Kisah Haru Guru Gendong Kulkas Jalan Kaki 8 Jam untuk Muridnya di Pedalaman

Oleh Loudia Mahartika pada 10 Mar 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 09:30 WIB
Perjuangan Guru Bawa Kulkas 8 Jam untuk Muridnya di Pedalaman, Bikin Haru
Perbesar
Perjuangan guru gendong kulkas selama 8 jam melintasi hutan demi muridnya. (Sumber: World of Buzz)

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri jika guru menjadi salah satu sosok yang berjasa bagi murid-muridnya. Pekerjaan guru bukan sekadar mengajar saja namun juga mendidik dan membentuk karakter anak agar berakhlak baik.

Namun ternyata menjadi seorang guru ternyata tak hanya sebatas itu. Ada banyak guru-guru yang ingin memberikan fasilitas memadai dan memberikan pelajaran terbaik bagi anak didiknya ditengah fasilitas yang serba kekurangan. Kisah-kisah guru yang berjuang demi muridnya kerap kali menjadi inspirasi.

Salah satunya yang dilakukan oleh guru asal Malaysia ini. Bukan hanya mengajar muridnya di daerah pedalaman, guru ini bahkan rela menggendong sebuah kulkas selama 8 jam untuk mencapai lokasi dirinya mengajar.

Guru yang diketahui bernama Harry Yanto Bikal atau yang akrab disapa cikgu Harry mengajar di sebuah sekolah yang cukup jauh dari kota dan akses ruang publik. Ingin memberikan rasa bahagia muridnya dengan membawa kulkas, dirinya rela berjalan 10 kilometer selama 8 jam masuk menembus hutan. Kisahnya pun viral setelah dibagikan lewat Facebook.

2 dari 4 halaman

Gendong Kulkas Selama 8 Jam

Perjuangan Guru Bawa Kulkas 8 Jam untuk Muridnya di Pedalaman, Bikin Haru
Perbesar
Perjuangan guru gendong kulkas selama 8 jam melintasi hutan demi muridnya. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Selasa (10/3/2020) Harry Yanto Bikal atau sering disapa cikgu Harry adalah seorang guru yang mengajar di Sekolah Kebangsaan Longkogungan, Penampang, Sabah, Malaysia. Lokasi sekolahnya mengajar cukup jauh dari kota.

Perjuangannya menggendong kulkas seberat 40 kilogram selama 8 jam viral di Facebook setelah diunggah oleh akun Hajah Maznah Abd Ghani. Dalam video tampak Harry menggendong kulkas sebagai hadiah untuk murid dan guru lain di sekolah.

Diketahui jika sekolah itu berada di pedalaman, akses menuju kesana pun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Harry pun menggendong kulkas tersebut sejauh 10 kilometer. Dirinya melewati sungai, hutan hingga jembatan untuk sampai ke sekolah.

Di sekolah tersebut terdapat murid sekoalh dasar dengan total 11 orang dimana 9 lainnya tinggal di asama karena rumah mereka jauh.

Ini lah Video yg tular..dengan tontonan sekarang 218 7++ Yg Saya Post pada 11 Febuari 2020..Apabila cikgu Harry...

Posted by Hajah Maznah Abd Ghani on Friday, 6 March 2020
3 dari 4 halaman

Sebagai Hadiah untuk Murid dan Guru Lainnya

Perjuangan Guru Bawa Kulkas 8 Jam untuk Muridnya di Pedalaman, Bikin Haru
Perbesar
Perjuangan guru gendong kulkas selama 8 jam melintasi hutan demi muridnya. (Sumber: World of Buzz/Harian Metro)

Kulkas yang dibawa Harry merupakan hadiah untuk murid dan guru lainnya yang mengajar di sekolah tersebut. Alasan Harry membawa kulkas yaitu dirinya ingin murid-muridnya mendapatkan makanan setiap hari di sekolah lantaran rumah mereka jauh.

Maka dari itu Harry berharap kulkas itu dapat menyimpan banyak makanan agar tetap terjaga dan tahan lebih lama. Guru di skeolah itu menginginkan muridnya mendapatkan makanan yang layak seperti daging serta sayuran sehat.

4 dari 4 halaman

Dibanjiri Dukungan Netizen

Aksi Harry ayng membawa kulkas ke skolah di pedalaman selama 8 jam tersebut pun diapresiasi netizen. Tak sedikit meninggalkan komentar pujian dan merasa haru atas perjuangannya.

Diunggah pada Jumat(6/3/2020), video tesebut sudah ditonton sebanyak 238.457 kali oleh netizen. Video berdurasi sekitar dua menit tersebut dibanjiri pujian.

"Saya sangat tersentuh oleh pengorbanan yang dilakukan oleh guru ini untuk pendidikan anak-anak negara kami," tulis salah satu netizen.

"Kuat dan sabar. Seorang pendidik yang memprioritaskan penyampaian pengetahuan kepada siswa. Selamat dan saya harap Anda melanjutkan perjalanan Anda" imbuh lainnya.

"Guru ini adalah yang terbaik. Dia layak menerima Penghargaan Guru Pedesaan Berdedikasi," ucap netizen lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓