5 Fakta Andrea Dian Positif Virus Corona COVID-19, Ungkap Kondisi Ruang Isolasi

Oleh Novita Ayuningtyas pada 22 Mar 2020, 14:55 WIB
Diperbarui 22 Mar 2020, 14:55 WIB
Andrea Dian

Liputan6.com, Jakarta Andrea Dian dinyatakan positif COVID-19. Hal ini terungkap dari unggahannya di akun Instagram pribadinya pada Minggu (22/3/2020).

Istri Ganindra Bimo itu mengunggah foto dirinya mengenakan masker dengan caption panjang mengenai kronologi dan gejala yang ia rasakan sebelum dinyatakan positif corona.

Sebelumnya, aktor Tanah Air, Detri Warmanto juga dinyatakan positif corona. Hal ini diketahui setelah ia menjalani tes pada Minggu (15/3/2020) lalu.

Kabar Andrea Dian yang dinyatakan positif Corona tentu saja membuat banyak pihak cukup terkejut. Pasalnya, artis 34 tahun itu dikenal sebagai wanita yang rajin menjaga kesehatan tubuh dan aktif berolahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta Andrea Dian positif virus Corona COVID-19, Minggu (22/3/2020).

2 dari 6 halaman

1. Sempat Didiagnosis Demam Berdarah

[Fimela] Andrea Dian
(Instagram/andreadianbimo)

Sebelum dinyatakan positif terinfeksi corona, istri Ganindra Bimo ini sempat didiagnosis mengalami demam berdarah. Namun setelah dilakukan pemeriksaan ulang ternyata ditemukan flek di kedua paru-parunya. Akhirnya ia memutuskan untuk menjalani swab dan dinyatakan positif terjangkit virus Corona COVID-19.

"Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus COVID-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif COVID-19," tulis Dian dikutip dari akun Instagramnya, @andreadianbimo pada Minggu (22/3/2020).

3 dari 6 halaman

2. Ingatkan orang terdekatnya untuk lakukan pencegahan

Setelah mengetahui kondisi kesehatannya, Andrea Dian langsung mengingatkan orang-orang terdekatnya untuk lebih waspada dan melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona.

"Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang-orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar," terangnya.

4 dari 6 halaman

3. Diisolasi di rumah sakit

Andrea Dian kini tengah menjalani isolasi di salah satu rumah sakit rujukan pemerintah setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Ia juga menuturkan bahwa dirinya kini tengah menerima perawatan di sebuah ruangan dengan 5 pasien positif lainnya.

Dian mengaku dalam kondisi yang sangat baik untuk saat ini. Ia tak mengalami gejala kesehatan yang cukup serius.

"Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda. Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun," imbuh Dian.

5 dari 6 halaman

4. Beberkan kondisi ruang isolasi

[Fimela] Andrea Dian
(Instagram/andreadianbimo)

Tak hanya itu, istri Ganindra Bimo ini juga membeberkan kondisi ruang isolasi di rumah sakit tempatnya menjalani perawatan.

"Tapi di ruangan ini beberapa temen tidak dengan kondisi sebaik aku. Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu," ungkapnya.

Meski begitu, Dian juga mengungkapkan bahwa tenaga medis yang saat ini bekerja di rumah sakit tersebut masih sangat kewelahan menangani pasien yang membeludak.

"Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di kontainer," tambahnya.

6 dari 6 halaman

5. Berharap semua orang menjadi lebih peduli

Lebih lanjut Andrea Dian berharap semua orang menjadi lebih peduli dan melakukan tindak pencegahan secepat mungkin agar virus corona COVID-19 bisa segera berakhir. Ia juga berharap pihak yang berwenang bisa memberikan bantuan baik berupa peralatan yang layak maupun sistem penanganan yang jelas.

"Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓