Desa Wisata Pujon Kidul Malang, Fasilitas Lengkap dan Alam Memukau

Oleh Nisa Mutia Sari pada 14 Feb 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 16:45 WIB
Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Liputan6.com, Jakarta Desa Wisata Pujon Kidul Malang bisa kamu jadikan alternatif liburan keluarga. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata populer di Malang, selanjutnya kamu bisa bergeser ke bagian desa wisata yang destinasinya tidak kalah seru.

Desa Wisata Pujon Kidul Malang merupakan salah tempat wisata di Malang yang teletak di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Kamu bisa menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Malang dengan menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Desa Wisata Pujon Kidul Malang menyajikan banyak sekali hiburan berupa spot foto yang menarik, kuliner, hingga suasana pedesaan yang sejuk dan asri. Selain itu, karena lokasinya berada di dataran tinggi, maka dipastikan udara di sini sangat sejuk dan banyak pemandangan alam yang indah terpelihara.

Berikut ulasan tentang Desa Wisata Pujon Kidul Malang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020).

2 dari 6 halaman

Paket Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Desa Wisata Pujon Kidul Malang
Desa Wisata Pujon Kidul kini menjelma menjadi sebuah desa yang indah dengan kawasan rumah kampung lestari.

Desa wisata Pujon Kidul Malang menawarkan fasilitas outbound seperti bermain paintball, ATV, trail, dan panahan. Kamu bisa menggunakan ATV untuk menyusuri perkebunan dan pertanian yang ada di sana.

Selain itu, kamu juga bisa mengenal dunia pertanian dan peternakan di Desa Wisata Pujon Kidul Malang. Ada beberapa hasil pertanian yang bisa dilihat seperti tomat, vabai, dan tumbuhan herbal. Ada juga peternakan sapi yang menghasilkan susu perah.

Di Desa Wisata Pujon Kidul Malang juga tersedia homestay yang bisa digunakan untuk menginap beberapa malam sambil menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan asri. Homestay di Desa Wisata Pujon Kidul Malang biasanya ditawarkan kepada pengunjung yang ingin menikmati paket liburan berhari-hari.

Kesenian dan budaya juga masih kental di daerah ini, sehingga wisatawan dapat belajar mengenai seni yang ada dan ikut serta dalam memainkannya. Kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul Malang juga tidak kalah menarik. Banyak pilihan kuliner yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas Pujon Kidul dan kuliner pedesaan lainnya.

3 dari 6 halaman

Menikmati Wisata Alam yang Masih Asri

Desa Wisata Pujon Kidul Malang
Desa Wisata Pujon Kidul Malang (Liputan6.com/Johan Tallo)

Desa Wisata Pujon Kidul Malang juga menyediakan wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Di sini kamu bisa melakukan hiking ke kawasan air terjun atau coban. Untuk menuju ke coban di Pujon Kidul, kamu perlu berjalan kaki menyusuri perbukitan dan perkebunan warga.

Beberapa air terjun yang ada di Pujon Kidul Malang antara lain Coban Sumber Pitu dan Coban Manan. Coban Sumber Pitu memiliki keunikan pada aliran air terjunnya. Terdapat beberapa aliran air terjun yang seakan tertambat pada lerengnya. Coban Sumber Pitu merupakan air terjun yang sudah cukup hits di Pujon Kidul Malang, sehingga perjalanan menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Namun, kamu harus tetap membutuhkan ekstra usaha untuk tiba di sana. Berbeda dengan Coban Manan, lokasi air terjun ini masih belum banyak diketahui orang lain, sehingga untuk menuju ke sana jalannya masih belum terlalu baik. Jadi, buat kamu yang ingin ke sini dianjurkan untuk tidak pergi sendirian, karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan berbahaya.

4 dari 6 halaman

Menikmati Café Sawah yang Unik dan Indah

Desa Wisata Pujon Kidul Malang
Desa Wisata Pujon Kidul Malang (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketika berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kulon Malang, sempatkan untuk berkunjung ke Café Sawah. Tempat makan yang dikonsep secara kontemporer ini menyajikan pemandangan alam dan suasana sawah yang menenangkan sehingga cocok untuk menghilangkan penat.

Café Sawah juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Desa Wisata Pujon Kidul, bahkan sedang hits di Malang. Café Sawah juga menyediakan tempat berselfie yang unik dan pastinya instagramable. Cocok dengan namanya, Café  Sawah memang terletak di persawahan tapi jangan salah sangka, pemandangan di sini tidak hanya hamparan sawah yang membosankan.

Ada beberapa spot selfie yang menarik seperti taman bunga, jembatan hingga bangunan yang terbuat dari bambu, pemandangan dengan latar belakang pegunungan, dan masih banyak lagi.

Beberapa spot juga sangat cocok dijadikan lokasi foto pre-wedding. Jika kamu ingin melakukan pemotretan di sana, kamu bisa membawa sendiri peralatan sendiri atau kamu juga bisa menghubungi pengelola yang ada. Karena di Desa Wisata Pujon Kidul Malang juga menawarkan paket pre-wedding dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak jauh dari sana, kamu juga dapat berkuda di dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan yang ada di sekitar. Kafe sawah juga cocok untuk wisata keluarga.

5 dari 6 halaman

Menikmati Nuansa Texas di Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul Malang
Desa Wisata Pujon Kidul Malang (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain Café Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul Malang juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik lainnya, yaitu The Roudh 78. The Roudh 78 menawarkan berbagai kegiatan fisik yang seru. Tempat ini lebih cocok untuk kamu yang ingin memacu adrenalin, karena di sini kamu dapat melakukan kegiatan off road dengan jeep tempur yang sudah disediakan di sana. Kamu akan diajak berkeliling Desa Wisata Pujon Kidul Malang hingga menyusuri perkebunan, peternakan, dan persawahan yang ada di sana.

Di The Roudh 78 kamu juga dapat bermain paintball dan seolah-olah sedang melakukan perang melawan musuh. Paintball di sini tidak membahayakan, jadi jangan khawatir karena pelurunya terbuat dari cat.

The Roudh 78 memang dikonsepkan mirip dengan daerah yang ada di Texas, jadi jika kamu ingin berkuda atau seolah-olah menjadi seorang koboy, di sini juga di sediakan penyewaan busana koboy dan kuda yang bisa ditunggangi.

 

6 dari 6 halaman

Lokasi Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Desa Pujon Kidul Malang terletak di sisi barat, melewati Jota Batu ketika berangkat dari Kota Malang. Jarak yang perlu ditempuh dari pusat kota sekitar 30 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

 

Lanjutkan Membaca ↓