6 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak, Baik untuk Pertumbuhan

Oleh Husnul Abdi pada 21 Mar 2020, 12:55 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 12:55 WIB
Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak
Perbesar
Ilustrasi membacakan dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak dapat meningkatkan tumbuh kembangnya. Hal ini tentunya juga merupakan salah satu cara yang baik untuk membuat anak senang membaca. Mengenalkan anak dengan bacaan sejak kecil baik untuk pertumbuhannya. 

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk membiasakan membacakan dongeng pada si kecil. Namun, kebiasaan baik membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur sekarang sudah mulai ditinggalkan. Padahal banyak sekali manfaat yang bsia didapatkan anak karenanya.

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak juga dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Hal ini tentunya terjadi karena komunikasi yang interaktif pada orang tua dan anak yang dapat menimbulkan kehangatan dalam hubungan keduanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/3/2020) tentang manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kecerdasan dan Membantu Proses Bicara

Sejuta Manfaat Dongeng bagi Anak
Perbesar
Ilustrasi buku dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat dongeng sebelum tidur yang pertama adalah dapat meningkatkan kecerdasan atau kemampuan berpikir. Saat kamu membacakan satu dongeng, anak akan belajar memahami dan menghafal setiap kata yang kamu sampaikan.

Informasi yang diterima anak juga dapat membantu mengembangkan sisi kreatif otaknya karena ia akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal ini tentu akan membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas tentang banyak hal.

Membantu Proses Bicara dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Manfaat dongeng sebelum tidur selanjutnya adalah membantu proses bicara anak. Membaca mampu merangsang pengembangan otak anak. Anak akan mulai belajar tentang suara, bunyi, kata, dan juga kalimat saat menerima informasi ketika kamu mendongeng.

Oleh karena itu, anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan cerita sejak dini biasanya cenderung lebih cepat bisa berbicara dan menyampaikan keinginnnya. Dengan kata lain, manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak dapat membuatnya lebih mudah berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

3 dari 4 halaman

Memperbanyak Kosakata dan Memperkenalkan Bentuk Objek

Ilustrasi Mendongeng
Perbesar
Ilustrasi mendongeng (dok. Pixabay.com/Tumisu/Putu Elmira)

Memperbanyak Kosakata

Manfaat dongeng sebelum tidur tentunya juga dapat memperbanyak kosakata anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang sudah diajarkan membaca sejak bayi akan memiliki kosakata yang lebih banyak dan kemampuan berhitung yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak diajarkan membaca sejak kecil

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa semakin banyak kata yang anak dengar saat kamu mendongeng, maka semakin baik pula kemampuan bahasa mereka kelak.

Semakin anak bertambah usia, ia akan semakin lancar untuk berbicara dan berbahasa. Pasalnya, otaknya akan terus dirangsang untuk memperkaya kata dan gaya bahasa yang berbeda-beda.

Memperkenalkan Bentuk Objek

Selain itu, kamu juga dapat memperkenalkan bentuk objek baru sebagai salah satu manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak. Pada anak yang masih bayi, matanya akan lebih fokus melihat pola-pola sederhana dalam buku cerita yang kamu tunjukkan.

Tentunya dengan mendongeng, secara tidak langsung kamu akan memperkenalkan bentuk objek, kata, dan berbagai macam warna sejak dini.

Kamu bisa memilih buku sederhana namun isi di dalamnya terdapat banyak bentuk karakter dan dihiasi dengan beragam warna cantik. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk melirik dan menikmatinya.

4 dari 4 halaman

Membantu Anak dalam Mengolah Emosi dan Mempererat Ikatan

Ilustrasi Mendongeng
Perbesar
Ilustrasi Mendongeng

Membantu Anak dalam Mengolah Emosi

Membuat anak lebih mampu mengolah emosinya juga merupakan salah satu manfaat dongeng sebelum tidur. Hal ini didapatkannya saat memerhatikan kamu dalam menyampaikan emosi tiap tokoh dalam dongeng tersebut dengan suara dan ekspresi wajah yang berbeda.

Berbagai ekspresi bahagia, marah, takut, malu, dan lain-lain membuat anak belajar bagaimana cara meluapkan perasaan-perasaan tersebut. Anak yang mampu meluapkan perasaannya cenderung lebih mungkin untuk mengolah emosinya dengan bijak.

Mempererat Hubungan Anak dan Orang tua

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics menyebutkan bahwa membangun kebiasaan membacakan dongeng untuk anak sejak dini akan mempererat hubungan kamu dengan buah hati.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat dongeng sebelum tidur untuk anak juga merupakan cara yang efektif untuk menghabiskan waktu bersamanya. Hal ini dapat membuat ikatan orang tua dan anak semakin erat.

Proses komunikasi yang interaktif antara orangtua dan anak biasanya akan terjalanin, sekalipun ia masih bayi saat kamu membacakan dongeng. Tanpa kamu sadari, hal tersebut memunculkan kehangatan antara kedua belah pihak.

Suara orangtua yang setiap hari didengarkan anak juga akan membuatnya merasa diperhatikan dan dicintai. Hal inilah yang membuat hubungan kamu dengan anak semakin terasa dekat.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓