Sukses

Cara Cek Kecepatan Internet di PC dan Ponsel, Mudah dan Praktis

Begini cara cek kecepatan internet tanpa aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Kecepatan internet makin diperhitungkan saat ini. Tidak semua orang beruntung memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi atau stabil. Internet yang lemot dan tidak stabil terkadang bisa membuat kesal banyak orang.

Jika kamu merasakan koneksi internetmu lambat maka mungkin ada beberapa alasan di baliknya. Ini bisa mengarah pada kekuatan sinyal, mode, atau masalah DNS. Untuk mengetahui akar masalahnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kecepatan internet.

Cara paling mudah untuk mengecek kecepatan internet adalah melalui situs uji kecepatan yang tersedia di internet. Situs web tes kecepatan internet ini memeriksa kecepatan internet secara real-time dan memberi hasil kecepatan paling akurat.

Dengan situs-situs ini kamu tak perlu mengunduh perangkat lunak tambahan untuk mengecek kecepatan internet. Situs ini juga bisa dengan mudah diakses melalui PC maupun ponsel. Saat menggunakan situs ini, pastikan untuk menonaktifkan semua aplikasi di PC maupun ponsel yang menggunakan internet.

Berikut cara mengecek kecepatan internet di PC dan ponsel dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, menonaktifkan semua aplikasi latar belakang yang menggunakan internet, Sabtu (7/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Speedtest.net

Speedtest.net adalah salah satu situs web terbaik dan teratas yang dapat kamu kunjungi untuk memeriksa kecepatan internet. Antarmuka pengguna Speedtest.net cukup sederhana, dan ini menunjukkan kecepatan internet secara real-time. Cukup klik "GO" pada antarmuka situs ini.

Di sini kamu akan mendapatkan hasil kecepatan download dan upload secarar real-time. Secara default, Speedtest menemukan server optimal berdasarkan ISP dan lokasi.

3 dari 8 halaman

Fast.com

Fast.com dari NetFlix adalah situs tes kecepatan internet terbaik lain yang dapat kamu gunakan. Situs web tes kecepatan internet dikenal dengan antarmuka pengguna yang bersih, dan hanya menunjukkan kecepatan unduh secara real-time.

Setelah halaman dimuat, kamu tidak perlu melakukan apa pun. Tidak ada tombol untuk mengklik, yang harus kamu lakukan hanyalah menunggu sekitar enam puluh detik untuk mendapatkan hasil kecepatan internet.

Kamu juga dapat mengklik bagian lanjutan untuk memeriksa kecepatan unggah, latensi, dan unduh. Aplikasi web ini didukung oleh Netflix, dan salah satu situs terbaik untuk memeriksa kecepatan internet.

4 dari 8 halaman

Speedcheck.org

Speedcheck.org dikenal dengan antarmuka yang bagus dan bersih. Saat kamu membuka situs ini, situs secara otomatis akan memeriksa dan memberi tahu kecepatan internet secara real time.

Ketika tes selesai, situs ini menunjukkan latensi, unduh, dan kecepatan unggah. Untuk pengguna yang mengerti teknologi, Speedcheck.org menunjukkan hasil terperinci dengan lebih banyak informasi tentang koneksi dan kecepatan internet.

5 dari 8 halaman

SpeedSmart.net

SpeedSmart adalah tes kecepatan internet yang bekerja secara akurat di semua perangkat dengan browser web, dari desktop dan laptop hingga ponsel dan tablet. SpeedSmart menggunakan HTML5 sehingga tidak ada plug-in seperti Flash atau Java yang diperlukan.

Aplikasi SpeedSmart iOS dan Android menyediakan tes kecepatan internet real-time dengan riwayat lengkap dan lebih banyak lagi untuk Wi-Fi & koneksi seluler dengan antarmuka yang jelas dan mudah digunakan.

6 dari 8 halaman

TestMy.net

TestMy.net juga merupakan situs untuk menemukan detail tentang berbagai parameter koneksi interne. Di situs ini ada tiga opsi berbeda untuk memeriksa kecepatan internet - Unduh, Unggah, dan Otomatis. Di bawah uji kecepatan otomatis, kamu bisa mengetahui bandwidth koneksi internet secara otomatis.

Selain pengujian manual kecepatan unduh dan unggah satu kali, testmy.net memiliki tes kecepatan otomatis yang akan menguji kecepatan jaringan selama periode waktu tertentu. Pengguna dapat mengatur interval pengujian dari setiap lima menit menjadi sekali setiap dua puluh empat jam. Selain itu, mereka dapat menentukan berapa kali tes ingin dilakukan.

7 dari 8 halaman

OpenSpeedTest

OpenSpeedTest merupakan situs web tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang menunjukkan kecepatan internet paling akurat dari jaringan broadband atau WiFi. Terlepas dari kecepatan Unduh dan Mengunggah, OpenSpeedTest juga menunjukkan hasil PING dan Jitter.

plikasi ini dirancang untuk menguji semua jenis koneksi, dari 1 Kbps hingga 1 Gbps +. Openspeedtest.com dirancang untuk mendeteksi kecepatan stabil internetmu, bukan kecepatan tertinggi. Sebagian besar aplikasi yang membutuhkan bandwidth membutuhkan kecepatan yang stabil.

8 dari 8 halaman

Speakeasy

Speakeasy adalah situs web pengujian bandwidth terbaik lainnya untuk memeriksa kecepatan unduh dan unggah internet. Tools pada situs ini digunakan oleh jutaan pengguna dan memiliki alat kecepatan HTML5. Tidak hanya itu, situs ini juga menunjukkan riwayat pemeriksaan kecepatan untuk membandingkan hasilnya.

Tes bandwidth Speakeasy memungkinkan menguji kecepatan internet dari daftar pendek lokasi server yang dapat kamu pilih secara manual atau telah dipilih secara otomatis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.