12 Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah yang Bikin Ngiler

Oleh Selma Intania Hafidha pada 19 Mar 2020, 17:40 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 17:40 WIB
12 Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah yang Bikin Ngiler

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas daerah Sulawesi Tengah terkenal dengan rasanya yang pedas dan asam. Wisatawan dapat meinkmati indahnya panorama alam Sulawesi Tengah dengan sajian makanan yang menggugah selera. Selain memanjakan mata, Sulawesi Tengah juga dapat memanjakan lidah para pengunjung. Rasa asam dan pedas yang terkenal pada makanan khas Sulawesi Tengah dapat membangkitkan semangat liburan wisatawan ketika berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah atau biasa disingkat Sulteng adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi Sulawesi Tengah adalah Palu. Sulawesi Tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi.

Memiliki wilayah terluas, Sulawesi Tengah terus berupaya untuk menyajikan tempat wisata indah yang kemudia dapat dijadikan sebagai ciri khas dari daerah tersebut dan tentunya mengutamakan untuk selalu menyajikan makanan khas daerah Sulawesi Tengah kepada pendatang.

Setiap daerah mempunyai makanan khas daerahnya masing-masing, begitu pula dengan Sulawesi Tengah. Makanan khas daerah Sulawesi Tengah memiliki ciri khasnya masing-masing yang bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung mencicipi makanan khas daerah tersebut. Salah satu bahan makanan yang terkenal di daerah Sulawesi Tengah yakni sagu. Sagu dapat diolah menjadi beragam makanan dan camilan yang lezat.

Pedas dan asam yang menjadi ciri khas makanan Sulawesi Tengah dapat membuat para pendatang menjadi betah dan selalu ingin mengunjungi daerah tersebut sebagai tujuan liburan. Makanan khas selalu menjadi sesuatu yang utama untuk dicoba ketika berkunjung ke suatu daerah, tak terkecuali dengan makanan khas daerah Sulawesi Tengah.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber 12 makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang bikin ngiler.

2 dari 5 halaman

Ragam Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah

12 Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah yang Bikin Ngiler
Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah. (Sumber: jejakpiknik.com)

Bagi kamu pecinta kuliner dan memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan wisata kuliner, mencoba berkunjung ke daerah Sulawesi Tengah dan mencoba makanan khas daerah Sulawesi Tengah bisa dijadikan pilihan lho!

1. Kaledo

kaledo merupakan salah satu makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang bisa kamu coba. Kaledo atau kaki lembu Donggala adalah makanan yang mirip seperti sop buntut, dan disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi. Namun, menurut beberapa orang lainnya, kaledo berasal dari bahasa Kaili yang merupakan bahasa penduduk palu. Ka artinya keras dan Ledo artinya tidak.

Jadi, kaledo memiliki arti "tidak keras". Kaledo diolah menggunakan rempah-rempah khas sehingga menyajikan makanan yang dapat menggugah selera pecinta kuliner. Bagi pecinta makanan sop buntut, kalian bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini.

2. Duo Sale

Bagi kalian pecinta sambal, makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini bisa kalian coba ketika berkunjung ke daerah tersebut. Duo sale merupakan kuliner khas Palu, terbuat dari ikan teri yang dikeringkan dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan juga tomat. Bagi kalian pecinta makanan pedas manis, Duo sale yang mirip dengan makanan sambal goreng, dan menyajikan cita rasa pedas manis ini, menarik untuk dicoba oleh para pengunjung Sulawesi Tengah.

3. Uta Kelo (Sayur Daun Kelor)

Kelor merupakan sejenis sayuran yang hanya bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Makanan berkuah satu ini terbuat dari daun kelor yang kemudian dimasak dengan santan, potongan ikan, dan pisang kepok. Makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini menyajikan cita rasa yang dapat menggugah selera para pecinta kuliner.

3 dari 5 halaman

Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah

lemper
Tips agar lemper lebih tahan lama./Copyright shutterstock.com

4. Palumara

Palumara merupakan makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang bisa dicoba untuk kamu pecinta seafood atau makanan laut. Palumara adalah sejenis sup ikan laut yang terbuat dari ikan laut khas daerah Sulawesi Tengah dan dimasak menggunakan rempah-rempah rahasia yang bisa memikat hati dan menambah nafsu makan para pecinta kuliner juga pengunjung wisata daerah Sulawesi Tengah.

5. Lalampa

Makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini sekilas mirip dengan lemper. Namun yang membedakan adalah isiannya. Lemper yang sering dijumpai menggunakan ayam sebagai isiannya, sedangkan lalampa isiannya menggunakan ikan cakalang dan dimasak dengan cara dibakar. Pengolahan dengan cara dibakar membuat aroma lalampa ini dapat menggugah selera makan para pengunjung dan pecinta kuliner untuk mencicipi makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini.

6. Labia Dange (Sagu Dange)

Makanan khas Sulawesi tengah terkenal dengan bahan utamanya menggunakan sagu. Salah satu camilan atau makanan khas daerah Sulawesi tengah yang menggunakan sagu yakni Labia Dange (Sagu Dange). Camilan Sulawesi Tengah satu ini dimasak menggunakan wajan dan tungku tanah liat. Biasa disantap dengan olahan gula merah atau dengan ikan, makanan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang lezat.

4 dari 5 halaman

Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah

Binte Biluhuta atau Milu Siram khas Gorontalo
Binte Biluhuta atau Milu Siram khas Gorontalo

7. Milu Siram

Milu siram adalah salah satu makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang harus dicicipi oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke daerah tersebut. Makanan ini berasal dari jagung muda yang biasa juga disebut dengan binte biluhuta. Bahan utama milu siram yakni menggunakan jagung yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti ikan atau udang. Milu siram memiliki beberapa varian rasa seperti pedas, asin, dan manis sehingga bisa disesuaikan dengan selera pengunjung. Milu siram dipercaya ampuh untuk menghancurkan kolestrol jahat yang ada pada tubuh.

8. Onyop

Makanan khas daerah Sulawesi Tengah satu ini memiliki cita rasa pedas dan asam. Onyop berbahan dasar sagu yang diuleni, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Makanan khas daerah Sulawesi Tengah ini memiliki tekstur kenyal dan dimakan bersama dengan kuah asam ikan. Kuah onyop ini memberikan rasa pedas asam yang segar. Rasa asam diperoleh dari irisan lemon yang diperas di kuah ikan yang kemudian disajikan dengan onyop yang berbahan dasar sagu.

9. Tinutuan

Tinutuan atau nama lainnya adalah bubur manado adalah salah satu makanan khas daerah Sulawesi Tengah. Tinutuan mirip dengan bubur pada umumnya. Hanya saja, tinutuan memiliki isian sayuran yang melimpah sehingga bubur ini lebih sehat. Tinutuan biasanya dikonsumsi di pagi hari sebagai menu saat sarapan. Bagi kalian yang tidak suka mengonsumsi sayur, tinutuan ini bisa menjadi alternatif untuk membantu menambah asupan sayuran dalam tubuh kamu.

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Daerah Sulawesi Tengah Lainnya

[Bintang] Yuk, Ketahui Makanan Favorit Para Pahlawan!
Nasi jagung makanan kesukaan Bung Karno| via: kaskus.co.id

10. Kapurung

Kuliner yang berbahan dasar sagu satu ini menarik untuk dicoba bagi kamu pecinta kuliner. Sagu yang telah dimasak kemudian disiram dengan kuah kuning yang terbuat dari kaldu ikan, sayuran, irisan mangga, dan juga daging udang yang membuat makanan khas daerah Sulawesi Tengah terasa sangat gurih.

11. Nasi Jagung

Nasi jagung merupakan salah satu makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Nasi jagung terbuat dari biji jagung yang sudah tua, kemudian ditumbuk kasar hingga menjadi sebesar biji beras. Setelah itu halus, biji jagung kemudian dicampur dengan beras dan dikukus menggunakan kukusan dari bambu.

12. Saraba

Selain makanan khas daerah Sulawesi Tengah, Sulawesi Tengah juga menyajikan minuman khas yang bisa dicoba oleh para pengunjung yang berwisata ke daerah tersebut. Saraba adalah minuman khas daerah Sulawesi Tengah yang memiliki rasa menyerupai wedang jahe. Saraba yang disajikan dalam keadaan hangat dan ditambah susu kental manis dapat menambah kenikmatan minuman tersebut.

Itulah beberapa makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang menarik untuk dicoba.

Lanjutkan Membaca ↓