10 Wisata Kuliner Jember Terenak, Makanan Khas yang Menggugah Selera

Oleh Husnul Abdi pada 26 Mar 2020, 16:40 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 16:40 WIB
Wisata Kuliner Jember

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Jember menawarkan berbagai sajian yang khas dan menggugah selera. Banyak tempat makan legendaris yang terkenal di jember dan tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran wisata kuliner Jember menjadi salah satu makanan yang terkenal di Jawa Timur.

Kota Jember yang juga terkenal dengan acara Jember Fashion Carnival, memiliki berbagai kuliner yang dapat menggugah selera. Saat kamu sedang liburan ke Jawa Timur khususnya ke Jember, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba berbagai kuliner yang lezat.

Wisata kuliner Jember merupakan salah satu kuliner Jawa Timur yang wajib dicoba. Selain juga dapat menikmati berbagai tempat wisata alam yang indah dan menakjubkan, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan khas yang lezat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020) ragam wisata kuliner Jember yang wajib dicoba.

2 dari 6 halaman

Makanan Berat

mie ayam
ilustrasi mie ayam/copyright by Shutterstock

Gudeg dan Pecel Lumintu

Wisata kuliner Jember yang pertama adalah Gudeg dan Pecel Lumintu. Sudah berdiri sejak 80-an, warung gudeg dan pecel satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Menu favorit di warung gudeg dan pecel lumintu ini adalah nasi campur yang menggabungkan nasi gudeg dan nasi pecel. Tentunya kamu juga dapat menikmati nasi gudeg dan nasi pecel secara terpisah. Gudeg dan Pecel Lumintu berlokasi di Jalan Kertanegara, dan buka jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Pada hari sabtu warung ini tutup.

Mie Pangsit Rama

Wisata kuliner Jember selanjutnya mungkin tampak standar dan sangat sederhana. Namanya adalah Mie Pangsit Rama. Namun, kamu tidak bisa melewatkannya begitu saja, Mie Rama merupakan salah satu tempat makan mie yang paling enak di Jember.

Berbagai sajian mie, mulai dari mie pangsit kuah, bakwan, serta tahu, semuanya nikmat untuk disantap sebagai makan malam. Apalagi kamu bisa menikmati nuansa tempo dulu di tempat ini. Mie Rama biasanya buka dari sore hingga malam.

3 dari 6 halaman

Makanan Berat Lainnya

sate ayam
sate ayam/copyright: shutterstock

Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok merupakan salah satu wisata kuliner Jember yang sudah melegenda. Soto ini tetap ramai dicari walaupun sudah berdiri begitu lama. Berlokasi di Jalan Fatahilah, Soto Ayam Dahlok buka dari pagi hingga malam.

Sate Pak Malud

Wisata kuliner Jember yang bisa kamu nikmati di malam hari ini tidak kalah dengan makanan lainnya. Sate Pak Malud buka mulai pukul 6 petang dan berlokasi di Jalan Trunojoyo nomer 100 ini.

Sate kambing menjadi andalan wisata kuliner Jember satu ini. Apalagi dengan gulenya akan terasa semakin nikmat makan malam dengan menu ini. Untuk yang sedang mengontrol kolesterol, kamu bisa memesan sate ayam daripada sate kambing.

Biasanya kamu harus mengantre terlebih dahulu dalam membeli sate ini. Tentunya hal ini sudah membuktikan betapa enaknya makanan khas Jember satu ini.

4 dari 6 halaman

Kuliner Manis

Kuliner Manis
Kuliner Manis (Foto: Good Indonesian Food)

Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng ini sangat cocok dikunjungi sebagai tempat bersantai. Menu-menu ringan yang disajikan di salah satu wisata kuliner Jember ini adalah aneka roti bakar berbagai rasa seperti roti bakar green tea, roti bakar keju, tunamayo, KitKat, dan lain-lain.

Lokasinya yang berada di pusat Kota Jember menjadikannya tidak sulit ditemukan. Tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda. Roti Bakar Tjiliwoeng buka senin sampai sabtu dari sore hingga malam.

Depot Ice Cream Domino

Wisata kuliner Jember selanjutnya ini telah berdiri sejak sekitar 50 tahun lalu, namanya Depot Ice Cream Domino. Tempat ini menawarkan berbagai macam rasa es krim, mulai dari vanila, coklat, mocca, blueberry, stroberi, dan lain-lain. Dengan total 40 varian rasa, akan sangat rugi bila kamu tidak singgah ke tempat ini saat ke Jember.

5 dari 6 halaman

Kuliner Manis Lainnya

Martabak Manis
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Martabak dan Terang Bulan King

Bila kamu sedang ingin ngemil yang manis-manis bersama teman atau keluarga, wisata kuliner Jember satu ini bisa menjadi pilihan tepat, yaitu Martabak dan Terang Bulan King. Martabak dan terang bulan King ini adalah yang paling populer di Jember.

Berlokasi di Jalan Karimata, Martabak dan Terang Bulan King ini buka dari pukul 3 sore hingga 10 malam. Jangan sampai kamu melewatkan untuk mencicipi martabak king ini bila sedang berada di Jember.

Wedang Cor

Wisata kuliner Jember selanjutnya bisa kamu nikmati sambil makan camilan, yaitu Wedang Cor. Minuman hangat ini sudah menjadi makanan khas Kabupaten Jember,

Terbuat dari tape singkong atau tape ketan hitam, Wedang Cor ditambah sedikit susu kental manis, jahe yang dimemarkan, dan disiram air panas. Rasa manis dan asamnya bakal diterima dengan senang hati oleh lidahmu.

Berlokasi di Jalan Singosari, kamu sudah bisa menikmati Wedang Cor hanya dengan 10 ribu saja.

6 dari 6 halaman

Tempat Makan Populer

Depot Jawa Timur

Wisata Kuliner Jember satu ini menawarkan makanan khas nasi langgi lengkap. Dalam satu porsi nasi langgi lengkap, kamu bisa mendapatkan nasi, daging sampi bumbu bali, sambal goreng tempe, telor asin, petis, sambal goreng kentang, mentimun, dan abon sapi. Menu nasi langgi lengkap inilah yang menjadi menu favorit di Depot Jawa Timur ini.

Resto Legian

Salah satu restoran yang sangat populer di Jember adalah Resto Legian. Restoran yang awalnya khusus menghidangkan pilihan menu seafood ini sekarang juga menawarkan menu lain seperti cap cay, mie, dan yang paling spesial adalah iga bakarnya.

Resto Legian ini adalah salah satu tempat makan yang populer di Jember dengan banyak varian menu yang ditawarkan plus harga yang sudah pasti terjangkau. Buka dari jam 11 siang hingga jam 10 malam, kamu harus mencoba makanan di restoran ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓