Kehabisan Masker, Wanita Ini Kenakan Kostum Jerapah Demi Cegah Virus Corona

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 20 Feb 2020, 13:05 WIB
Diperbarui 20 Feb 2020, 13:05 WIB
Kehabisan Masker di China, Wanita Ini Kenakan Kostum Jerapah

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus Corona belakangan ini masih menggemparkan masyarakat dunia. Sejak kemunculannya di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu setiap negara terus melakukan pencegahan. Virus Corona yang telah menewaskan ribuan jiwa ini membuat kepanikan di kalangan masyarakat.

Ketakutan yang terjadi, membuat warga Negara Tirai Bambu itu berusaha melindungi dirinya dari ancaman virus Corona. Salah satunya dengan mengenakan masker. Namun karena banyaknya permintaan masker membuat persediaan yang ada tidak dapat mencukupi.

Meskipun produsen masker sudah berlomba-lomba memproduksi, namun tetap saja tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Akibatnya banyak orang yang tidak dapat memperoleh masker.

Kurangnya persediaan masker di China membuat warganya mulai berkreasi dengan membuat alat perlindungannya sendiri. Belum lama ini, seorang wanita di China bermarga He menjadi viral setelah muncul di rumah sakit dengan perlindungan yang sangat unik.

Ia mendatangi rumah sakit untuk mengambil obat anggota keluarganya dengan mengenakan kostum tak biasa yang menutupi sekujur tubuhnya. Hal itu ia lakukan untuk menghindari terkena virus Corona atau kini dikenal Covid-19.

2 dari 3 halaman

Mengenakan Kostum Jerapah

Kehabisan Masker di China, Wanita Ini Kenakan Kostum Jerapah
Mengenakan kostum jerapah (Sumber: World of Buzz)

Demi terhindar dari virus mematikan itu, banyak orang berlomba-lomba untuk melindungi dirinya. Hal serupa juga dilakukan oleh He yang mengenakan kostum jerapah saat mengambil obat di rumah sakit.

Usai kehabisan masker di berbagai toko, wanita itu mengatakan bahwa ia tidak punya pilihan selain membeli dua kostum unik secara online. Kostum itu He gunakan saat mengunjungi rumah sakit di Luzhou, China.

Ia mengunjungi rumah sakit tersebut, karena sang ayah adalah pasien reguler yang sedang membutuhkan obat. He juga meminta dokter yang menangani ayahnya untuk melakukan konsultasi virtual dengan melalui webcam.

Uniknya, kostum jerapah itu memiliki jendela kecil dengan film plastik bening agar tetap dapat melihat sekitar. Wanita tersebut mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling sehat di keluarganya. Sehingga He setuju untuk menjalankan tugas seperti berbelanja bahan makanan, membeli obat dan lain sebagainya karena ia tidak ingin orang tuanya terkena virus.

3 dari 3 halaman

Tidak Menjamin Tak Tertular Virus Corona

Kehabisan Masker di China, Wanita Ini Kenakan Kostum Jerapah
Tidak menjamin tak tertular virus corona (Sumber: World of Buzz)

Selain kostum jerapah, He juga membeli kostum alien untuk mencoba melindungi dirinya sendiri. Masker yang ia miliki telah kedaluwarsa dan ia tidak bisa membeli yang baru karena sulitnya mencari masker di pasaran China saat ini.

Namun, pihak terkait mengatakan bahwa kostum seperti yang dikenakan oleh wanita itu tidak dapat melindungi manusia dari infeksi dan perlu didesinfeksi setelah digunakan. Para petugas medis Cina juga menyarankan masyarakat untuk mengganti masker secara teratur karena bakteri dapat tumbuh jika masker digunakan berulangkali. Bahkan staf medis diminta untuk mengganti masker setiap enam jam sekali.

Lanjutkan Membaca ↓