Sukses

Viral Foto Pertemuan Lurah se-Jawa Timur Penuh Sampah, Ini Kata Pemprov

Foto-foto sampah di Jatim Expo ini pun jadi sorotan netizen.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan banyaknya sampah yang menumpuk di Jatim Expo International, Surabaya. Tumpukan sampat tersebut ditengarai terjadi saat pertemuan lurah se-Jawa Timur yang dilakukan pada Selasa (25/2/2020) siang.

Foto-foto yang beredar di media sosial tersebut tentu saja menjadi sorotan. Pasalnya, foto tersebut tak hanya memperlihatkan tumpukan sampah yang sebagian besar berupa kotak nasi. Akan tetapi terlihat pula beberapa orang dengan  terlihat santai berlalu-lalang di lokasi tersebut.

Foto-foto tersebut pun diunggah oleh akun Twitter @araseoyo pada Selasa (25/2/2020) siang. Tak hanya beredar di Twitter saja, akan tetapi seorang pengguna Facebook bernama Nanang Sugiarto juga mengunggah foto serupa lengkap dengan keterangan "Pertemuan Lurah Se JAWA TIMUR di JATIM EXPO siang tadi".

Beredarnya foto-foto yang memperlihatkan tumpukan sampah di ruang publik tersebut pun sangat disayangkan oleh masyarakat. Tak hanya mengunggah foto sampah nasi kotak yang berserakan saja. Akan tetapi akun Twitter @araseoyo, juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang petugas yang tengah membersihkan sampah-sampah tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Pemerintah Provinsi

Beredarnya foto tumpukan sampah di pertemuan Lurah se-Jawa Timur tersebut pun langsung menjadi pembicaraan netizen. Tak sedikit pula yang menandai akun pemerintah provinsi untuk mendapatkan tanggapan mengenai foto yang beredar.

Menanggapi beredarnya foto gedung pertemuan yang penuh sampah, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun memberikan tanggapan. Melalui akun Twitter @JatimPemprov, pada Rabu (26/2/2020) mereka pun telah memberikan konfirmasi jika keadaan Jatim Expo telah bersih seperti sebelumnya. Bahkan, akun Twitter resmi milik Pemprov Jawa Timur tersebut juga mengunggah foto mengenai keadaan Jatim Expo yang telah bersih dari sampah.

3 dari 3 halaman

Reaksi Netizen

Beredarnya sampah di lokasi pertemuan Lurah se-Jawa Timur ini tentu saja menimbulkan reaksi dari netizen. Tak sedikit pula para netizen yang cukup menyayangkan sikap dan etika dari para peserta yang hadir di pertemuan tersebut.

"Tp emang sepertinya uda jd kebiasaan di acara manapun, ntar kalo di tegur pasti jawabannya "kan nanti ada yg bersihkan" Miris bgt... Semoga kedepannya makin banyak orang yg sadar diri utk buang sampah itu ya di tempat sampah." tulis akun @lailyirass.

"Minimnya kesadaran orang +62 akan buang sampah msh kurang. Miris sekali" ujar akun @nadameirizky.

"ga paham lagi akutu sama hal kaya gini, padahal tinggal di tekuk trus masukin ke sampah ga makan waktu sejam" tulis akun @herseufrosine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini