Fungsi Inverter pada AC, Bisa Hemat Energi Listrik

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Feb 2020, 20:47 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 20:47 WIB
Ilustrasi AC
Perbesar
Ilustrasi AC (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Fungsi inverter pada AC mungkin kerap diabaikan oleh banyak orang. Penggunaan pendingin ruangan atau yang biasa disebut AC kian menjadi kebutuhan masyarakat. Di negara tropis khususnya, penggunaan AC sangat dibutuhkan untuk menghalau udara panas. 

AC membantu menurunkan suhu ruangan, menjadikannya lebih sejuk dan nyaman. AC akan menghilangkan panas dan kelembaban dari interior ruang yang ditempati untuk meningkatkan kenyamanan penghuninya.

Beragam produk AC banyak ditawarkan. Berbagai merek AC memiliki keunggulannya masing-masing. Salah satu produk yang sering ditawarkan adalah AC inverter. Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah AC inverter. Namun, tahukan Anda apa fungsi inverter pada AC?

Tak jarang fungsi inverter pada AC ini kerap lepas dari perhatian. Padahal fungsi inverter pada AC bisa memberi keuntungan bagi penggunanya. Fungsi inverter pada AC bahkan dapat menghemat energi.

Bagi Anda yang sedang memilih AC, mengetahui fungsi inverter pada AC mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan. Berikut fungsi inverter pada AC yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(17/2/2020).

2 dari 6 halaman

Cara kerja AC tanpa inverter

Ilustrasi ruang tamu.
Perbesar
Ilustrasi ruang tamu. (dok. Pexels/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

AC biasa, tanpa inverter memiliki cara kerja kompresor ON/OFF. Kompresor pada AC biasa akan menyala hingga suhu pada ruang sesuai dengan keinginan pengguna. Saat suhu ruang sudah sesuai, kompresor akan otomatis mati (OFF). Kompresor baru akan menyala lagi saat suhu ruang berubah naik pada derajat tertentu.

Kompresor pada AC ini akan terus menyala dan mati berulang kali sepanjang penggunaanya. Cara kerja ini dinilai tidak efektif dalam penggunaan energi. Kebutuhan listrik tinggi diperlukan tiap kali kompresor menyala kembali dari keadaan yang sebelumnya benar-benar mati. Tanpa disadari, cara kerja AC tanpa inverter akan memakan energi listri yang tinggi.

3 dari 6 halaman

Cara kerja teknologi inverter

4 Kebiasaan Remeh yang Membuat Ruang Keluarga Berantakan
Perbesar
Ilustrasi ruang keluarga. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Inverter adalah perangkat untuk mengubah frekuensi. Teknologi ini digunakan di banyak peralatan rumah tangga dan mengendalikan voltase, arus, dan frekuensi listrik.

Teknologi Inverter adalah evolusi teknologi terbaru untuk electro motors dari sebuah kompresor. Inverter digunakan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor, sehingga dapat terus mengatur suhu. Unit Inverter memiliki drive frekuensi-variabel yang terdiri dari inverter listrik yang dapat disesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor listrik.

Drive mengubah arus yang masuk ke arus searah dan kemudian melalui modulasi dalam inverter listrik menghasilkan arus frekuensi yang diinginkan. Sebuah mikrokontroler dapat mengambil sampel setiap suhu udara sekitar dan menyesuaikan kecepatan kompresor.

4 dari 6 halaman

Fungsi AC inverter

Penyebab AC Tidak Dingin
Perbesar
Fungsi AC invertern / Sumber: iStockphoto

Dalam beberapa tahun terakhir, AC inverter menjadi lebih populer dibandingkan dengan AC konvensional karena banyak keunggulannya. Teknologi inverter diterapkan pada kompresor AC.

Kompresor pada AC inverter pun menyala aktif hingga suhu ruang mencapai yang diinginkan. Namun, tak seperti AC konvensional, kompresor ini tak lantas mati begitu suhu ruang yang diinginkan tercapai.

Alih-alih mati, kompresor AC inverter tetap aktif menyala namun dengan laju putaran yang melambat. Ketika suhu ruang berangsur naik hingga derajat tertentu, kompresor akan bergerak mempercepat laju putarannya.

5 dari 6 halaman

AC inverter lebih hemat listrik

[Bintang] 4 Cara Hemat Listrik di Rumah
Perbesar
Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com

Karena kompresor pada AC inverter tidak mati dan hidup berulang kali, penggunaan daya untuk perangkat ini dinilai efisien. Kerja unik kompresor yang tak pernah benar-benar mati inilah salah satu yang menjadikan AC inverter lebih hemat listrik.

Harga AC inverter nverter mungkin lebih mahal daripada AC kecepatan konstan, tetapi ini diseimbangkan dengan tagihan energi yang lebih rendah saat penggunaannya. Kinerja AC inverter juga dinilai lebih efisien dengan biaya operasi lebih rendah dan lebih sedikit gangguan.

Memilih AC inverter sebagai pendingin ruangan bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran sekaligus menghemat energi. Meski AC inverter bisa membantu menghemat energi listrik, berbagai langkah lainnya juga perlu dilakukan untuk menghemat energi.

6 dari 6 halaman

Cara menghemat energi penggunaan AC

Ilustrasi Listrik
Perbesar
Ilustrasi Listrik (sumber: Pixabay)

Matikan AC saat tidak dibutuhkan

Meninggalkan elektronik dalam keadaan menyala berarti listrik terus keluar secara sia-sia. Daya listrik yang tetap menyala dapat menambah 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Mematikan AC saat sedang tidak menggunakan ruangan penting untuk mengehmat energi. Kebiasaan ini juga perlu dilakukan pada barang elektronik lain seperti elevisi, kipas, stereo, dan komputer.

Sesuaikan perilaku sehari-hari

Penghematan energi bisa penyesuaian perilaku sehari-hari. Misalnya, meski sudah ada AC, mengurangi penggunaan pendingin udara juga dapat menghemat penggunaan listrik. Jika memungkinkan buka jendela atau pintu untuk mendapatkan udara masuk ke dalam ruangan.

Perhatikan perawatan barang elektronik

Peralatan elektronik seperti TV, AC, microwave, dan lainnya akan bekerja lebih efektif dan menghemat listrik di rumah jika dirawat dengan baik. Misalnya, ketika filter AC tersumbat, suhu AC menjadi tidak stabil, dan membuat kinerja AC mendorong lebih banyak energi. Sistem yang sama berlaku untuk mesin pencuci piring, pengering, dan peralatan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓