7 Pose Yoga yang Bisa Atasi Vertigo, Mudah Dipraktikkan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 24 Feb 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 19:30 WIB
Ilustrasi Vertigo

Liputan6.com, Jakarta Vertigo merupakan kondisi yang bisa datang secara tiba-tiba. Vertigo digambarkan sebagai rasa pusing atau merasa seolah-olah ruangan berputar. Vertigo tidak sama dengan sakit kepala biasa. Kondisi ini merupakan gejala dari sejumlah penyakit seperti stroke, cedera kepala, atau tekanan darah tinggi.

Vertigo bisa menyebabkan rasa sangat tidak nyaman pada kepala dan memengaruhi keseimbangan. Salah satu cara mengatasi dan mencegah vertigo kambuh adalah melalui pose yoga.

Beberapa pose yoga bekerja pada sistem saraf dan memperkuatnya. Pose-pose ini juga bekerja di pusat keseimbangan dan telinga bagian dalam, dan membantu membangun konsentrasi dan fokus. Yoga mampu melatih keseimbangan sekaligus menenangkan jiwa.

Pose ini bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya vertigo. Berikut 7 pose untuk mengatasi vertigo dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(24/2/2020).

2 dari 8 halaman

Child’s Pose (Balasana)

Child's Pose (Balasana)
Child's Pose (Balasana) (sumber: Pixabay)

Pose satu ini merupakan pose santai yang dimaksudkan untuk menenangkan pikiran dan meringankan tekanan sistem saraf. Dengan latihan teratur Balasana membantu memperkuat sistem saraf yang bisa mencegah vertigo. Selain itu, pada awal serangan vertigo, pose restoratif seperti ini akan membantu menguasai diri. Pose ini membangunkan hubungan antara nafas dan tubuh, mengirimkan energi yang menenangkan melalui semua otot.

Dalam posisi duduk, satukan kedua kaki sambil menekuk lutut. Letakkan perut di paha dan bokong di atas kaki, letakkan dahi di lantai. Anda bisa membiarkan lengan terentang di depan atau menariknya di samping tubuh, dengan meletakkan telapak tangan di dekat kaki. Tahan pose selama beberapa menit, dan lepaskan.

3 dari 8 halaman

Peregangan Dorsal Intens (Paschimottanasana)

Paschimottanasana
Paschimottanasana (sumber: Pixabay)

Manfaat pose ini adalah pereda stres yang hebat. Ini membantu menyeimbangkan emosi dan mengurangi cemas, kegelisahan, dan lekas marah. Pose ini meningkatkan aliran darah di kepala dan pusat-pusat keseimbangan, sehingga membantu mencegah kambuhnya vertigo. Dengan gerakan ini sistem saraf menjadi lebih kuat.

Duduk selonjor kemudian rentangkan lengan di atas kepala, dan dengan lembut membungkuk ke depan. Bergantung pada seberapa fleksibelnya tubuh, Anda bisa menyentuh jari kaki atau memeluk kaki. Turunkan kepala sebisa mungkin. Tahan pose selama beberapa detik, lalu lepaskan.

4 dari 8 halaman

Legs Up The Wall (Viparita Karani)

Legs Up The Wall
Legs Up The Wall (sumber: iStockphoto)

Pose ini sangat bermanfat bagi mereka yang menderita vertigo. Legs Up The Wall menenangkan pikiran dan mengurangi sakit kepala yang terkait dengan masalah karena postur. Gerakan ini berkontribusi pada aliran darah vena yang sehat, memungkinkan relaksasi yang lebih besar dan mematikan reseptor rasa sakit. Melakukannya sambil menutup mata dapat membuat tubuh lebih tenang.

Duduk di dinding dan angkat kaki menggunakan dukungan dinding. Berbaringlah dengan lembut dan rentangkan tangan ke samping, lipat di siku agar menyerupai bentuk kaktus. Tempatkan telapak tangan menghadap ke atas. Setelah merasa nyaman, tutup mata dan tarik napas panjang dan dalam. Lepaskan setelah beberapa menit.

5 dari 8 halaman

Berbaring Pose Sudut Terikat (Supta Baddha Konasana)

(sumber: iStockphoto)
Supta Baddha Konasana (sumber: iStockphoto)

Pose ini akan memengaruhi pusat keseimbangan, dan hampir secara instan mengurangi rasa pusing. Ini meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kepala. Ini juga merupakan pose yang sangat menghibur yang menenangkan saraf dan pikiran.

Berbaringlah terlentang, tekuk lutut dan satukan kaki sambil membuka kaki ke samping. Angkat lengan ke atas kepala. Lepaskan hingga merasa nyaman.

6 dari 8 halaman

Plow Pose (Halasana)

Plow Pose
Plow Pose (sumber: yogamerge)

Pose ini bisa memperkuat leher. Ketika melakukan pose ini gerakan ini bekerja pada sistem keseimbangan, telinga bagian dalam, dan sistem saraf. Ini melepaskan tekanan pada sistem saraf dan menenangkan pikiran. Plow Pose membantu mengatasi efek samping vertigo dengan mudah.

Berbaringlah terlentang, dengan tangan di pinggang. Angkat kaki dengan lembut hingga kaki menyentuh lantai yang sejajar dengan kepala. Rentangkan tangan ke arah kaki. Pertahankan pose ini sampai merasa nyaman. Untuk kembali ke pose berbaring, angkat kaki dengan lembut dan lepaskan.

7 dari 8 halaman

Pose mayat (Shavasana)

Shavasana
Shavasana (yogajournal)

Pose ini benar-benar merilekskan tubuh dan sangat mudah dilakukan. Ini menghilangkan semua ketegangan dan stres dan membantu mendapatkan kembali fokus. Pose mayat adalah pose yang membantu memerangi pusing hampir secara instan.

Berbaringlah telentang, dengan telapak tangan diletakkan di samping tubuh, menghadap ke atas. Buat diri nyaman dan pastikan bahwa tubuh berada dalam garis lurus. Tutup mata dan fokuskan pada setiap bagian tubuh. Ambil napas dalam-dalam lalu hembuskan dengan lembut. Masuklah ke dalam kondisi meditasi, tetapi cobalah untuk tidak tertidur.

8 dari 8 halaman

Head Stand (Salamba Sirsasana)

Head Stand
Head Stand (sumber: Pixabay)

Pose ini bekerja melawan gravitasi dan secara instan memasok ujung saraf dengan nutrisi yang lebih kaya di kepala. Head stand mambentu pemulihan optimal atau setidaknya mengatasi gejala vertigo. Seiring waktu, pose ini mengurangi pusing, dan dengan latihan teratur, dapat menghilangkan vertigo.

Pose ini juga menenangkan sistem saraf. Untuk menambah keseimbangan, coba untuk melakukan ini dengan dukungan dinding. Jika merasa pusing, lebih baik hindari postur ini sampai gejalanya menjadi terkendali.

Berlututlah di lantai, letakkan tangan i lantai dengan siku selebar bahu, Letakkan kepala di lantai, lalu perlahan angkat lutut dari lantai. Tempatkan kaki tegak lurus dengan dinding. Tahan pose selama beberapa detik lalu lepaskan.

Lanjutkan Membaca ↓