Sukses

50 Kata Bijak Kematian yang Penuh Makna Sebagai Pengingat

Kata bijak kematian menjadi pengingat kita untuk selalu mengingat mati.

Liputan6.com, Jakarta Kata bijak kematian menjadi pengingat kita untuk selalu mengingat mati. Hidup dan mati ada di genggaman illahi, tak tidak ada seorang pun yang bisa menghindar dari kematian yang sudah ditakdirkan Allah SWT. Kematian adalah suatu hal yang dekat dengan kita sendiri, sangat dekat. kematian tidak memandang usia, jabatan, paras, waktu, dan lain sebagainya. Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi kapan kematian akan mengampiri setiap orang. 

Kematian datang secara tiba-tiba, yang hanya bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri dengan amalan-amalan yang dapat membantu kita kelak ketika sudah tidak ada di dunia. Kata bijak kematian bisa dijadikan pengingat agar kita selalu mengingat kematian setiap hari, bahkan setiap hembusan nafas. Tugas kita di dunia hanya menunggu waktu kapan akan dipanggil untuk menghadap sang pecipta, sang pemilik bumi dan langit.

Ibnu Umar RA berkata, "Aku datang menemui Nabi Muhammad SAW bersama 10 orang, lalu salah seorang Anshar bertanya, siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia wahai Rasulullah? Nabi menjawab, orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan." (HR Ibnu Majah). Kata bijak kematian bisa membantu kita untuk selalu mengingat tentang kematian.

Kata bijak kematian juga bisa didapatkan dari sabda Nabi SAW, salah satunya yakni Nabi bersabda: "Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan (yakni kematian)". Dalam hadits lain nabi bersabda, "Manfaatkan Lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) tentang 50 kata bijak kematian yang menyentuh hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ragam Kata Bijak Kematian yang Menyentuh

Kata bijak kematian selalu membuat hati menjadi tersentuh. Kata-kata bijak tersebut mengingatkan kita tentang kematian yang selalu menghampiri siapa saja dan tidak memandang waktu kapan kematian itu akan menjemput.

1. Jadikan kematian itu hanya pada badan karena tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur senantiasa menanti kedatanganmu setiap masa. (Abu Hamid Al-Ghazali)

2. Kematian adalah jembatan yang menghubungkan orang yang mencintai dengan yang dicintainya. (Jalaluddin Rumi)

3. Kematian terkadang merupakan kritik terhadap kehidupan. (Emha Ainun Nadjib)

4. Sehebat apa pun kau rasa profesimu, tidak ada yang istimewa. Kita semua sama-sama bernapas dan berdarah. Hari ini menggenggam kehidupan, esok mungkin menggenggam kematian. (Fiersa Besari)

5. Hal yang paling jauh dari kita adalah waktu, yang paling dekat adalah kematian, yang paling berat adalah amanah. (Dian Nafi)

6. Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati. (Bacharuddin Jusuf Habibie)

7. Kematian, adalah peristiwa tercepat, yang menjadikan segala tinggal sejarah. (Asma Nadia)

8. Kematian adalah puncak. Tuntasnya kerinduan seorang hamba kepada Rabb-nya. (Asma Nadia)

9. Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian. (Q.S Ali Imran: 185)

10. Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meskipun kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kokoh.(Q.S An-Nisa’: 78)

3 dari 6 halaman

Kata Bijak Kematian yang Menyentuh

11. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah, dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali.(Q.S Al-Baqarah: 156).

Kata bijak kematian yang tercantum dalam Al-Quran bisa dijadikan pengingat bahwa hanya kepada Allah semua makhluk yang bernyawa akan kembali.

12. Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya. (Ibn al-Qayyim)

13. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.(Q.S Al-A’raf: 162)

14. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(Q.S Luqman: 34)

15. Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walaupun sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita. (Ali Mustafa Tanthowi)

16. Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu.(Imam Syafi’i)

17. Kematian tidaklah menunggu kita bertaubat, tapi kitalah yang menunggu kematian dengan bertaubat.

18. Hari ini dunia adalah nyata, akhirat hanya cerita. Tapi setelah mati, dunia hanya cerita, akhirat jadi nyata.

19. Ada masa di mana tanah menjadi tempat pembaringannya, ulat menjadi temannya, munkar dan nakir menjadi tamunya, kuburan menjadi tempat tinggalnya, perut bumi menjadi tempat menetapnya, surga atau neraka menjadi tempat kembalinya.

20. Orang yang tidur tidak akan tahu kalau dirinya sedang bermimpi kecuali setelah bangun, begitu juga orang yang lalai akan akhirat tidak akan tahu kalau dirinya sedang menyia-nyiakan amal akhirat kecuali setelah datangnya kematian.

4 dari 6 halaman

Kata Bijak Kematian yang Menyentuh

21. Jodoh itu misteri, namun kematian itu pasti. Jangan terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk pujaan hati, tapi malah lupa mempersiapkan diri untuk mati.

Jodoh dan kematian adalah dua hal yang menjadi rahasia Allah. Namun kematian adalah suatu hal yang tidak bisa disangka-sangka. Kata bijak kematian sedikit banyak akan mengingatkan kita tentang kematian.

22. Janganlah kalian menginginkan mati karena suatu bahaya yang menimpanya. Jika memang ia benar-benar ingin melakukannya maka katakanlah, “Ya Allah, hidupkan aku jika memang hidup itu lebih baik untukku. Dan matikanlah aku jika memang mati itu lebih baik untukku.” (HR. Bukhari)

23. Kematian adalah hal yang menyakitkan tapi kematian itu pula yang dapat merubah orang lain.

24. Rasa takut pada kematian lebih buruk daripada kematian itu sendiri.

25. Kematian adalah kehidupan, dialah jantung keabadian gerbang penentuan kebaikan dan keburukan. Kebahagiaan dan penderitaan.

26. Jangan menunggu tua baru bertobat. Karena kematian menjemput tidak mengenal waktu.

27. Lebih banyak orang menghadapi kematian di atas tempat tidur, daripada orang yang mati di atas pesawat. Tetapi kenapa lebih banyak orang yang takut mati ketika menaiki pesawat, daripada orang yang takut menaiki tempat tidur. (Buya Hamka)

28. Kematian adalah untuk berhenti melakukan dosa secara tiba tiba.

29. Kita terlahir dengan satu cara, namun kematian menjemput dengan berbagai cara.

30. Hidup tanpa melakukan apapun, sama saja dengan kematian yang datang perlahan.

5 dari 6 halaman

Kata Bijak Kematian yang Menyentuh

31. Kata bijak dari Mahatma Gandhi selalu dijadikan pengingat. Salah satu kata bijak Mahatma Gandhi adalah kata bijak kematian yang berbunyi "Hiduplah seakan-akan kamu mati besok. Belajarlah seakan akan kamu hidup selamanya." (Mahatma Gandhi)

32. Bagi dunia, mungkin Kamu adalah miliarder, selebriti atau tokoh penting lainnya. Namun, bagi Malaikat Maut, Kamu tidak lain hanyalah nama yang telah terdaftar

33. Maut bisa datang kapan saja. Agar bisa meninggal dalam keadaan baik, maka kita senantiasa harus hidup secara baik.

34. Pada akhirnya semua akan menemukan yang namanya titik jenuh dan pada saat itu kembali adalah yang terbaik. Kepada siapa?! Kepada Dia pastinya . Bismika Allahumma Ahya wa bismika amut. (Ust. Jefri Al-Bukhori)

35. Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup.

36. Perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan-kenikmatan dunia, yaitu kematian.

37. Kehidupan tanpa para sahabat seperti kematian tanpa para saksi.

38. Setelah kematian menjemput, musnahlah segala apa yang kita miliki di dunia ini. Hanya amal kebaikan yang dapat dibanggakan.

39. Hidup ini seperti buku. Cover depan adalah tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal kematian. Tiap lembar adalah hari-hari dalam hidup kita.

40. Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan menjemput kita, namun yang pasti kita tahu berapa banyak bekal yang kita miliki untuk menghadapNya.

6 dari 6 halaman

Kata Bijak Kematian yang Menyentuh Lainnya

41. Janganlah mendambakan kecantikan fisik, karena itu akan pudar oleh waktu. Kecantikan perilaku tidak akan pudar, walaupun oleh kematian.

Seseorang seringkali lupa bahwa kecantikan fisik tidak akan dibawa mati. Mengingat kematian dari kata bijak berikut mengingatkan kita bahwa Kecantikan perilaku tidak akan pudar, walaupun oleh kematian.

42. Tak ada yang lebih penting dalam hidup ini kecuali mempersiapkan amal ibadah, niscaya kau akan bersedih ketika mengingat kematian.

43. Apabila kita tidak mengetahui kehidupan, bagaimana bisa kita mengetahui kematian?

44. Bahwa jika bahagia dijadikan tema utama kehidupan, kita bisa kehilangan ia setelah kematian. (Salim A. Fillah)

45. Dalam hidup ini tidak ada yang pasti, kecuali kematian dan pajak. (Benjamin Franklin)

46. Jika bisa memaknai setiap napas hidup, kematian hanyalah sebuah lonceng untuk waktu yang telah tiada. (Iwan Setyawan - Penulis Indonesia)

47. Kesenangan adalah tanda bahwa kematian mulai meraba jiwa manusia. (Pramoedya Ananta Toer)

48. Tidak ada yang bisa terjadi lebih indah daripada kematian. (Walt Whitman)

49. Semua yang ada di bumi itu akan binasa (QS. Ar-Rahman:26)50. Malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan. (QS. As-Sajadah:11)

Itulah beberapa kata bijak kematian yang bisa dijadikan pengingat bahwa kematian akan selalu datang tanpa disadari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini