Jenis Kualitas Film dan Perbedaannya, dari Cam Sampai Bluray

Oleh Laudia Tysara pada 24 Mar 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 16:30 WIB
[Bintang] Sebelum Dilan 1990, Iqbaal Ramadhan Bermain Dalam Film Ini

Liputan6.com, Jakarta Jenis kualitas film menjadi hal yang penting diketahui oleh para penikmat film termasuk para penikmat drama korea. Ternyata jenis kualitas film juga sangat memengaruhi kepuasan saat menonton loh.

Jika kalian memilih jenis kualitas film yang salah bisa jadi niat untuk menghilangkan penat, menghilangkan rasa bosan, mengisi waktu luang, atau bahkan mengulik ilmu pengetahuan menjadi gagal tersalurkan.

Bagi kamu yang sering streaming film pasti tidak asing dengan jenis kualitas film ini. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup krusial, karena jangan sampai kamu salah milih jenis kualitas film yang sama sekali tidak enak dinikmati.

Tentang jenis kualitas film yang enak dinikmati ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang sebenarnya sudah puas dengan kualitas film rendah. Ada juga yang memilih kualitas film sedang karena kuotanya tidak banyak tetapi tidak ingin ketinggalan cerita. Atau ada yang benar-benar bisa terpuaskan saat menonton film jika kualitasnya paling bagus.

Jenis kualitas film ini ada banyak sekali. Tetapi yang paling penting diketahui oleh para penikmat film adalah jenis kualitas film yang tentu saja dapat memberi kepuasan saat ditonton. Berikut jenis kualitas film yang bagus, enak dinikmati, dan dapat memberikan kepuasan saat ditonton yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020).

2 dari 6 halaman

Jenis Kualitas Film: BluRay/BRRip

Poster film Tersanjung The Movie. (Foto: Dok. Instagram @mvppictures_id)
Poster film Tersanjung The Movie. (Foto: Dok. Instagram @mvppictures_id)

Pada jenis kualitas film BluRay/BRRip ini memang menghasilkan gambar dan suara yang sangat bagus. Dalam arti gambar yang ditampilkan lebih detail. Sedangkan suara yang ditampilkan juga lebih jernih.

Tidak heran karena memang resolusi gambar yang dihasilkan sangat tinggi yaitu 1920x1080 (1080p) dan 1280x720 (720p). Sudah pasti juga ukuran file yang dihasilkan akan lebih besar. Film yang dihasilkan berasal dari penggandaan BR disc yang sudah beredar resmi di pasaran.

Selain itu sebelum mengunduh film jenis ini pastikan storage kalian besar. Karena jenis film kualitas ini membutuhkan storage besar.

Begitu juga dengan alat unduh yang akan digunakan. Pastikan PC atau Laptop atau Ponsel/ Smartphone yang digunakan berspesifikasi tinggi. Karena jika spesifikasi tidak terpenuhi maka gambar dalam film justru akan patah-patah dan tidak bisa ditonton. Jenis kualitas film ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang bisa sangat terpuaskan dengan kualitas film terbaik, jernih, tanpa cacat sedikitpun.

3 dari 6 halaman

Jenis Kualitas Film: WEBDL

Poster film Minions: The Rise of Gru. (Foto: Dok. IMDb/ Universal)
Poster film Minions: The Rise of Gru. (Foto: Dok. IMDb/ Universal)

Jenis kualitas film WEBDL ini menghasilkan kualitas gambar dan suara yang hampir setara dengan BlueRay/BRRip 720p. Resolusi yang tersedia juga ada 2 yaitu 1080p dan 720p.

Saat download atau melakukan streaming jenis film kualitas WEBDL ini biasanya akan muncul sebelum kualitas BluRay.

Jenis film kualitas ini biasa diunduh dari provider resmi dan disajikan secara online. Seperti dari Vidio.com, Netflix, iFlix, dan lainnya yang menyediakan siaran TV online.

4 dari 6 halaman

Jenis Kualitas Film: HDTV/ HDTVRip/ HDTC/ HDTS

Despicable Me
Despicable Me ialah film 3D animasi-komedi rilis tahun 2010

Jenis kualitas film HDTV/HDTVRip ini menghasilkan gambar dan suara yang hampir sama seperti WEBDL tetapi masih di bawah WEBDL. Biasanya jenis kualitas film ini lah yang sering digunakan oleh TV Kabel, TV Digital atau TV Satelit, dan TV online. Film-film seri juga sering menggunakan kualitas HDTV/ HDTVRip/ HDTC/ HDTS.

Jenis HDTVRip biasanya berasal dari film yang diekstrak dari sumber yang HD. Berasal dari internet maupun dari televisi yang kemudian diubah menjadi ukuran file film lebih kecil. Namun pengubahan ukuran menjadi lebih kecil ini tidak menghilangkan kualitas film aslinya. Kekurangan dari HDRip ini pada film yang memiliki hardsub atau subtitle film yang sudah permanen.

Jenis kualitas HDTC ini sedikit berbeda karena film yang dihasilkan hanya dari proses perekaman. Perekaman untuk penggandaan ini dilakukan menggunakan alat dari projector ke format digital. Alat ini biasa disebut dengan Telecine dalam kualitas HD.

5 dari 6 halaman

Jenis Kualitas DVDRip/ WEBRip

Poster film Parasite. (Foto: IMDb/ Barunson E&A)
Poster film Parasite. (Foto: IMDb/ Barunson E&A)

Jenis kualitas film DVDRip/ WEBRip ini menghasilkan gambar dan suara cukup bagus karena film ini murni diambil dari DVD original yang sudah resmi dirilis. Saat menonton film dengan jenis kualitas film ini sama dengan menonton dari kaset DVD.

Biasanya informasi dari DVD asli dan proteksi copy sudah dilumpuhkan oleh Ripper sehingga DVDRip ini mudah disebarluaskan. Penyebarluasan DVDRip ini biasanya dilakukan dalam bentuk SVCD dan DVD oleh penjual DVD bajakan atau bisa disebut dengan DivX/XviD.

Sedangkan untuk WEBRip kualitasnya masih sedikit di bawah DVDRip. Tetapi kualitas WEBRip ini yang akan sering dijumpai, karena jenis kualitas film ini biasa disediakan oleh situs yang menyediakan video streaming.

Nah untuk jenis WEBRip inilah yang cocok untuk kalian yang suka streaming dan download film menggunakan ponsel atau smartphone. Hal ini disebabkan karena kualitas dan resolusinya sesuai dan pas saat diputar dengan ponsel/ smartphone.

6 dari 6 halaman

Jenis Kualitas Film Terburuk

Kualitas CAM / HDCAM

Jenis kualitas film yang terburuk adalah kualitas CAM/ HDCAM. Hal ini karena gambarnya biasanya direkam melalui handycam di bioskop.

Kualitas gambarnya buram, terkadang ada kepala yang menghalangi kamera/ orang yang lewat dan tidak jarang gambarnya pun bergoyang. Sama halnya dengan gambarnya, suaranya pun masih buruk karena tanpa sengaja suara dari penonton yang sedang tertawa ketika kejadian lucu ikut terekam. Sedangkan kualitas HDCam adalah perbaikan dari kualitas CAM, jadi kualitas ini sedikit lebih bagus dibandingkan CAM.

Kualitas Telesync (TS)

TS merupakan kualitas film yang lebih baik dibandingkan CAM/HDCam, tetapi hanya pada bagian suara saja karena menggunakan audio recording di sumber suara yang terdapat di bangku penonton. Namun untuk gambarnya masih sama sama buruknya dengan kualitas CAM/ HDCAM.

Lanjutkan Membaca ↓