Bacaan Qunut Nazilah Lengkap dan Artinya, Doa Penangkal Musibah

Oleh Husnul Abdi pada 16 Mar 2020, 18:50 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 18:50 WIB
Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)

Liputan6.com, Jakarta Doa Qunut Nazilah merupakan sebuah amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan saat umat Islam menghadapi persoalan keamanan, pertanian, bencana alam, bencana kemanusiaan, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menangkal musibah seperti Virus Corona.

Di tengah wabah virus corona atau COVID-19 yang sudah masuk ke Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat Islam untuk melakukan Qunut Nazilah ini. Umat Islam memang dianjurkan membaca Doa Qunut Nazilah ketika ditimpa musibah, seperti wabah corona saat ini, meskipun tidak berada di lokasi musibah.

Doa Qunut Nazilah disunnahkan dilafalkan pada salat lima waktu, dari shubuh sampai isya. Bacaan Doa Qunut Nazilah dilafalkan keras saat salat subuh, maghrib, dan isya, sedangkan saat salat zuhur dan ashar dibaca lirih.

Bacaan qunut nazilah disesuaikan dengan musibah yang menimpa umat Islam. Doa tersebut dilafalkan dalam bahasa Arab yang intinya memohon kepada Allah SWT agar musibah tersebut segera diangkat dan berakhir.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020) bacaan doa Qunut Nazilah dan artinya yang wajib diketahui umat Islam.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Artinya

Bacaan Doa Qunut Nazilah
Bacaan Doa Qunut Nazilah (Ilustrasi: AboutIslam.net)

Bacaan Doa Qunut Nazilah merupakan salah satu amalan atau doa yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam saat ditimpa musibah. Sebenarnya, qunut nazilah ini tidak berbeda dengan bacaan doa qunut subuh. Namun pada qunut nazilah, dapat ditambahkan sesuai kepentingan yang berkaitan dengan musibah yang terjadi.

Contohnya saja seperti dalam masalah saat ini, ketika merebaknya wabah virus corona. Kita bisa memohon kepada Allah SWT agar virus tersebut segera berakhir dan kesehatan kita senantiasa terjaga. Doa Qunut Nazilah ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib yang lima waktu atau saat posisi kamu yang sedang melakukan sholat masih berdiri dalam gerakan I’tidal.

Berikut bacaan Doa Qunut:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut Nazilah Tambahan

Bacaan Doa Qunut Nazilah
Bacaan Doa Qunut Nazilah / Sumber: iStockphoto

Selain doa qunut subuh, pada qunut nazilah ini ada baiknya menambahkan dengan doa qunut yang dibaca Sayyidina Umar dan Ibnu Umar RA.

Berikut bacaan Doa Qunut Nazilah dan artinya:

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya:

“Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Itulah Doa Qunut Nazilah yang bisa kamu amalkan setiap harinya agar terhindari dari musibah termasuk virus corona. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓