Sukses

Rr. Ayu Maulida Putri Jadi Puteri Indonesia 2020, Ini 5 Fakta Sosoknya

Raden Roro Ayu Maulida Putri, pemenang Puteri Indonesia 2020.

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Puteri Indonesia 2020 telah digelar tadi malam. Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akhirnya menobatkan Rr. Ayu Maulida menjadi pemenangnya. Sosok cantik perwakilan Jawa Timur tersebut berhasil menarik hati dan meyakinkan sepuluh orang dewan juri.

Wanita yang akrab disapa Ayuma ini berhasil mengalahkan 39 finalis Puteri Indonesia yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Lolos jadi pemenang, Ayuma berhak mengenakan Mahkota Borobudur yang disematkan langsung oleh Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Full dan selempang Puteri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi.

Rr. Ayu Maulida yang resmi dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020 pun mencuri perhatian. Menjadi wakil dari Jawa Timur, kesuksesan Ayuma menyabet mahkota Puteri Indonesia tuai pujian. Bahkan tokoh dari Jawa Timur seperti Khofifah dan Emil Dardak lontarkan ucapan selamat.

Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 itu berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat (6/3/2020) malam. Berikut ini 5 fakta Rr. Ayu Maulida yang kini menjadi Puteri Indonesia 2020 dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (7/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Profil Rr. Ayu Maulida Putri

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull menyematkan mahkota Borobudur yang dihiasi batu mirah warna merah kepada Ayuma yang keluar sebagai pemenang Puteri Indonesia 2020. Selendang kemenangan pun juga disematkan kepadanya oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi.

Rr. Ayu Maulida Putri adalah sosok wanita yang lahir pada 11 Juli 1997 di Surabaya, Jawa Timur. Sebelum dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, sejak kecil dia sudah memiliki impian sebagai mdoel profesional. Ia bahkan sempat menyabet Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati saat masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar.

Wanita yang akrab disapa Ayuma ini merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Sosoknya dalam dunia modeling memang sudah tak asing lantaran kerap memeragakan karya-karya desainer kondang, seperti Poppy Dharsono, Agnes Budisurya, Barli Asmara, dan lain-lain.

Ayu merupakan sarjana Hukum dari Universitas Airlangga pada 2015.

3 dari 6 halaman

2. Jawaban Cerdas Ayu Maulida Sehingga Berhasil Jadi Juara

Malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2020 berlangsung sukses dan meriah di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Ia berhasil mengungguli Jihane Almira Chedid wakil dari Jawa Tengah dan Putu Ayu Saraswati wakil dari Bali.

Kesuksesan Ayu dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2020 berkat jawabannya dipertanyaan yang dilontarkan oleh Putri Kuswisnu Wardana selaku Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia.

"Ayu Maulida, sering dikatakan bahwa kebahagian tidak berarti apa-apa bila tidak bisa dibagikan kepada orang lain. Apa arti bahagia bagi dirimu?" tanya Putri.

Bagi Ayu, bahagia adalah di mana kita selalu bersyukur atas jati diri, kelebihan dan kekurangan, dan kesuksesan dan kegagalan.

"Bagaimana kita dapat bermanfaat kepada orang lain di sekitar kita dan bagaimana kita tetap selalu bersyukur atas segala cobaan atas jatuh dan bangunnya. Karena sejatinya hal itulah yang menjadikan kita orang yang sukses. Orang yang sukses adalah orang yang bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," jawab Ayu Maulida yang disambut tepuk tangan meriah.

4 dari 6 halaman

3. Ucapan Selamat Khofifah dan Emil Dardak

Jadi wakil dari Jawa Timur, Ayu Maulida mendapatkan banyak ucapan selamat, tak terkecuali dari Khofifah dan Emil Dardak. Gubernur Jawa Timur tersebut mengucapkan selamat kepada Raden Roro Ayu Maulida Putri asal Jawa Timur yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2020. Ia menyampaikan hal tersebut lewat akun Instagramnya pada Sabtu (7/3/2020).

Khofifah mengunggah video terpilihnya Ayu Maulida Putri sebagai Puteri Indonesia 2020. Gubernur Jatim tersebut menulis kabar gembira untuk semua warga Jawa Timur.

"Selamat dan sukses untuk anugerah ini. Semoga dapat lebih berprestasi lagi di ajang internasional dan mengharumkan nama Jawa Timur dan Indonesia,” tulis Khofifah di akun Instagramnya.

Tak hanya Khofifah, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun menyampaikan ucapan selamat kepada Puteri Indoensia 2020 tersebut. Bahkan perjuangan Ayu dapat menjadi motivasi bagi masyarakat.

"Alhamdullilah, suatu kebanggaan bagi Jawa Timur, @ayumaulida97 memenangkan Puteri Indonesia 2020. Yang membuat tambah salut, Ayu pernah hampir memenangkan Puteri Indonesia Jawa Timur beberapa tahun lalu dan meraih runner up,” tulis Emil.

"Namun tahun ini Ayu berjuang kembali dan berhasil memenangkan Puteri Indonesia Jatim, bahkan malam ini memenangkan Puteri Indonesia. Semoga menjadi motivasi bagi kita semua. Sukses dan selamat untuk Raden Roro Ayu Maulida". lanjutnya.

5 dari 6 halaman

4. Perjuangannya Sebelum di Ajang Puteri Indonesia 2020

Siapa sangka jika dulu Ayu sempat tak dapat restu dari ibunda untuk terjun ke dunia modeling. Ia sempat dipertanyakan ibunda saat hendak mengambil kursus modeling di usia 14 tahun. Sampai datang sebuah kesempatan saat ia berkunjung ke mal dan ditawari sebuah agency untuk bergabung jadi model.

Sang ibunda akhirnya menyetujui setelah bertemu pemilik agency tersebut. Saat itulah ia mulai menggapai cita-cita sebagai model.

Ayu Maulida sejak dulu menjadi siswa yang sangat aktif. Bahkan sejak di sekolah dasar. Perempuan yang mengaku bahwa jadi Puteri Indonesia adalah impian sejak kecil ini mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti drumband dan karate.

"Aku coba mengendalikan diriku untuk mengatur waktu, jadi waktu terjun ke dunia model sudah nggak kaget," ujar Ayu Maulida pada Liputan6.com saat di sela masa karantina di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020). 

6 dari 6 halaman

5. Pernah Jadi Face of Asia

Sebelum menjadi pemenang Puteri Indonesia 2020, Ayu pernah mengiukuti ajang Asia Model festival 2019. Ayu berhasil unggul dari 79 peserta dari 27 negara di dunia.

Keberhasilannya itu membuatnya meraih gelar Face of Asia yang merupakan gelar tertinggi di ajang tersebut. Dinobatkannya Ayu Maulida sebagai Puteri Indonesia 2020 ini tentu diharapkan bisa mempertahankan hingga meningkatkan prestasi yang telah diukir Puteri Indonesia 2019 yakni Frederika Alexis Cull.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.