10 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil, Turunkan Risiko Cacat Lahir

Oleh Laudia Tysara pada 30 Mar 2020, 10:55 WIB
Diperbarui 30 Mar 2020, 10:55 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Sebelum membicarakan manfaat sari kurma untuk ibu hamil ada baiknya mengenal terlebih dahulu buah kurma. Buah kurma yang dipercaya berasal dari Teluk Persia ini selama ribuan tahun telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah.

Kandungan dari buah kurma juga ada banyak sekali. Seperti magnesium, fosfor, zinc, selenium, dan mangan. Begitu juga dengan ekstrak kurma yang sering disebut sari kurma ini.

Sedikit berbeda dengan buah kurma memang, tetapi sari kurma ini lebih cocok dikonsumsi karena lebih mudah dicerna. Manfaat sari kurma pun ada banyak sekali, salah satunya manfaat sari kurma untuk ibu hamil.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini perlu sekali untuk diketahui, pasalnya dampak dari manfaat ini selain akan berguna untuk ibu hamil ternyata juga berguna bagi janin itu sendiri dan ibu yang sudah menyusui.

Nutrisi yang terkandung dalam sari kurma ada magnesium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K. Nah berikut penjelasan mengenai manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang sudah Liputan6.com, Senin (30/3/2020) rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini mampu meningkatkan produksi sel darah merah untuk ibu hamil, termasuk untuk siapa saja yang mengonsumsinya. Namun jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan kecil kemungkinan ibu hamil mengalami sakit anemia. Sehingga ibu hamil tetap mampu menjaga kesehatan dirinya dan tidak berdampak pada kesehatan janinnya pula.

Produksi sel darah merah ini mampu diproduksi karena dalam kandungan sari kurma terdapat zat tembaga. Karena jika terjadi kerusakan pada sel darah merah dalam jumlah yang besar, tentu saja hal ini dapat menyebabkan kekurangan darah bagi ibu hamil. Dan dapat berakibat pada ibu hamil yang kekurangan sel darah merah atau mengalami anemia.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya tulang ibu hamil tetapi juga bagi janin dalam kandungan. Apalagi untuk penumbuh gigi bagi si janin, ini penting sekali.

Karena sari kurma ini memang sangat dipercaya mampu mendukung dalam pembentukan tulang dan gigi. Hal ini karena di dalam sari kurma terdapat zat kalium yang cukup banyak.

3. Mencegah Infeksi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa mencegah terjadinya infeksi karena virus, bakteri, dan patogen lainnya. Hal ini berarti pula dapat menguatkan sistem imun dari ibu hamil dan janinnya pula.

Kandungan zat antioksidan yang dikenal dengan sebutan tanin inilah yang dipercaya sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik. Maka penting sekali bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sari kurma untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

4. Sumber Energi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu memberikan banyak sumber energi bagi ibu hamil. Karena biasanya memang ibu yang sedang hamil, membutuhkan banyak energi untuk tetap sehat menggendong sang janin di dalam perut.

Kandungan karbohidrat serta gula alami di dalam sari kurma seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa inilah sumbernya. Sehingga bisa menjadi camilan sehat bagi ibu hamil, karena bisa dikonsumsi setiap hari.

5. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah bagi ibu hamil. Kadar oksigen yang cukup dalam darah ini tentu sangat penting menjaga kesehatan si janin.

Kandungan zat besi dalam kurma inilah yang mampu memantik peningkatan kadar oksigen dalam darah. Karena diketahui pula bahwa zat besi ini merupakan satu elemen penting yang ada dalam hemoglobin. Sehingga dapat memperkuat daya dukung oksigen di dalam darah ibu hamil.

6. Sumber Protein Janin

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu menjadi sumber protein bagi janin. Karena memang kandungan protein yang tinggi dalam sari kurma ini akan mudah dicerna oleh ibu hamil dan juga sampai ke janin.

Bahkan tidak hanya sebagai sumber protein yang tinggi, tetapi juga memiliki sumber vitamin esensial untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam perut ibu hamil.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

[Fimela] Ibu Hamil
Perbesar
Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps

7. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata mampu membantu menurunkan risiko cacat lahir bagi sang janin. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam folat di dalam sari kurma. Tidak hanya itu, bahkan asam folat ini juga menjadi salah satu nutrisi penting bagi perkembangan saraf pusat bagi ibu hamil terutama juga saat ibu sudah menyusui.

8. Melancarkan Pencernaan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa melancarkan pencernaan bagi ibu hamil. Selain mampu melancarkan buang air besar ternyata juga mampu mencegah terjadinya konstipasi. Karena risiko bagi ibu hamil mengalami sakit dalam saluran pencernaan ini besar sekali.

Kandungan serat yang tinggi dalam sari kurma inilah yang mampu mengurangi gangguan pencernaan, selama proses kehamilan. Cukup dengan mengonsumsinya dua sendok makan setiap hari, sari kurma ini mampu menjaga stamina tubuh ibu hamil.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

9. Melancarkan Persalinan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu melancarkan proses persalinan ibu hamil juga. Karena selain berolahraga, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi yang mampu mendukung stamina tubuhnya sebelum menghadapi proses persalinan.

Kandungan dalam sari kurma yang mampu menghasilkan hormon oksitosin inilah, yang mampu memperkuat kontraksi otot rahim saat ibu hamil dihadapkan dengan proses persalinan. Jika dibandingkan harus mengonsumsi obat oksitosin, dampak yang lebih baik dihasilkan tentu saja dalam sari kurma ini. Karena kandungan oksitosin yang dihasilkan benar-benar alami.

10. Meningkatkan Berat Badan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil ini ternyata mampu meningkatkan berat badan ibu hamil. Karena jika berat badan ibu hamil seimbang dengan keberadaan janin, itu bisa menjadi pertanda bahwa sang janin juga memiliki berat badan seimbang. Tidak lebih dan tidak kurang.

Kandungan gula alami dalam sari kurma yang cukup tinggi inilah sumbernya. Dalam satu kilogram kurma, hampir ada 3.000 kalori. Selain itu juga mengandung banyak vitamin esensial yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dan vitamin bagi ibu hamil.

Lanjutkan Membaca ↓