7 Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan, Bantu Sehatkan Paru-Paru

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 31 Mar 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 11:15 WIB
Ini Manfaat Berjalan di Pagi Hari yang Tidak Anda Ketahui
Perbesar
Berjalan kaki di pagi hari sesungguhnya menyehatkan. Ini alasan dan manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jalan kaki pagi dapat memberikan berbagai macam keuntungan yang sangat banyak bagi tubuh. Bahkan dengan hanya melakukan aktivitas berjalan kaki saja, kamu sebenarnya sudah mendapat berbagai manfaat yang menyehatkan dan baik bagi tubuh.

Berjalan kaki merupakan cara paling murah, mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisikmu. Tentunya terdapat sangat banyak manfaat jalan kaki pagi apabila kamu melakukannya secara rutin.

Selain dapat membantu dalam menambah stamina, membuat jantung lebih sehat, dan membakar kalori berlebih, manfaat jalan kaki pagi adalah karena kondisi udara di pagi hari masih sangat segar dan dapat membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Bahkan manfaat jalan kaki pagi ini dapat semakin maksimal apabila kamu mengimbangi dengan pengaturan pola makan dan istirahat yang teratur.

Walau dengan banyaknya manfaat jalan kaki pagi tersebut, tapi sangat disayangkan karena masih banyak yang merasa enggan dan terkadang malas untuk melakukan kegiatan tersebut. Padahal tubuh akan terasa jauh lebih baik jika kita selalu melakukan aktivitas yang menuntut tubuh untuk bergerak.

Untuk lebih jauh mengetahui apa saja berbagai manfaat jalan kaki pagi yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh, dibawah ini Liputan6.com, Selasa (31/3/2020) rangkum dari berbagai sumber berbagai manfaat jalan kaki pagi yang bisa didapatkan tubuh jika dilakukan secara rutin.

2 dari 8 halaman

1. Membantu menyehatkan paru-paru

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Manfaat jalan kaki pagi yang pertama adalah membantu menyehatkan paru-paru. Berjalan kaki di pagi hari dengan tempo yang lumayan cepat, sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Pada saat berjalan dengan tempo yang cepat, maka otomatis akan semakin banyak udara yang masuk ke dalam paru-paru. Sedangkan udara yang dihirup pada pagi hari merupakan udara yang masih bersih dan belum terpapar oleh polusi baik asap kendaraan maupun debu, maka hal tersebut akan baik untuk paru-paru.

3 dari 8 halaman

2. Dapat mengontrol gula darah dan mencegah diabetes

2. Penyakit Diabetes
Perbesar
Sering tidur pagi bisa menyebabkan diabetes akibat gula darah naik (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Jalan kaki di pagi hari secara rutin, dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil dan selalu terjaga, hal tersebut mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Karena pada saat melakukan aktivitas fisik, diperlukan energi dari kalori yang dihasilkan dari gula di tubuh.

Pada dasarnya semakin besar aktivitas fisik yang dilakukan, maka gula dalam tubuh akan berkurang, tetapi perlu diingat, bahwa gula dalam tubuh yang terlalu rendah sangat berbahaya dan dapat menyebabkan pingsan.

Ada baiknya jika beraktivitas fisik di pagi hari, cukup melakukan kegiatan yang ringan saja, agar gula dalam tubuh tetap terjaga dan tidak terlalu turun drastis.

4 dari 8 halaman

3. Menurunkan tekanan darah

Mengukur tekanan darah
Perbesar
Mengukur tekanan darah (iStockphoto)

Manfaat jalan kaki pagi yang lainnya yaitu mampu membantu tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurai kerekatan antar sel darah. Pasalnya, apabila sel darah terlalu rekat, dapat berakibat pada terjadinya penggumpalan darah dan dikhawatirkan akan menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan pembakaran lemak

Kemana Lemak Pergi Saat Anda Turun Berat Badan?
Perbesar
Pernakah bertanya-tanya kemana lemak pergi saat Anda turun berat badan? Ini jawabannya. (iStockphoto)

Manfaat jalan kaki pagi selanjutnya adalah dapat meningkatkan pembakaran lemak di tubuh. Jalan kaki sendiri pada dasarnya merupakan aktivitas dengan gerakan lambat yang menggunakan berbagai macam otot dari kelompok otot besar pada kaki.

Otot besar pada kaki memerlukan energi yang lebih besar dibandingan dengan otot di bagian tubuh lain. Energi tersebut selain dari gula juga didapatkan dari lemak. Dengan kata lain lemak akan digunakan sebagai bahan bakar penggerak. Dengan intensitas yang sedang, 200 hingga 300 kalori dapat dibakar dalam satu jam.

6 dari 8 halaman

5. Melepaskan hormon endorphin pada otak

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Endorphin merupakan hormon yang memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu memberi seseorang perasaan senang. Hormon endorphin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitary, yang letaknya berada di bagian bawah otak.

Seperti zat kimia morphine, hormon endorphin ini bahkan dikenal mempunyai kekuatan hingga 200 kali lebih besar dibandingkan morphine. Sehingga tidak heran jika hormon ini sangat mampu membantu meningkatkan perasaan rileks saat melakukan jalan kaki di pagi hari.

7 dari 8 halaman

6. Mencegah osteoporosis

Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda
Perbesar
Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda

Kesehatan pada tulang tidak hanya berasal dari kalsium dan manfaat vitamin D, tetapi juga membutuhkan gerakan yang dilakukan oleh badan dengan berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari.

8 dari 8 halaman

7. Menjaga kesehatan jantung

Akibat Kolesterol Tinggi dan Cara Menjaganya Agar Tetap Normal
Perbesar
Penyakit jantung koroner merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Salah satu manfaat jalan kaki pagi adalah menjaga kesehatan jantung. Penyakit yang paling mematikan di dunia salah satunya adalah serangan jantung. Wajar saja karena jantung merupakan inti pada sistem tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, banyak orang akan dengan suka rela melakukan apapun agar dapat mengobatinya.

Apabila kamu ingin memiliki jantung yang selalu sehat dan terhindar dari risiko serangan jantung, satu hal yang mudah dan murah untuk dilakukan adalah dengan mengambil dari manfaat jalan kaki pagi, karena mampu membntu meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih baik, dan risiko mendapat serangan jantung dapat diminimalisir.

Nah setelah menyimak beberapa manfaat jalan kaki pagi di atas, semoga membantumu untuk semakin rutin dalam melakukan aktivitas fisik ya.

Lanjutkan Membaca ↓