Sukses

8 Obat Sesak Napas Alami, Mampu Redakan Asma hingga Pneumonia

Ketahui obat sesak napas alami yang harus kamu coba.

Liputan6.com, Jakarta Obat sesak napas alami bisa jadikan solusi bagi kamu yang memiliki masalah pada saluran pernapasan, tetapi tidak suka dengan obat-obatan dari dokter. Jika ditelusuri, memang kebanyakan sesak napas ini berhubungan dengan kondisi paru-paru dan jantung. Karena kedua organ inilah yang digunakan untuk jalan oksigen dan karbon dioksida dari dan ke seluruh tubuh.

Sesak napas ini juga biasanya berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit. Misalnya saja asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), COVID-19, serangan jantung, tekanan darah rendah, sumbatan saluran pernapasan, kehilangan darah dalam jumlah yang banyak, sampai pneumonia. Nah, obat sesak napas alami ini bisa mengambil peran untuk mengatasinya.

Selain mudah ditemukan, obat sesak napas ini juga bisa kamu tanam sendiri di rumah. Dan jika ingin beli, harganya juga tidak terlalu mahal dan di pasar banyak yang jual. Banyak yang menyebut obat sesak napas alami ini sebagai obat herbal.

Dan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi, ada baiknya untuk memperhatikan apakah benar obat sesak napas alami ini efektif dan sudah berdasar pada penelitian ilmiah. Akan lebih baik juga jika sebelum mengonsumsi dikonsultasikan dulu dengan dokter atau tenaga medis. Nah berikut penjelasan obat sesak napas alami yang sudah Liputan6.com, Rabu (1/4/2020) rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Obat Sesak Napas Alami

1. Jahe

Obat sesak napas alami seperti jahe ini dipercaya bisa meredakan sesak napas, terutama seperti asma. Diketahui jahe ini mampu meredakan sesak napas karena dia memiliki sifat anti-peradangan, anti-oksidan, dan mampu mencegah pelepasan histamin.

Selain itu jahe juga mampu membuat otot-otot di saluran pernapasan menjadi lebih rileks. Namun, sebelum mengonsumsinya lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter karena dikawatirkan akan mengganggu efektivitas obat-obatan lain yang sedang dikonsumsi.

2. Jintan Hitam/Habatussauda

Obat sesak napas alami seperti jintan hitam atau sering disebut habatussauda dipercaya mampu meringankan batuk, menguatkan fungsi paru-paru, dan pada gejala mengi.

Obat ini memang sudah digunakan sejak 2.000 tahun yang lalu, namun efektivitas pengobatan saluran pernapasan menggunakan obat sesak napas ini tidak seefektif jika menggunakan obat salbutamol.

3 dari 5 halaman

Obat Sesak Napas Alami

3. Buah Kaya Vitamin C

Obat sesak napas alami yang berasal dari buah kaya akan vitamin C, memang dipercaya mampu mencegah efek kerusakan yang dilakukan oleh sel-sel radang pada paru-paru. Karena memang jika tubuh manusia kekurangan vitamin C, tentu akan berdampak pada risiko peradangan paru-paru kronis.

Seperti halnya bagi penderita asma yang kekurangan vitamin C, mereka akan cenderung mengalami gejala asma lebih sering dari biasanya. Namun efektivitas vitamin C untuk mengobati peradangan pada paru-paru masih harus didukung dengan penelitian yang lain.

4. Makanan dengan Betakaroten

Obat sesak napas alami yang berasal dari makanan dengan betakaroten tinggi, memang dipercaya mampu meredakan penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. Misalnya saja seperti penyakit paru obstruktif kronis yang sering dialami perokok. Kemudian juga membantu mencegah terjadinya bronkitis.

Makanan yang mengandung betakaroten ini bisa didapat dari kelompok buah dan sayur yang berwarna terang. Misalnya saja buah dan sayur dengan pigmen warna merah, jingga, dan kuning. Meski demikian, pengobatan yang mengandalkan betakaroten membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa menguji efektivitasnya.

4 dari 5 halaman

Obat Sesak Napas Alami

5. Ginseng

Obat sesak napas alami yang berasal dari ginseng ini dipercaya mampu menghambat peradangan, mencegah kerusakan sel di saluran pernapasan, dan mampu meredakan gejala PPOK.

Ginseng ini memang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sesak napas. Tumbuhan ini mudah sekali ditemukan dan mudah tumbuh di Indonesia. Bahkan tumbuhan ini juga sudah banyak tumbuh di China, Korea, hingga Siberia.

Namun meski demikian, pengobatan untuk saluran pernapasan ini masih harus dikaji lagi tentang efektivitasnya. Dan juga akan lebih baik, sebelum mengonsumsi ginseng ini dikonsultasikan dulu dengan dokter atau tenaga medis.

6. Akar Manis

Obat sesak napas alami yang berasal dari akar manis ini dipercaya mampu mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkan dahak hingga melegakan pernapasan.

Satu studi mengatakan akar manis ini mampu memperbaiki fungsi paru-paru dan membantu mencegah terjadinya serangan asma.

Namun efektivitas dan keamanan akar manis ini masih sedikit sekali yang meneliti dan tentu masih harus dikaji ulang.

5 dari 5 halaman

Obat Sesak Napas Alami

7. Minyak Kayu Putih

Obat sesak napas alami yang berasal dari minyak kayu putih ini dipercaya memiliki efek anti-bakteri yang seringkali menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Minyak kayu putih ini memiliki nama asli esensial eucalyptus.

Penggunaannya cukup mudah. Bisa mengoleskannya secara langsung atau juga meneteskannya ke air hangat dan kemudian menghirup uap hingga melegakan saluran pernapasan.

8. Pappermint

Obat sesak napas alami yang berasal dari papermint ini dipercaya mampu meredakan sesak napas akibat asma. Papermint ini bisa kita jumpai pada pasta gigi, permen karet, dan obat kumur. Tidak hanya itu tetapi obat ini banyak digunakan untuk obat oles atau obat gosok.

Namun efektivitas pappermint ini masih sedikit sekali yang meneliti dan tentu masih harus dikaji ulang lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini