Cegah Corona Covid-19, Ini Waktu Paling Tepat Berjemur dan Cuci Tangan

Oleh Selma Intania Hafidha pada 27 Mar 2020, 15:20 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 15:20 WIB
cuci tangan

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan melindungi diri dari penyebaran virus Corona Covid-19. Salah satunya adalah dengan berjemur dan cuci tangan. Di tengah merebaknya virus Corona Covid-19, kamu harus senantiasa menjaga kekebalan tubuh agar tidak terkena virus Corona Covid-19 ini.

Selain asupan makanan yang dapat meningkatan imunitas tubuh, salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus Corona Covid-19 adalah dengan cara berjemur. Aktivitas berjemur yang dipraktikkan di tengah pandemi virus Corona Covid-19 ini, akan membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin D dapat memperkuat tulang dan melindungi diri dari virus Corona Covid-19.

Dalam kondisi seperti saat ini, kamu wajib untuk memperhatikan setiap detail kebersihan di sekitar. Baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan tubuh salah satunya dengan cara membiasakan diri untuk selalu cuci tangan. Cuci tangan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk melindungi diri dari penyebaran virus Corona Covid-19. Walaupun cuci tangan adalah kegiatan yang mudah dilakukan, banyak orang yang masih sering lupa untuk mencuci tangan setelah memegang sesuatu.

Oleh sebab itu, mulai saat ini penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berjemur dan mencuci tangan agar terhindar dari virus Corona Covid-19. Apabila dilakukan di waktu yang tepat, manfaatnya pun akan kamu rasakan.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/3/2020) waktu yang paling tepat untuk berjemur dan cuci tangan demi mencegah tertular virus Corona Covid-19.

2 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat untuk Berjemur demi Cegah Corona Covid-19

Warga Inggris ramai berjemur
Seorang wanita Inggris berjemur di atas rumput sambil menikmati sinar matahari di Green Park, London, Senin (25/6). Pada Juli 2018, suhu di ibu kota London tercatat 29.1 derajat Celcius dan diprediksi akan mencapai 30 derajat Celcius. (AFP/Tolga Akmen)

Berjemur adalah salah satu aktivitas yang terkadang malas untuk dilakukan seseorang. Paparan sinar UV yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerutan dan noda gelap pada kulit. Tidak hanya itu, sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Namun, dalam kondisi saat ini, asupan vitamin D yang didapatkan dari cahaya matahari mampu untuk melindungi tubuh dari virus Corona Covid-19. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti yang disebabkan oleh virus Corona Covid-19.

1. Waktu yang tepat untuk berjemur

Agar dapat terlindungi dari virus Corona Covid-19, kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berjemur. Tentunya dengan berjemur di waktu yang tepat, kamu akan merasakan manfaat dari paparan sinar UV.

Waktu yang tepat untuk berjemur yakni pada tengah hari, yaitu mulai jam 10.00 hingga jam 11.00 siang. Kisaran waktu tersebut dikatakan sebagai waktu terbaik untuk berjemur. Jika kamu rutin berjemur di waktu yang tepat ini, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup, tentunya akan melindungi tubuh kamu dari virus Corona Covid-19.

Rentang waktunya pun hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

2. Tips saat berjemur di bawah paparan sinar matahari

Tips saat berjemur di bawah paparan sinar matahari, kamu bisa melindungi kulit Anda dari efek buruk terik sinar matahari dengan penggunaan produk pelindung sinar matahari. Salah satunya dengan menggunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor /SPF. Dengan begitu kamu bisa melindungi kulit kamu dan mencegah tubuh kamu dari virus Corona Covid-19.

3 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan Demi Cegah Corona Covid-19

mencuci tangan
ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk

Selain melindungi diri dari dalam, penting juga untuk melindungi diri luar. Kebersihan tubuh baik dalam maupun luar harus senantiasa dijaga agar terlindungi dari virus tersebut. Dalam kondisi seperti saat ini, kamu harus rajin mencuci tangan sebelum atau sesudah menyentuh sesuatu.

Berikut waktu yang tepat untuk berjemur di tengah penyebaran virus Corona Covid-19 :

1. Sebelum Makan

Waktu yang tepat untuk cuci tangan yang pertama adalah sebelum cuci tangan. Sebelum menyentuh dan mengonsumsi makanan kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu agar kebersihan tangan kamu tetap terjaga. Sebab, tangan merupakan bagian tubuh yang sering terkena interaksi secara langsung. Interaksi tersebut dapat berupa interaksi secara langsung terhadap orang lain ataupun benda. Sehingga kuman, bakteri, dan virus dengan mudah dapat menempel pada tangan.

2. Setelah Buang Air

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan selanjutnya adalah setelah buang air. Buang air kecil dan besar merupakan tanda bahwa metabolisme tubuh telah bekerja dengan baik. Metabolisme tubuh salah satu tandanya adalah dengan pembuangan sisa makanan yang sudah tidak berguna kembali. Seusai proses buang air kecil dan besar, tentu saja tangan akan membantu membersihkan bagian tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil ekskresi tersebut. Cucilah tangan kamu setelah buang air kecil dan besar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berpindahnya cairan tubuh, bakteri, kuman, dan virus yang ada di dalam hasil ekskresi pada benda-benda di sekitar kamu.

 

4 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

3. Setelah Beraktivitas

Cucilah tangan anda setelah selesai beraktivitas. Waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk cuci tangan selanjutnya. Beraktivitas merupakan tanda bahwa tubuh sedang melakukan aktivitas fisik. Dengan adanya aktivitas fisik, tubuh mengeluarkan keringat sebagai proses metabolisme yang baik.Selain itu, beraktivitas berarti kamu juga dapat berhubungan dengan lingkungan dan dunia luar. Baik itu berinteraksi dengan benda maupun orang di sekitar kamu.

Dalam melakukan aktivitas, tentu saja tangan menjadi satu bagian anggota tubuh yang sering terkena kontak dan interaksi secara langsung. Oleh sebab itu, penting untuk mencuci tangan setelah selesai beraktivitas. Karena tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang rentan menularkan berbagai kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan di dalam tubuh

4. Sebelum Menyentuh Mulut, Hidung, dan Mata

Segitiga wajah, yakni mulut, hidung, dan ,mulut menjadi salah satu media penularan berbagai kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyerang pertahanan tubuh manusia. Sebab, segitiga wajah tersebut terdapat cairan yang rentan menjadi inang bagi bakteri untuk hidup dan menginfeksi anggota tubuh.Dengan menyentuh segitiga wajah menggunakan tangan, maka bakteri yang menempel pada tangan dapat dengan mudah berpindah.

Apabila dirasa perlu untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata, cuci tangan dengan dahulu dengan bersih. Dengan mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun, maka Anda telah mematikan sebagian besar kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh.

5. Setelah Menerima Paket dan Makanan Online

Ditengah kondisi sepertisaat ini, setiap orang pasti membatasi diri untuk keluar rumah. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih untuk membeli sesuatu melalui online. Belanja online manjadi solusi ketika anda melakukan work from home. Anda harus berhati-hati setelah menerima paket dari belanja online. Setelah menerima paket dan membongkarnya, kamu harus langsung mencuci tangan.

Begitu juga setelah menerima makanan yang Anda order online. Langsung cuci tangan menggunakan sabun setelah membongkar makanan Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

mencuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright by New Africa (Shutterstock)

Mencuci tangan dengan benar, dapat membunuh kuman secara maksimal. Cara yang baik untuk mencuci tangan dengan benar adalah dengan membersihkan seluruh bagian tangan. Rekomendasi mencuci tangan yang baik adalah dilakukan selama 20 detik. Selama 20 detik tersebut seluruh bagian tangan telah tersentuh oleh air dan sabun dengan baik.

Langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar:

1. Membasahi seluruh bagian tangan dengan menggunakan air

2. Ambil sabun dan letakkan pada telapak tangan. Setelah itu, gosok-gosok sabun dengan menggunakan kedua tangan.

3. Gosok telapak tangan secara menyeluruh

4. Setelah selesai menggosok telapak tangan secara menyeluruh, gosok tangan pada bagian punggung tangan dengan bergantian. Gosok secara menyeluruh untuk memastikan kuman, bakteri, dan virus tersebut mati.

6. Gosok sela-sela jari. Pastikan anda menggosok semua jari tanpa terkecuali secara menyeluruh dengan menggunakan air dan sabun secukupnya.

7. Bersihkan punggung jari dengan menggosoknya secara menyeluruh. Kemudian berpindah pada kedua ibu jari.

8. Putar ibu jari menggunakan tangan dengan baik dan benar. Setelah itu, gosok ibu jari pada tangan yang lain.

9. Selanjutnya putar telapak tangan dan gosok secara menyeluruh.

10. Langkah yang terakhir yaitu cuci kembali tangan dengan air bersih hingga tidak ada sisa sabun yang menempel pada kedua tangan. Cuci tangan hingga tidak terasa licin kembali. Setelah dirasa cukup, kemudian keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau tissue bersih.

Itulah waktu yang tepat untuk berjemur dan mencuci tangan ditengah penyebaran virus Corona Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓