Cara Mencegah Virus Corona, Kenali Penularan dan Gejalanya

Oleh Husnul Abdi pada 18 Mar 2020, 09:40 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 09:40 WIB
Cara Mencegah Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah Virus Corona harus benar-benar diperhatikan setiap orang. Pasalnya, infeksi Virus Corona yang disebut COVID-19 ini telah menyerang ribuan orang di berbagai belahan dunia dan menelan banyak korban jiwa. Pertama kali terjadi di kota Wuhan, China, sekarang Virus Corona juga telah ditemukan di Indonesia.

Virus yang disebabkan oleh Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV) ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta. Virus ini dapat menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penyakit ini termasuk golongan yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Cara mencegah Virus Corona tentunya dilakukan dengan senantiasa menjaga kesehatan kamu. Berbagai cara seperti mencuci tangan dengan benar hingga menggunakan masker dapat menghindarkan kamu dari Virus Corona ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) cara mencegah virus corona dan penularannya.

2 dari 4 halaman

Penularan Virus Corona dan Gejalanya

Penularan Virus Corona dan Gejalanya
ilustrasi Virus Corona /copyright by leungchopan (Shutterstock)

Penularan Virus Corona dapat terjadi dengan mudah dari manusia ke manusia. Karena itulah, berbagai upaya seperti lockdown hingga social distancing diterapkan beberapa negara. Cara mencegah Virus Corona tentunya perlu benar-benar diperhatikan dan diterapkan.

Penularan Virus Corona ini bisa melalui beberapa cara, yang pertama seseorang bisa tertular jika tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19. Cara kedua, seseorang bisa tertular jika memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh atau memegang benda yang terkena air liur penderita Covid-19.

Misalnya, jika seseorang yang terinfeksi Virus Corona bersin di tangan mereka kemudian menjabat tangan kamu, maka kamu tidak akan tertular virus tersebut. Tetapi, jika setelah itu kamu menyentuh mulut, mata, atau hidung, kemungkinan virus itu bisa masuk ke dalam tubuh.

Gejala Virus Corona sendiri dapat menyebabkan seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Bila kamu mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir baru saja bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segera periksa ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Virus corona ini bisa mengancam siapa saja dan khususnya sangat berbahaya pada orangtua, serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh lemah. Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang remeh penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Virus Corona

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Mencuci Tangan dengan Benar

Cara mencegah Virus Corona yang pertama adalah mencuci tangan dengan benar. Cara ini mungkin sangat sederhana, namun sangat efektif dalam mencegah virus corona atau COVID-19 ini.

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika kamu tidak menemukan air dan sabun di dekatmu, kamu juga bisa mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, atau berpergian, serta setelah batuk dan bersin. Bagi kamu yang memiliki bayi, kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui atau memerah ASI.

Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu cara mencegah Virus Corona yang sangat penting. Kamu dapat mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, hingga makanan berprotein seperti telur, ikan, hingga daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan Virus Corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau untuk menjaga keamanan pangan dengan mencuci dahulu makanan mentah yang akan dimasak, menggunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk daging mentah dan makanan yang dimasak.

Selain itu, hewan yang sakit dan hewan yang telah mati karena penyakit tidak boleh dimakan. Bahkan WHO juga menyebutkan di daerah yang mengalami wabah, daging dapat dikonsumsi dengan aman jika dimasak dengan matang dan benar.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Virus Corona

perempuan memakai masker
ilustrasi memakai masker/copyright by Shutterstock

Menggunakan Masker Bedah atau N95

Cara mencegah Virus Corona berikutnya adalah menggunakan masker. Ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Penggunaan masker ini bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona.

Selain itu, setelah melepas masker, jangan lupa untuk kembali mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

Hindari Daerah Terjangkit dan Kontak dengan Hewan

Cara mencegah Virus Corona selanjutnya adalah dengan menghindari daerah terjangkit dan kontak dengan hewan. Kamu harus mengurungkan niat untuk pergi ke daerah-daerah yang telah mengalami wabah Corona ini, seperti Tiongkok, Italia, dan negara-negara terjangkit lainnya.

Tindakan terbaik adalah untuk diam di rumah dan tidak keluar rumah terlebih dahulu selama masa-masa masih merebaknya penularan virus ini.  

Selain itu, kamu juga harus menghindari kontak dengan hewan-hewan yang berpotensi menularkan Virus Corona ini. Coronavirus jenis baru ini diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil.

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Lanjutkan Membaca ↓