Sukses

Bahaya Olahraga di Siang Hari saat Panas Terik, Ini Penjelasannya

Bahaya olahraga di siang hari saat panas terik bisa menyebabkan masalah kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bahaya olahraga di siang hari saat panas terik bisa menyebabkan masalah kesehatan. Tidak sedikit orang berpikir bahwa olahraga pada siang hari dapat membakar lebih banyak kalori sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Padahal hal tersebut malah menimbulkan penyakit. 

Olahraga di siang hari saat panas terik atau saat suhu sedang tinggi dapat memengaruhi sejumlah kinerja otot pada tingkat sel. Bahkan, saat hal tersebut sudah memengaruhi mitokondiria yang sangat penting untuk fungsi respirasi sel, maka dapat menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan kondisi lainnya.

Bahaya olahraga di siang hari saat panas terik tentunya harus sangat diwaspadai. Sebuah penelitian dari University of Nebraska menemukan bahwa seseorang akan tampil maksimal saat olahraga pada suhu dingin dibandingkan suhu panas.

Bahkan respon yang ditunjukkan tubuh saat olahraga di suhu panas tampak sangat negatif, bahkan seperti tidak bekerja sama sekali. Hal ini didapatkan setelah mengamati sampel jaringan otot paha dari peserta penelitian sebelum dan sesudah menyelesaikan olahraga bersepeda selama satu jam di ruangan yang memiliki suhu berbeda, satu panas dan satu dingin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020) tentang bahaya olahraga di siang hari saat panas terik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Olahraga di Siang Hari Berbahaya

Bahaya olahraga di siang hari saat panas terik menimbulkan berbagai masalah kesehatan karena membuat keringat tidak dapat menguap. Tubuh pun menjadi tidak efektif dalam mengeluarkan panas yang diproduksi setelah berolahraga. Hal inilah yang menyebabkan suhu tubuh dapat meningkat secara cepat dan menimbulkan bahaya.

Intinya, olahraga yang dilakukan pada suhu tinggi atau panas dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk menghilangkan panas sehingga menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat. Dengan begitu, tubuh pun lebih rentan terserang berbagai masalah kesehatan.

3 dari 3 halaman

Bahaya Olahraga di Siang Hari saat Panas Terik

Olahraga tentu sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Namun, kamu harus mengerti waktu melakukannya agar dapat meminimalisir risiko terjadinya gangguan kesehatan akibat berolahraga pada waktu yang tidak tepat. Salah satu caranya adalah dengan menghindari melakukan olahraga ketika paparan sinar matahari terlalu terik di siang hari.

Berikut beberapa kondisi yang paling sering dialami seseorang saat melakukan olahraga di siang hari saat panas terik atau pada suhu terlalu tinggi:

- Heat exhaustion atau kelelahan luar biasa

- Heat stroke, stroke karena suhu panas yang terjadi saat suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius

- Kram otot

- Timbul perasaan mual dan muntah

- Pusing atau sakit kepala

- Tekanan darah rendah

- Jantung berdebar-debar

- Penglihatan kabur

- Dehidrasi

- Pingsan

Melihat berbagai masalah kesehatan yang dapat kamu alami saat berolahraga di siang hari saat panas terik tersebut, kamu sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut. Selain itu, saat olahraga kamu harus selalu menggunakan pakaian yang nyaman dan berbahan tipis, dan menggunakan tabir surya tahan air secara teratur.

Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi. Pasalnya, jika tubuh sudah mengalami dehidrasi, maka tubuh akan semakin sulit untuk menormalkan suhunya kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini