Manfaat Puasa Rajab 10 Hari Serta Tata Cara dan Bacaan Niatnya

Oleh Selma Intania Hafidha pada 13 Mar 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 13:35 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-2, 18 Mei 2018
Perbesar
Biar nggak telat, ini jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa hari ke-2, 18 Mei 2018. (Ilustrasi: AboutIslam.net)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat puasa rajab 10 hari salah satunya yakni dapat meningkatkan keimanan kita terhadap Allah SWT. Puasa Rajab merupakan puasa yang kita tunaikan di Bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa atau bulan haram (mulia) setelah bulan Ramadhan.  Selain bulan Rajab ada beberapa bulan haram (mulia) lainnya yakni bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Muharram.

Bulan Rajab merupakan salah satu diantara empat bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt, yang disebut dengan "Asyhurul Hurum," sebagaimana tersebutkan dalam Al Qur'an:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu menciptakan langit dan bumi diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertakwa (QS. At-Taubah:36).

Dalam surat At-Taubah ini sudah dijelaskan terdapat empat bulan haram dan salah satunya adalah bulan Rajab, Allah memerintahkan kita untuk memerangi kaum musyrikin dan Allah beserta orang-orang yang bertakwa. Untuk itu, dengan melaksanakan puasa rajab akan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dan merupakan salah satu manfaat puasa rajab 10 hari.

Tiga bulan berurutan, yaitu Dzulqoidah, Dzulhijjah dan Muharrom dan yang satu berpisah yaitu bulan Rajab. Ditambah dengan puasa di bulan Rajab, Anda bisa mendapatkan pahala dan manfaat puasa Rajab 10 Hari.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020) manfaat puasa Rajab 10 hari yang penting untuk diketahui.

2 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Rajab 10 Hari

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-7, 23 Mei 2018
Perbesar
Biar nggak ketinggalan, berikut ini jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa hari ke-7, 23 Mei 2018. (Ilustrasi: ultrahdwalls.com)

Sebelum mengetahui apa saja manfaat puasa Rajab 10 hari, mengetahui dan mengenal bulan Rajab itu penting untuk menambah wawasan tentang Islam dan meningkatkan kecintaan kita tentang Islam.

Bulan Rajab dikenal dengan sebutan Al-Ashom, yaitu bulan yang tuli karena tak terdengarnya suara peperangan di dalamnya. Di bulan Rajab Allah telah merajam musuh-musuhNya dan para syaiton, sehingga mereka tak dapat mengganggu para aulia dan sholihin. Selain itu, bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan Ashab, yakni bulan kucuran rahmat bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat di dalamnya dan adanya limpahan cahaya-cahaya qabulnya bagi seluruh alam. Manfaat Puasa Rajab tentu memiliki tujuan untuk mengingatkan kita tentang perjuangan Islam dahulu, dan salah satu cara kita untuk mengenang perjuangan itu dengan melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 10 hari, dan tentunya kita akan mendapatkan manfaat puasa rajab 10 hari tersebut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Shalat di Malam Pertama Bulan Rajab

Ilustrasi sholat hajat
Perbesar
Ilustrasi Sholat Hajat (Sumber: Pixabay)

Selain berpuasa di bulan Rajab dan mendapatkan manfaat puasa 10 hari di bulan Rajab, banyak cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghormati bulan Rajab yaitu salah satunya dengan melakukan shalat di malam pertama di bulan Rajab.

Manfaat shalat di malam pertama bulan Rajab, Dari Anas bin Malik RA. Nabi SAW. bersabda: "Siapa sholat sunnah dimalam bulan Rajab sesudah sholat maghrib, setiap raka'at ba'da fatihah membaca surat Al-Ikhlas (demikian sampai 20 raka'at di buat 10 x salam), maka ia dipelihara dirinya, keluarga dan mereka yang menjadi tanggung jawabnya dari malapetaka dunia dan siksa akhirat".

Disebutkan dalam kita Al-Jami' karya Imam Suyuti, diriwayatkan dari Ibnu Asakir dari Abi Umamah, Berkata Wahab bin Munabbih RA.: "Aku membaca dalam kitab Allah yang diturunkan sebelum Al-Qur'an bertuliskan, bahwa barang siapa yang beristighfar dibulan Rajab dipagi dan sore hari dengan mengangkat kedua tangannya seraya berkata : "Robbighfirlii Warhamnii Watub Alayya 70x, maka kulitnya tak akan disentuh oleh api neraka".

4 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Rajab 10 Hari

Puasa Ramadan (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi Puasa Ramadan (iStockphoto)

Manfaat puasa Rajab selama 10 hari salah satunya yaitu Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan hambanya, dan bila puasa selama 10 hari di bulan Rajab maka Allah akan mengganti dosa-dosa hambanya dengan dengan kebaikan.Adapun tentang kapan pelaksanaan puasa di bulan Rajab dan manfaat puasa Rajab 10 hari, maka salah satu rujukannya adalah keterangan yang ada pada hadits-hadits berikut ini:

"Barangsiapa berpuasa pada pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan".

Riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: "Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya".

Selain hadits riwayat Al-Thabarani dari Sai'id bin Rasyid, berikut keterangan lainnya tentang manfaat puasa Rajab 10 hari. Ibnu Abbas R.A. berkata: "Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, dihari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan". (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, Dimuat dalm kitab Jami'Ush-Shaghir).

Abu Hurairah RA. berkata: "Bahwasanya Nabi SAW diluar bulan Ramadhan tidak puasa kecuali bulan Rajab dan bulan Sya'ban". Dalam Hadis Shahih Bukhori Muslim, Nabi SAW bersabda: "Bahwasanya di sorga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melebihi susu, manis melebihi madu, siapa puasa sehari dibulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (Bengawan) tersebut".

5 dari 5 halaman

Niat Puasa Rajab 10 Hari

Untuk melakukan puasa sunnah di bulan Rajab, harus didahului dengan niat berpuasa Rajab:

“Nawaitu shouma ghodin ‘an ada’i sunnati rajaba lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT”

Apabila Anda lupa berniat atau melafalkan niat puasa Rajab di malam harinya, Anda boleh menyusul pelafalan niat puasa Rajab ketika ingat atau saat hari itu juga. Kewajiban berniat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajin. Sedangkan untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh Anda belum makan, minum, dan melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut lafal niat puasa Rajab di siang hari:

“Nawaitu sahuma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi ta‘ala”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Lanjutkan Membaca ↓