Sukses

9 Manfaat Garam untuk Wajah, Efektif Mencerahkan dan Menghaluskan

Ketahui beragam manfaat garam untuk wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat garam untuk wajah mungkin masih asing kedengarannya. Bahan alami yang biasa dijadikan sebagai penambah cita rasa masakan ini ternyata dapat dijadikan sebagai perawatan wajah alami.

Tingginya kandungan mineral pada garam, terlebih garam laut memiliki segudang manfaat sehat untuk tubuh. Tak heran, banyak produk perawatan tubuh mencampurkan garam ke dalam produknya. Salah satunya adalah perawatan wajah.

Adanya kandungan mineral berupa magnesium, kalium, natrium, serta kalsium pada garam laut diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan wajah. Manfaat garam untuk wajah dipercaya ampuh untuk mencerahkan dan menghaluskan.

Berikut manfaat garam untuk wajah serta cara menggunakannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Wajah

Masker Wajah

Manfaat garam untuk wajah pertama dapat dijadikan sebagai masker. Kamu bisa menggunakan garam dan madu sebagai campuran untuk masker. Campuran ini bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk menenangkan kulit, mengatasi jerawat, dan iritasi.

Selain itu, campuran garam dan masi dapat menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan hidrasi dalam lapisan kulit yang memang sangat diperlukan. Cara membuat masker garam dan madu adalah mencampurkan dua sendok teh garam laut halus dengan empat sendok teh madu mentah dan murni.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Oleskan hingga merata untuk hasil membersihkan kulit wajah, mengatasi kulit kering. Diamkan selama 10-15 menit.

Sebelum membilas masker, rendam kain lap dalam air hangat dan peras kemudian. Terapkan dan diamkan handuk hangat di wajah kamu selama 30 detik. Kemudian usap pelan agar masker terkelupas lembut dengan melakukan gerakan melingkar. Setelah itu bilas kulit wajah secara menyeluruh menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari guna hasil optimal.

Scrub Wajah

Manfaat garam untuk wajah selanjutnya dapat dijadikan sebagai scrub. Scrub wajah berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bersarang di wajah.

Melakukan eksfoliasi dengan scrub akan membuat kotoran dan sel-sel kulit mati akan luruh. Cara ini akan membuat wajah kamu tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat.

Butiran-butiran kecil bisa membantu mengeksfoliasi dan menghaluskan kulit wajah. Bila ingin hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan lidah buaya, minyak almond, atau bahan alami lainnya sesuai selera.

Cara melakukannya dengan mencampurkan setengah cangkir garam dengan seperempat cangkir lidah buaya dan empat sendok teh minyak almond. Aduk semua bahan hingga berbentuk seperti pasta kental, pastikan adonan scrub tidak terlalu kering. Lalu aplikasikan ke wajah seperti saat memakai scrub biasa, pijat lembut dengan gerakan melingkar dan hindari menggosok wajah terlalu keras. Jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, sebaiknya ketahui dulu 10 hal seputar mencuci wajah berminyak di sini.

Dapat Dijadikan Toner

Manfaat garam untuk wajah lainnya dapat dijadikan sebagai toner atau penyegar. Garam berfungsi untuk membantu membersihkan pori-pori secara mendalam untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghalau bakteri pamicu jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat garam untuk wajah ini kamu perlu mencampurkan garam laut sebanyak satu sendok makan dengan empat ons air hangat ke dalam botol semprot. Setelah itu gunakan campuran ini untuk mengatasi kulit kering dan membersihkan wajah sekaligus penyegar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Wajah

Menghilangkan Ketombe

Selain manfaat garam untuk wajah, manfaat garam juga dapat dijadikan sebagai perawatan tubuh lainnya. Salah satunya untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, garam juga dapat menyerap kelebihan minyak dan menjaga tetap lembap untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

Untuk mendapatkan manfaat garam ini kamu bisa belah rambut dengan jari tangan, kemudian taburi kulit kepala dengan 1-2 sendok teh garam. Kemudian pijat kulit kepala dengan menggunakan kondisi tangan yang basah. Pijat secara lembut dan menyeluruh selama 10-15 menit. Kemudian bilas atau keras seperti biasa.

Merawat Kuku

Manfaat garam untuk perawatan tubuh selanjutnya untuk menjaga kesehatan kuku. Manfaat ini didapat karena garam mampu melembutkan kutikula dan kulit, serta memperkuat kuku. Baking soda dan lemon bekerja untuk mengurangi warna kuning atau noda pada kuku sehingga kuku tampak sehat dan cerah.

Cara melakukannya dengan mencampurkan satu sendok teh garam, satu sendok teh baking soda, satu sendok teh jus lemon, dan setengah cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Kemudian rendam kuku dalam larutan tersebut selama 10 menit lalu gosok dengan sikat lembut.

Kemudian bilas tangan. Ramuan ini mampu membuat tangan kamu lembap dan menyehatkan kuku jika diterapkan secara rutin.

Body Scrub

Manfaat garam lainnya dapat dijadikan sebagai body scrub. GAram dapat membantu mengelupas sel kulit mati secara alami dan lembut. Selain itu, garam juga mengandung mineral yang dapat melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat garam ini, cukup campurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau bisa diganti dengan minyak kelapa. Campurkan hingga menjadi pasta.

Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial sebagai aroma terapi. Setelah itu kamu bisa menggunakannya dengan kain lap atau telapak tangan untuk menggosok lembut kulit mu dengan gerakan melingkar.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Garam untuk Wajah

Scrub untuk Peremajaan Kulit

Fungsi garam untuk perawatan tubuh dapat mengelupas kulit mati. Manfaat garam selanjutnya adalah untuk peremajaan kulit. Kamu bisa mencampurkannya dengan lidah buaya dan lavender untuk menambah khasiatnya. Lidah buaya berfungsi menggantikan sel kulit mati, sedangkan lavender merupakan antiseptik alami yang dapat meningkatkan sirkulasi.

Cara menggunakannya campurkan garam setengah cangkir, seperempat cangkir jus lidah buaya atau bisa menggunakan gel yang sudah tersedia, satu sendok bunga lavender kering, dan 10 tetes minyak esensial lavender hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan ke seluruh tubuh dengan menggunakan kain lap atau telapak tangan. Lakukan dengan gerak melingkar. Terapkan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasul optimal.

Memutihkan Gigi

Manfaat garam lainnya dapat dijadikan untuk memutihkan gigi. Gunakan garam dan baking soda untuk mendapatkan manfaat ini. Kedua bahan ini mampu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber alami fluoride yang bermanfaat untuk gigi dan gusi.

Cara melakukannya dengan mencampur satu sendok garam dan dua sendok teh baking soda. Kemudian celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran ini. Lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa.

Obat Kumur Alami

Garam bertindak sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut dan radang gusi. Cara menggunakannya dengan mencampurkan sebanyak setengah sendok teh, setengah sendok teh baking soda, dan seperempat cangkir air dan larutkan. Kemudian berkumurlah dengan campuran ini lalu buang dan berkumurlah dengan air biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini