudah sering menemukannya dijual di pinggir jalan.

Mie Lendir

Mie lendir merupakan salah satu nama makanan unik dan lucu di Indonesia. Mendengar namanya saja tentunya kamu sudah memikirkan hal yang tidak-tidak. Namun kamu tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menyesal kalau tidak ingin mencoba makanan satu ini karena mie lendir ini bukanlah lendir seperti yang kamu pikirkan, melainkan kuahnya yang sangat kental hingga menyerupai lendir.

3 dari 6 halaman

Kerupuk Melarat, Ketela Bajingan, dan Sate Kere

Kerupuk melarat.
Kerupuk melarat. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Kerupuk Melarat

Nama makanan yang unik dan lucu selanjutnya adalah kerupuk melarat. Kerupuk ini disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak, tetapi dimasak dengan pasir yang telah dibersihkan terlebih dahulu.

Makanan khas Cirebon ini biasa disajikan dengan sambal asam. Tersedia dalam beraneka ragam warna yang menarik, yaitu hijau, putih, kuning, dan merah muda, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kesenanganmu.

Ketela Bajingan

Ketela bajingan merupakan salah satu nama makanan yang unik dan lucu dari Indonesia. Makanan ini disebut ketela bajingan karena disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu, sehingga terlihat mirip dengan bajing rebus.

Makanan ini berupa ketela yang dimasak dengan gula jawa dan santan, lalu disajikan dengan kuah manis yang kental.

Sate Kere

Sate kere merupakan salah satu makanan khas Solo. Kere dalam bahasa Jawa artinya melarat atau miskin. Namun rasanya bisa membuatmu ketagihan.

Sate ini terbuat dari tempe gambus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu dan tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

4 dari 6 halaman

Jenis Kue

kue cubit
Ilustrasi kue cubit./Copyright shutterstock.com/g/AriyaniTedjo

Kue Ketawa

Memiliki bentuk yang hampir mirip onde-onde, nama makanan yang unik dan lucu berikutnya adalah kue ketawa. Kue ini memiliki bentuk bulat dan ada belahan di permukaannya, sehingga terlihat seperti mulut sedang tertawa. Mungkin hal ini yang menyebabkan kue tersebut dipanggi kue ketawa.

Kue Cubit

Kue berukuran sekitar 4 sentimeter ini populer cukup populer di seluruh Indonesia. Saat matang, kue ini biasa diangkat dengan capit makanan, seperti dicubit. Sekilas mirip kue lumpur tetapi lebih banyak taburan topping di atasnya.

Kue Dollar

Kue dollar merupakan salah satu nama makanan yang unik dan lucu enak. Kue ini berbentuk bulat pipih mirip koin dan rasanya mirip kue semprong. Dulu hanya ada rasa gula palem, tetapi sekarang sudah memiliki berbagai varian rasa. Seperti rasa jahe, wijen, dan keju.

5 dari 6 halaman

Kuku Macan, Nasi Kucing, dan Lidah Kucing

kue lidah kucing
kue lidah kucing./Copyright shutterstock.com

Kuku Macan

Nama makanan yang unik dan lucu selanjutnya adalah kuku macan. Kuku macan merupakan kerupuk ikan tengiri, salah satu camilan khas Balikpapan. Bentuknya mirip dengan kuku jari yang runcing. Karena ukuranya agak besar, sehingga disebut kuku macan.

Nasi Kucing

Santapan satu ini tentunya sudah akrab ditemukan di jogja. Nasi kucing memang menjadi makanan semua kalangan terlebih untuk anak-anak kos ataupun untuk mereka yang kelaparan tengah malam.

Nasi kucing biasanya dibungkus dengan daun pisang dan porsinya sama dengan porsi makan kucing. Lauknyapun hanya sedikit, bisa ikan goreng, tempe ataupun tahu dan satu sendok sambal. Karena itulah disebut nasi kucing.

Lidah Kucing

Walaupun namanya hampir sama, nasi kucing dan lidah kucing merupakan makanan yang jauh berbeda. Makanan lidah kucing ini merupakan jenis kue yang cukup enak. Lidah kcucing merupakan sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah.

6 dari 6 halaman

Kue Pancong, Rawon Setan, dan Tahu Gimbal

Rawon Setan
Rawon Setan (Liputan6.com/Putu Elmira)

Kue Pancong

Kue pancong adalah kue tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Sampai sekarang kue ini dimodifikasi sehingga menjadi kue yang masih disukai banyak orang.

Kue ini memiliki bentuk setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam. Soal kelezatannya, kamu tidak perlu ragu lagi. Masih cukup banyak yang menjualnya di jalanan.  

Rawon Setan

Nama makanan yang unik dan lucu satu ini merupakan kuliner Indonesia yang memang terkenal dengan rasanya yang lezat dan pedasnya yang menggigit. Rawon setan diidentikkan dengan tingkat kepedasan dari rawon tersebut sehingga setan dimaknai sebagai tingkat kepedasannya.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan nama makanan yang unik dan lucu berasal dari Semarang. Isinya adalah tahu goreng, irisan kol mentah, tauge, lontong, telur, dan gimbal yang disiram pakai kuah petis udang.

Gimbal ini sebenernya adalah udang yang digoreng pakai tepung. Udang tersebut akan ditambahkan dalam hidangan tahu, lalu diatasnya disiram dengan bumbu kacang yang super enak atau kuah petis.

Lanjutkan Membaca ↓