Nikmatnya Jadi Generasi Cashless: Hidup Lebih Simpel dan Cegah Corona, Kok Bisa?

Oleh Gilar Ramdhani pada 16 Mar 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 19:00 WIB
Nikmatnya Jadi Generasi Cashless

Liputan6.com, Jakarta Konsep hidup minimalis belakangan ini lagi jadi tren di kalangan kaum kekinian. Berasal dari Jepang, gaya hidup ini mengajarkan untuk hidup simpel dengan minim barang. Gaya hidup ini bisa diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Salah satunya, awali dengan membawa dompet tipis saat keluar rumah dan jadilah bagian dari cashless society.

Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari menjadi bagian dari generasi cashless. Nggak hanya hidup lebih simpel dan hemat, transaksi secara digital juga bisa meminimalisir penyebaran penyakit seperti Corona. Kok bisa? Penasaran kan? Yuk, bahas satu per satu!

2 dari 5 halaman

Minim uang tunai di dompet mengurangi keinginan buat belanja

Nikmatnya Jadi Generasi Cashless
©Shutterstock.

Kebanyakan orang yang menerima gaji akan langsung buru-buru ke ATM untuk menarik uang tunai dan langsung masuk ke dalam dompet. Sambil membawa dompet tebal penuh dengan uang, niatnya sih hanya berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Tapi nyatanya, kamu lebih gampang tergoda untuk membelanjakannya untuk barang-barang yang sebenarnya kurang penting. Apalagi kalau pergi ke mall bareng teman atau pasangan yang juga hobi belanja dan bikin uang ludes dengan mudahnya. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah, tak perlu bawa banyak uang tunai dan beralih ke metode pembayaran yang dapat membantumu menghemat pengeluaran.

3 dari 5 halaman

Manfaatkan dompet digital seperti DANA yang bikin hidup lebih simpel dan minimalis

Nikmatnya Jadi Generasi Cashless
©Shutterstock.

Biar nggak tergoda belanja berlebihan, nggak ada salahnya untuk mengosongkan dompet dan menggantinya dengan dompet digital. Cukup bawa smartphone dengan aplikasi DANA yang sudah ter-install di dalamnya. Manfaatkan kemudahan transaksi dengan DANA QRIS yang bisa bikin proses pembayaran jadi makin simpel. Kamu juga bisa scan QRIS apa saja menggunakan aplikasi DANA di berbagai offline merchant.

Selain itu, kamu juga bisa move on dari top up dengan memanfaatkan fitur Simpan Kartu Bank di DANA. Nggak harus bawa banyak uang yang dapat meningkatkan risiko kehilangan atau dicuri, juga deretan kartu kredit maupun kartu debit. Fitur lain juga nggak kalah bikin hidup lebih mudah. Kamu bisa minta uang dan kirim uang semudah kirim chat, bayar berbagai tagihan bulanan, hingga memanfaatkan fitur Split Bill buat patungan saat makan bareng teman. Nggak ada lagi yang namanya ribet, pakai DANA semua kebutuhan transaksi bisa terakomodasi dengan lebih simpel.

4 dari 5 halaman

Lebih teliti saat belanja atau jajan

Nikmatnya Jadi Generasi Cashless
©Shutterstock.

Belanja fashion items terbaru atau jajan kopi kekinian rasanya jadi agenda wajib untuk menghilangkan stres. Tapi terlalu sering melakukannya pun kurang baik buat kondisi finansial mu. Teguhkan niatmu untuk menjajal konsep hidup minimalis, mulailah dengan mengutamakan barang-barang yang memang dibutuhkan.

Selain itu, agar dapat menghemat pengeluaran, jangan ragu untuk cek promo yang sedang berlangsung di DANA. Mulai dari diskon belanja bulanan, cashback di resto favorit, hingga penawaran menarik yang sayang banget kalau dilewatkan. Untuk cek promo yang sedang berlaku tinggal klik menu Promos For You yang ada di laman terdepan dompet digital ini untuk mengetahui diskon hingga cashback yang berlaku.

5 dari 5 halaman

Jadi cashless generation bantu cegah penyebaran virus

Seiring dengan semakin meluasnya penyebaran Corona yang kini statusnya sudah menjadi pandemik dunia, organisasi kesehatan dunia WHO memberikan himbauan resmi sebagai upaya pencegahan kepada masyarakat. Salah satu poin yang jadi seruan WHO adalah mempertimbangkan penggunaan transaksi non tunai untuk meminimalisir pertukaran kuman dan virus yang ada pada uang kertas. Hal ini sekaligus sebagai upaya pencegahan penyebaran virus yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

DANA Dompet Digital Indonesia juga ikut berperan melakukan edukasi tentang manfaat transaksi secara digital kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya dari menekan penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas, sekaligus menjamin keamanan transaksi dimanapun dan kapan pun.

Nikmatnya Jadi Generasi Cashless
©Instagram/dana.id

Dengan menggunakan dompet digital seperti DANA, transaksi nggak hanya berlangsung dengan lebih praktis, tapi juga meminimalisir kontak fisik dengan uang kertas yang sudah berpindah tangan dan tidak diketahui kebersihannya. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Simpan Kartu Bank di DANA untuk memaksimalkan pengalaman transaksi.

Bukan hanya tak perlu top up saldo lagi, dengan menyimpan kartu debit atau kredit di aplikasi DANA, hal ini juga menjadi upaya pencegahan kontak fisik dengan pihak lain saat proses transaksi dengan mesin EDC. Gimana, hidup minimalis dengan DANA ada banyak manfaatnya, kan? Cari tahu informasi tentang DANA selengkapnya dengan klik di sini.

 

 

Penulis: Wuri Anggarini

Lanjutkan Membaca ↓