Sukses

Purwaniatun Meninggal, Ini 5 Fakta Sosoknya yang Kerap Perankan ART

Perwaniatun 'Si Mbok' aktris langganan peran ART di sinetron meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka sedang menyelimuti jagat hiburan Tanah Air. Salah satu aktris senior yang kerap memerankan sosok Asisten Rumah Tangga (ART), Purwaniatun meninggal dunia. Jenazah Purwaniatun ini saat berada di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (23/3/2020).

Kabar meninggalnya aktris Purwaniatun ini diketahui melalui kabar duka yang tersebar melalui pesan singkat di kalangan awak media.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ibunda kami Purwaniatun. Pada hari Senin tanggal 23 Maret 2020," isi pesan yang tersebar pada Senin (23/3/2020) siang.

Di dunia hiburan Tanah Air, sosoknya ikonik sebagai pemeran ART. Sudah banyak bermain FTV, Sinetron, hingga film yang ia bintangi dengan memerankan karaker ART. Kepergian Purwaniatun ini tentu menjadi kehilangan bagi pencinta sinetron.

Berikut 5 fakta sosok Purwaniatun yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Purwaniatun mengawali karier di dunia hiburan sejak 2004.

Purwaniatun atau lebih dikenal Mbak Pur, mengawali karier di layar kaca sejak 2004. Sudah hampir 15 tahun kariernya dari awal hingga kini saat tutup usia, sosok Mbak Pur ini selalu ikonik dengan perannya sebagai seorang ART.

Kesan ikonik ini didukung dengan logat bahasanya yang medok saat berbahasa Indonesia. Ia sendiri merupakan aktris kelahiran Surakarta.

3 dari 6 halaman

2. Dari FTV, Sinetron hingga Film, Purwaniatun selalu ikonik dengan peran ART.

Di dunia hiburan Tanah Air, sosok Purwaniatun ikonik sebagai pemeran ART. Meski dikenal dengan nama Mbak Pur, karakter ART yang diperankan oleh Purwaniatun dalam sejumlah sinetron pun memiliki nama yang berbeda-beda. Mulai dari Mbok Iyem hingga Bi Ijah pada Sinetron Monyet Cantik dan Serigala Ganteng pada 2019.

Dalam layar lebar ia pernah berperan dalam film horor dengan judul Sarang Hantu Jakarta yang tayang pada 2014. Salah satu FTV yang pernah ia perankan ialah pada program Kisah Nyata Ramadan, Anak Konglomerat Jadi Pembantu (2017).

4 dari 6 halaman

3. Purwaniatun merupakan sosok yang tegas dan sederhana.

Sosok Purwaniatun ini cukup memberi kenangan bagi Revalina S Temat. Ia pernah menceritakan sosok Purwaniatun yang telah berkarier bersama di layar kaca sejak 2004 dalam judul Dara Manisku, pada akun media sosial Instagramnya 3 Mei 2018.

"Pertama kali kenal waktu shooting bareng sinetron Dara Manisku tahun 2004. Sampe skrg ktm lg, Mba Pur ngga berubah. Tetep sederhana, tegas sama pemain yg 'ndablek'😅, stamina dan daya ingatnya msh cocok utk ukuran umur 64 thn." ungkap Revalina S Temat pada 3 Mei 2018.

5 dari 6 halaman

4. Purwaniatun merupakan sosok yang romantis dan setia.

Meski telah lama bergelut di dunia hiburan. Kehidupan pribadi Purwaniatun memang jarang diketahui. Kehidupan rumah tangganya ini sempat diceritakan oleh Revalina S Temat dalam keterangan Instagramnya, 3 Mei 2018.

Ia menyebut bahwa sosok Purwaniatun dan suami merupakan sosok pasangan yang setia dan romantis.

"tetap setia dianterin sm suami tercintanya yg beda 10 thn. Kisah cinta Mba Pur dan Bapak bikin meleleh, ngga pernah denger kisah cinta yg sangat romantis dan setia. Salut sama Mba Pur dan Bapak yg punya 4 anak dan jadi org semua," ungkapnya dalam keterangan Instagram, 3 Mei 2018.

6 dari 6 halaman

5. Belum diketahui penyebab kematiannya.

Purwaniatun tutup usia pada umur 67 tahun. Meski begitu hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab dari kematian Purwaniatun. Ia akan dikebumikan sore ini di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini