Cara Membuat Mobil-Mobilan dari Kardus, Unik dan Kreatif

Oleh Selma Intania Hafidha pada 26 Mar 2020, 12:05 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 12:05 WIB
Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus, Unik dan Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat mobil-mobilan dari kardus tentunya tidak begitu sulit, juga tidak terlalu mudah. Apabila kamu sudah menguasai konsep dan cara pembuatannya, tentunya kamu akan lebih mudah membuat mobil-mobilan dari kardus ini. Cara membuat mobil-mobilan dari kardus juga akan menambah keterampilan dan tumbuh kembang otak anak.

Memanfaatkan barang bekas merupakan hal yang hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang saja. Padahal barang bekas bisa dijadikan ragam karya menarik. Selain itu, memanfaatkan barang bekas juga dapat meminimalisir sampah yang dapat membahayakan bumi untuk kedepannya.

Kardus merupakan barang yang bisa digunakan kembali untuk keperluan lainnya, seperti tempat untuk meletakkan barang-barang kecil dirumah. Selain itu, kardus juga bisa dibuat menjadi ragam karya menarik untuk dipajang dirumah atau sekedar menjadi koleksi. Kardus biasanya digunakan kembali untuk membuat mobil-mobilan dari kardus. Mainan mobil-mobilan ini biasanya sangat disukai anak-anak untuk menambah koleksi mainan mereka.

Selain bisa dijadikan koleksi pribadi, mobil-mobilan dari kardus ini bisa dijadikan sebagai ladang usaha. Membuat mobil-mobilan dari kardus dapat mengasah kreativitas kamu dan menjadi ruang untuk kamu menyalurkan hobi untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan mempunyai nilai kreativitas tinggi.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020) tentang cara membuat mobil-mobilan dari kardus, unik dan kreatif.

2 dari 7 halaman

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Ritsleting
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Ritsleting (Sumber: make it love it)

Cara pertama untuk membuat mobil-mobilan dari kardus yang pertama adalah mempersiapkan alat dan bahan. Sebelum kamu mulai merakit kardus menjadi suatu barang yang memiliki nilai kreativitas tinggi, kamu tentunya harus menyiapkan dan memastikan agar alat dan bahan untuk membuat mobil-mobilan dari kardus lengkap.

Alat dan Bahan :

- Menyiapkan kardus, pilihlah kardus yang tebal dan kaku agar hasil mobil-mobilan lebih maksimal.

- Pensil, untuk menggambar pola

- Gunting- Cutter- Lem, bisa menggunakan lem tembak atau lem kayu

- Solatip

- Penggaris

- Alat pewarna, bisa menggunakan spidol, crayon, cat jenis tempera paint atau finger paint. Penggunaan cat bia disesuaikan dengan keinginan dan aman untuk anak.

3 dari 7 halaman

2. Membuat Pola

Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus, Unik dan Kreatif
Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus. (Sumber: liputan6.com)

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus selanjutnya adalah kamu harus membuat pola. Langkah satu ini bisa disesuaikan dengan keinginan mobil yang akan kamu buat.

Pola pertama yang bisa kamu buat adalah pola pintu mobil. Anda dapat memulai dengan membuat pintu pada bagian samping kiri dan samping kanan pada kardus, dalam memotong garisnya usahakan harus dimulai dari bagian atas kardus terlebih dahulu. Untuk menggambar pola pintu kamu bisa menggunakan pensil atau spidol. Selesai membuat pola, potong pola yang sudah dibuat tersebut menggunakan cutter.

Selanjutnya kamu bisa membuat pola untuk kaca bagian depan. Jika kamu sudah selesai membuat pola dengan spidol atau pencil, kamu bisa memotongnya secara perlahan menggunakan cutter atau gunting. Untuk bagian-bagian kecil mobil seperti kaca spion, roda, dan lain sebagainya kamu bisa membuat polanya menggunakan kardus lainnya menggunakan spidol atau pensil.

4 dari 7 halaman

3. Memotong Pola

Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus, Unik dan Kreatif
Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus. (Sumber: urusandunia.com)

Memotong pola adalah cara membuat mobil-mobilan dari kardsu selanjutnya yang harus kamu lakukan. Setelah selesai menggambar pola, kamu bisa mulai memotong ppola-pola yang sudah kamu bentuk sebelumnya. Bagian memotong pola ini membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi agar hasilnya menjadi rapi. Alat pemotong pola yang bisa digunakan yakni gunting atau cutter. Kamu bisa memilih alat pemotong pola yang nyaman kamu gunakan.

Jangan lupa menggunakan penggaris untuk hasil yang lebih maksimal. Bagian-bagian kecil mobil seperti kaca spion dan roda harus lebih teliti ketika memotongnya.

5 dari 7 halaman

4. Merakit Pola

Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus, Unik dan Kreatif
Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus. (Sumber: urusandunia.com)

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus selanjutnya yakni merakit pola. Pada bagian ini, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah selotip atau lem. Kamu bisa menggunakan selotip atau lem untuk merakit kaca spion, roda, dan bagian-bagian kecil mobil lainnya untuk direkatkan di mobil yang sudah kamu bentuk sebelumnya.

6 dari 7 halaman

5. Mewarnai Mobil-Mobilan

Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus, Unik dan Kreatif
Cara Membuat Mobil-Mobilan Dari Kardus. (Sumber: id.wikipedia.org)

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus selanjutnya adalah mewarnai mobil-mobilan. Langkah satu ini adalah langkah yang paling disukai, khususnya anak-anak. Pada langkah ini kamu bisa bermain warna dan menyesuaikan warna yang kamu sukai. Apabila anak-anak ikut mewarnai, pastikan selalu dalam penjagaan orang tua.

7 dari 7 halaman

6. Tahap Akhir

Mobil-Mobilan dari Kardus
┬ęShutterstock

Pada tahap akhir ini kamu bisa menambahkan bagian-bagian kecil mobil seperti lampu bagian depan dan lampu bagian belakang mobil. Untuk lampu mobil, kamu bisa menggunakan sisa kardus yang telah dibentuk bulat ataupun sesuai dengan keinginan kamu. Selain menggunakan kardus, kamu juga bisa menggunakan tutup botol bekas untuk lampu mobil bagian depan dan belakang juga untuk lampu seinnya.

Untuk membuat interior mobil, gunakan karton atau kain sebagai dashboard dan piring kertas sebagai setir. Berikan mobil kardus ini logo dan mobil kardus siap digunakan untuk mainan.

Itulah cara membuat mobil-mobilan dari kardus yang bisa kamu contoh untuk menghasilkan sebuah karya mobil-mobilan yang unik.

Lanjutkan Membaca ↓