Sukses

Maria Sharapova Putuskan Pensiun dari Dunia Tenis, Ini 7 Faktanya

Keputusan pensiun Maria Sharapova diunggah di akun Instagram pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta Petenis putri dunia, Maria Sharapova memutuskan untuk gantung raket. Tentu saja keputusannya untuk meninggalkan dunia tenis ini cukup mengejutkan banyak pihak.

Pengumuman terkait berhentinya petenis yang sempat menjadi peringkat satu dunia ini diunggah di akun Instagram pribadinya. Wanita asal Rusia ini juga turut mengunggah foto masa kecilnya saat tengah memegang raket tenis pada pengumuman tersebut.

Meski banyak yang mendukung keputusan wanita kelahiran 19 April 1987 ini untuk mengakhiri kariernya sebagai atlet tenis dunia. Akan tetapi tak sedikit pula yang menyayangkan keputusannya terutama para fans.

Maria Sharapova sendiri cukup dikenal sebagai atlet tenis berprestasi. Ia pun mengawali karier pada November 2000 dan berhasil menyabet berbagai gelar penghargaan. Tak hanya prestasi saja yang menjadi perjalanan karier wanita yang kini menetap di Florida. Akan tetapi Ia pun sempat tersandung kasus serta mengalami cedera.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2020) berikut ini bebrapa fakta terkait Maria Sharapova yang putuskan mundur dari dunia tenis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Dapat gelar Grand Slam Pertama di usia muda

Maria Sharapova sendiri telah menggeluti olahraga tenis sejak usia belia. Dirinya diketahui mendapatkan raket pertama dari sang ayah pada usia 4 tahun. Sejak saat itu, wanita 32 tahun ini memilih berlatih secara otodidak sebelum mengkuti latihan di bawah asuhan Yri Yutkin.

Pelatih veteran asal Rusia ini juga mengungkapkan jika Sharapova memiliki talenta koordinasi tangan dan mata yang luar biasa. Ia pun mulai mengikuti ajang turnamen pada tahun 2000.

Bahkan, pada 2004 lalu, dirinya berhasil memenangkan gelar Grand Slam pertama di pentas Wimbledon pada usia 17 tahun. Karena hal ini pula nama Sharapova semakin dikenal publik. Ia pun menjadi petenis wanita muda ketiga yang berhasil membawa trofi Venus Rosewater Dish.

3 dari 8 halaman

2. Raih lima gelar Grand Slam

Prestasi yang ditorehkan oleh petenis asal Rusia ini pun tak main-main. Ia mulai terjun pada turnamen profesional sejak tahun 2003. Berbagai prestasi gemilang pun berhasil ditorehkan oleh Sharapova.

Bahkan, dirinya berhasil meraih lima gelar Grand Slam, yaitu Wimbledon serta WTA Tour Championship pada 2004, Amerika Terbuka pada 2006, Australia Terbuka pada 2008, dan Prancis Terbuka pada 2012 dan 2014.

4 dari 8 halaman

3. Peringkat satu dunia

Kariernya yang cemerlang di dunia olahraga tenis pun membuat Maria Sharapove menjadi petenis peringkat satu dunia. Ia pun sempat mendapat peringkat satu dunia selama 21 pekan. Tentu saja hal ini cukup membanggakan bagi Sharapova. Dirinya juga pernah mendapatkan medali perak pada Olimpiade London 2012.

Berhasil mendapatkan peringkat satu dunia tentu saja angka kemenangan yang diraihnya tak main-main. Sharapova berhasil mencatatkan kemenangan sebanyak 645 kali dan kalah sebanyak 171 kali.

5 dari 8 halaman

4. Kerap tampil modis

Sebagai atlet tenis wanita, Sharapova juga dikenal karena penampilannya yang cukup modis. Bahkan, saat pertandingan di Amerika Terbuka pada 2006 penampilan Maria Sharapova berhasil curi perhatian.

Dirinya tampil dengan kostum berwarna hitam dan memiliki model seperti gaun malam. Tak hanya itu saja, kostum yang terinspirasi dari artis Audrey Hepburn ini juga dihiasi dengan kristal cantik pada bagian kerahnya.

6 dari 8 halaman

5. Lebarkan karier di dunia bisnis

Meski sukses berkarier di dunia olahraga. Akan tetapi Maria Sharapova juga mencoba peruntungan di dunia bisnis. Ia pun diketahui mengeluarkan permen bernama Sugarpova bersama rekannya Jeff Rubin.

Permen Sugarpova sendiri didefinisikan sebagai permen kelas atas. Menurutnya permen ini memmiliki arti yang menyenangkan, modis serta terdapat sisi manis dari sang petenis cantik tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Dikenal sebagai atlet wanita berpenghasilan tertinggi

Nama Maria Sharapova memang langsung melejit setelah dirinya berhasil mendapatkan Grand Slam di usia 17 tahun. Bahkan, dirinya pernah ditetapkan sebagai atlet wanita berpenghasilan tertinggi selama 11 tahun berturut-turut oleh majalah Forbes.

Kekayaan dari Sharapova sendiri diketahui dari sponsor brand olahraga ternama. Bahkan, dirinya juga dikenal sebagai atlet yang paling menjual di dunia.

8 dari 8 halaman

7. Tersandung kasus dopping

Tak hanya prestasi saja yang menjadi teman perjalanan kariernya, akan tetapi Sharapova juga sempat tersandung kasus dopping pada 2016 lalu. Dirinya diketahui gagal melewati tes dopping menjelang Australia Terbuka pada 2016.

Ia juga diketahui positif mengonsumsi meldonium sejak 2006. Akibatnya, Sharapova sempat dijatuji sanksi dilarang tampil selama 15 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini