Sukses

Hindari 3 Kebiasaan Buruk di Medsos yang Bikin Kamu Nggak Pede

Ketika kamu sudah kecanduan media sosial, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari karena bisa mengganggu rasa kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran media sosial atau medsos semakin tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern, terutama generasi milenial dan para remaja. Medsos dimanfaatkan tak hanya sebagai sarana komunikasi dan sumber informasi semata, melainkan juga menjadi wadah untuk berkreasi, mengekspresikan diri dan bahkan mata pencaharian.

Begitu banyaknya manfaat yang dirasakan sehingga tidak mengherankan kalau pengguna media sosial terus bertambah. Apalagi di tengah situasi masyarakat yang sulit saat ini, harus Work From Home dan Psychical Distancing sehingga ketergantungan terhadap medsos semakin tinggi.

Ketika kamu sudah kecanduan media sosial, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. Jika dipelihara dikhawatirkan dapat mengganggu rasa kepercayaan diri.

1. Membandingkan diri dengan orang lain

Feed yang muncul di beranda kamu tampak sempurna? Orang-orang memposting hal-hal menyenangkan mulai dari makanan, liburan, barang koleksi hingga pamer kemesraan, sementara feed mu biasa saja dan gak menarik. Jangan iri apalagi syirik. Berhenti membanding-bandingkan kehidupan maupun aktivitasmu dengan orang lain. Ketahuilah banyak yang indah-indah di medsos belum tentu sama dengan kenyataan.

2. Baper (Terbawa Perasaan)

Sudah posting foto keren tapi like dan komen sedikit, sementara yang lain biasa saja tapi banyak yang suka. Jangan baper atau terbawa perasaan, kamu tidak tahu kehidupan dia di luar seperti apa sehingga sampai bisa mendapat respon lebih baik dari kamu. Begitu juga saat sedang saling komentar medsos, jangan mudah tersinggung  dengan kata-kata yang tidak biasa kamu terima. Bisa jadi itu hanya bercanda semata dengan bahasa-bahasa slang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Realitas Palsu

Realitas di medsos yang ada saat ini sudah banyak di-edit, diberikan filter, atau dibuat-buat. Bermain medsos bukan hanya untuk sekadar like, komen, dan memposting hal-hal yang disukai orang lain. Menciptakan realitas palsu akan berdampak tidak baik karena tidak sesuai dengan kehidupan kamu yang nyata dan seharusnya.

Postinglah sesuatu yang memang kamu inginkan dan menyenangkan dirimu. Percayalah setiap orang punya kelebihan masing-masing. Ekspresikan dirimu yang apa adanya, tanpa perlu berpura-pura, se-simple dengan jujur menjadi diri kita sendiri. Tak perlu khawatir sendirian, sebab ada IM3 Ooredoo yang senantiasa mendampingi generasi muda mewujudkan mewujudkan keseharian dan dunia digital yang positif nan bermanfaatnya.

Melalui kampanye Apa Adanya, IM3 Ooredoo mendorong generasi muda, terlebih pengguna media sosial untuk membangun kesadaran akan hidup simple dan hidup yang apa adanya dengan membawa semangat yang positif.

Mengadopsi nilai apa adanya pada produk dan layanan yang diberikan, IM3 Ooredoo menyediakan paket Freedom Internet, paket simple dengan 100% kuota utama dan transparan tanpa syarat atau ketentuan tersembunyi. Paket Freedom Internet menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin tetap online sepanjang hari tanpa harus khawatir paket mereka akan cepat habis karena banyaknya batasan dalam paket.

Para pecinta internet dapat menikmati paket dengan 100% kuota utama ini dari paket bulanan mulai dari Rp 50.000 dengan kuota 10GB, Rp 75.000 untuk 18GB, hingga Rp100.000 untuk kuota 25GB. Selain itu, paket Freedom Internet juga dilengkapi dengan keunggulan Pulsa Safe yang menjaga agar pulsa pengguna tidak terpotong saat kuota habis, tanpa biaya tambahan.

Cara untuk menikmati paket Freedom Internet ini juga sangat mudah, pelanggan bisa mendapatkannya melalui *123# atau aplikasi myIM3 yang dapat di-download di Google Play Store atau App Store. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengunjungi tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini