Sukses

10 Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal, Punya Cita Rasa Unik

Makanan khas DKI Jakarta telah diwariskan turun temurun dari penduduk asli suku Betawi.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas DKI Jakarta wajib kamu coba ketika berkunjung ke Ibu Kota Indonesia ini. DKI Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan sejarah masa lampau. Begitu juga dengan sajian kuliner yang ada di DKI Jakarta.

Makanan khas DKI Jakarta pada dasarnya dipengaruhi oleh kuliner Betawi. Hal ini dikarenakan penduduk asli Jakarta notabenenya berasal dari suku Betawi. Suku Betawi merupakan sebuah suku bangsa di Indonesia yang umumnya bermukim di Batavia sejak abad ke-17.

Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Tionghoa, dan India. Kuliner Jakarta telah diwariskan turun temurun dari penduduk asli suku Betawi. Seperti kebanyakan makanan khas lainnya, makanan khas DKI Jakarta telah dipengaruhi selama berabad-abad oleh penduduk asli maupun penjajah.

Kondisi inilah yang menjadikan cita rasa makanan khas DKI Jakarta atau Betawi cukup beragam dan berkelas. Pastinya kenikmatan dan kelezatan dari makanan khas DKI Jakarta tak akan terbantahkan. Untuk itu, ketika berkunjung ke DKI Jakarta lama atau sebentar, taka da salahnya untuk mencicipi salah satu makanan khas DKI Jakarta yang terkenal.

Berikut makanan khas DKI Jakarta paling terkenal yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal

Kerak Telor

Makanan khas DKI Jakarta pertama yang wajib dicobain adalah Kerak Telor. Kerak telor tekenal dengan rasanya yang gurih. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai.

Kerak telor menjadi salah satu makanan yang sangat populer dan favorit bagi warga Jakarta. Kerak telor hingga saat ini masih mudah dijumpai di banyak tempat di Jakarta. Di Jakarta sendiri kamu bisa menemukannya di kawasan wisata Kota Tua. Bahkan kerak telor juga telah banyak ditemui di berbagai daerah di luar Jakarta.

Asinan Betawi

Bukan hanya Bogor yang memiliki asinan. Ternyata Jakarta juga memiliki asinan dengan cita rasa yang tak kalah nikmat dengan asinan Bogor. Pada Asinan Betawi memiliki campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Asinan ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk kuning berbentuk seperti mi yang melingkar, biasanya kerupuk ini diremuk dan ditaburkan di atas asinan. Meskipun namanya asinan, jangan sampai salah mengira karena makanan ini sama sekali tidak terasa asin melainkan segar dan cocok disantap ketika siang hari.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal

Soto Betawi

Soto merupakan salah satu jenis makanan yang dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Setiap sajian soto di suatu daerah pasti memiliki cita rasanya sendiri. Salah satu yang paling dikenal adalah Soto Betawi.

Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas DKI Jakarta legendaris yang wajib di icip saat berkunjung ke Jakarta. Istilah soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978, yang memopulerkan dan yang pertama memakai kata soto Betawi adalah penjual soto bernama Lie Boen Po di THR Lokasari, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri.

Istilah soto Betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu yang membuat cita rasa soto ini begitu legendaris. Soto betawi berisi jerohan dan seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang terkenal dan lezat. Bahan dasarnya adalah tahu, mentimun, kecambah, bihun. Kamu bisa menambahkannya dengan telur goreng dan ketupat sesuai selera.

Semua bahan tersebut dilengkapi oleh saus kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Jangan lupa kamu bisa menggunakan emping atau kerupuk untuk menambah sensasi renyah ketika dikunyah.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal

Bubur Ase

Bubur Ase merupakan makanan khas DKI Jakarta yang kini cukup sulit dijumpai. Bubur yang khas Betawi ini berbeda dengan bubur Jakarta pada umumnya. Bubur Ase tidak dicampur dengan irisan ayam melainkan dicampur dengan semur daging khas Betawi yang membuat warna bubur ini lebih gelap.

Selain daging, Bubur Ase menggunakan bumbu-bumbu lain seperti kentang dan lain sebagainya yang bisa menambah kelezatan Bubur Ase khas Betawi. Nama Ase bermakna dingin, karena bubur ini dihidangkan dalam keadaan dingin.

Sayur Gabus Pucung

Sama dengan namanya, makanan khas DKI Jakarta ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah empuk daging ikan gabusnya.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal

Sayur Besan

Sayur ini merupakan salah satu makanan legendaris Betawi. Pasalnya sayur ini sekarang jarang bisa ditemui di warung-warung khas Betawi karena bahan utamanya sulit didapatkan. Makanan lezat ini terbuat dari tebu telur. Bagian pucuk atau bunga tebu telur diolah menjadi sayur ditambah dengan bahan pelengkap kentang, ebi, dan petai.

Sayur besan memiliki rasa gurih dan lezat di mulut. Dalam budaya Betawi sayur ini tidak hanya sebagai sayur yang dimakan dengan nasi, kamu bisa menemukan sayur ini saat acara pernikahan. Makanan khas DKI Jakarta ini merupakan lambang kekeluargaan dan penghormatan terhadap keluarga baru dalam hubungan pernikahan.

Kue Pancong

Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Di daerah lain, kue ini juga dikenal dengan nama gandos dan bandros.

Kue pancong ini dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang. Biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.

6 dari 6 halaman

Makanan Khas DKI Jakarta Paling Terkenal

Kembang Goyang

Penamaan kue tradisional khas Betawi ini cukup unik. Bukan tanpa alasan nama tersebut disematkan untuk makanan ringan khas Betawi ini. Disebut Kembang Goyang karena bentuk makanan ini menyerupai bunga, sedangkan teknik memasaknya adalah dengan cara digoyang, hingga adonan lepas dari cetakan. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah.

Roti Buaya

Roti Buaya merupakan salah satu hidangan khas Betawi yang selalu ada di acara pernikahan atau juga acara tradisional Betawi lainnya. Ada makna khusus dari roti buaya ini, membuat makanan yang satu ini selalu hadir pada acara khas Betawi. Saat ini, roti buaya sudah mengalami berbagai macam inovasi, dimana roti yang dulunya tidak memiliki rasa, kini memiliki isian berupa aneka macam selai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini