Sukses

6 Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan, Bisa untuk Eksfoliasi

Manfaat gula pasir untuk kecantikan dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan gula pasir secara berlebihan terkenal tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran, banyak orang yang membatasi diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan campuran gula guna menjaga tubuh tetap sehat.

Namun di balik itu semua, ternyata gula pasir masih tetap mendatangkan manfaat terlebih untuk merawat tubuh. Ada segudang manfaat gula pasir untuk kecantikan yang bisa kamu rasakan.

Salah satu manfaat gula pasir untuk kecantikan dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi tubuh. Penggunaan gula pasir untuk eksfoliasi tubuh dapat menjadikannya sehat, lembap, dan segar.

Masih ada manfaat gula pasir untuk kecantikan yang bisa dirasakan. Berikut manfaat gula pasir untuk kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Scrub Tubuh

Manfaat gula pasir untuk kecantikan pertama bisa dijadikan sebagai scrub tubuh. Jika dimanfaatkan sebagai scrub tubuh, gula memiliki banyak manfaat untuk kulit. Scrub dari gula akan membantu mengangkat sel kulit mati secara alami.

Proses eksfoliasi ini akan menghilangkan noda di kulit tanpa menyumbat pori-pori, sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak di kulit. Kamu bisa membuat scrub dari satu cangkir gula pasir, beberapa tetes minyak zaitun, dan air perasan jeruk lemon.

Gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih. Kulit kamu akan menjadi lebih lembut dan bersinar.

3 dari 7 halaman

Mengatasi Bibir Kering

Manfaat gula pasir untuk kecantikan berikutnya dapat mengtasi bibir kering. Jika bibir kamu kering dan pecah-pecah, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan pelembap khusus dari gula ini.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup blender beberapa sendok gula yang dicampur dengan beberapa tetes minyak jojoba atau minyak wijen. Haluskan hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bibir yang kering. Biarkan semalaman agar nutrisi pelembab dari campuran tadi meresap ke kulit bibir dan melembutkannya.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Selulit

Manfaat gula pasir untuk kecantikan berikutnya dapat membantu mengatasi selulit di tubuh, Butiran gula dan kopi bubuk bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan selulit. Kedua bahan tersebut bisa menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit di permukaan kulit.

Buatlah scrub dari bubuk kopi dan gula pasir untuk mengatasi selulit. Campurkan kedua bahan tersebut dengan beberapa tetes minyak wijen atau minyak zaitun kemudian gunakan untuk scrub tubuh. Gosokkan ke kulit dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih.

5 dari 7 halaman

Mengangkat Bulu

Jika kamu ingin melakukan sendiri waxing bulu-bulu di kaki dan tangan di rumah, kamu bisa mencoba waxing dengan larutan gula. Buatlah larutan wax dari dua cangkir gula pasir atau gula palem, 1/4 cangkir air perasan lemon, dan air.

Tempatkan semua bahan dalam panci, kemudian masak hingga mendidih. Aduk setiap 15 detik. Begitu larutan mendidih (kurang-lebih 20 detik), segera angkat dari atas kompor, kemudian diamkan selama 10 menit hingga tidak terlalu panas lagi. Baru gunakan untuk waxing.

6 dari 7 halaman

Menghidrasi Kulit

Selain bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bersih, gula pasir juga memberikan manfaat kelembapan. Melakukan perawatan rutin dengan scrub gula dapat menghidrasi kulit sehingga membuatnya selalu lembap dan sehat.

7 dari 7 halaman

Scrub Wajah

Melansir dari Healthline, jika dilihat lebih dekat menggunakan mikroskop, bentuk gula berupa butiran kristal dengan ukuran cukup besar. Butiran gula tersebut memiliki tekstur kasar sehingga dianggap terlalu keras untuk kulit wajah. 

Tekstur kasar pada gula ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Bahkan, pada kulit yang sensitif, penggunaan scrub gula bisa menyebabka kulit kemerahan, kulit kering, kulit jadi lecet atau timbul luka

Sebenarnya boleh saja menggunakan gula untuk scrub wajah. Namun, agar tidak menyebabkan iritasi di kulit, campurkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun madu. Bahan-bahan tersebut bisa meminimalisir tekstur kasar dari gula dan memberikan kulit wajah sedikit rasa lembut. 

Selain itu, untuk scrub wajah lebih disarankan menggunakan brown sugar atau gula palem. Hal ini dikarenakan kristal pada brown sugar teksturnya lebih halus dan ukurannya lebih kecil. Saat dipakai di wajah, gosok secara perlahan, untuk mencegah  timbulnya iritasi pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini