Sukses

Makanan Bayi Umur 8 Bulan yang Sehat, Sesuaikan dengan Perkembangannya

Makanan bayi umur 8 bulan perlu diketahui agar kamu bisa selalu memberikan yang terbaik terkait kebutuhan nutrisi anak.

Liputan6.com, Jakarta Makanan bayi umur 8 bulan tentu sudah berkembang jika dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bahkan tekstur serta pilihan jenis makanan untuk bayi di umur 8 bulan pun turut mengalami perubahan. Umumnya bayi 8 bulan sudah dapat mengonsumsi makanan padat hingga tiga kali dalam sehari.  

Apalagi pada usia ini, bayi juga mulai bisa mengambil dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Jadi, pada usia ini orang tua dianjurkan mulai menyiapkan makanan kecil atau finger food untuk camilan bayi di sela-sela waktu makan.

Makanan bayi umur 8 bulan perlu diketahui agar kamu bisa selalu memberikan yang terbaik terkait kebutuhan nutrisi anak. Kamu bisa memperkenalkan satu jenis makanan yang sama selama 2-3 hari, sebelum berganti ke jenis makanan yang lain.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan bayi umur 8 bulan dari berbagai sumber, Rabu (12/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kemampuan Makan Bayi Umur 8 bulan

Sebelum mengetahui makanan bayi umur 8 bulan, kamu perlu mengenali berbagai perkembangan kemampuannya terlebih dahulu. Di antara perkembangan tersebut adalah rahangnya mulai bergerak untuk mengunyah makanan atau menggunakan lidah untuk mendorong dan menelan makanan dan bayi juga bisa memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lain, serta memasukkan benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Karena itu, kamu bisa memberikan finger food atau makanan seukuran jari tangan sebagai makanan bayi umur 8 bulan. Selain itu, kamu juga harus menyingkirkan berbagai benda berukuran kecil di sekitar bayi. Hal ini untuk menghindari ia memasukkan benda tersebut ke dalam mulutnya.

Selain itu, perkembangan kemampuan lainnya adalah bayi mulai dapat duduk tegak dan bisa menelan dengan baik. Berat badan pun bertambah secara signifikan, umumnya dua kali lipat berat badan ketika lahir. Di samping itu, bayi tampak bersemangat untuk makan dan cenderung tertarik dengan makanan orang lain.

3 dari 5 halaman

Makanan Bayi Umur 8 Bulan

Pada usia 8 bulan, bayi dapat diperkenalkan dengan makanan lunak yang dihaluskan. Selain itu, kamu juga bisa mulai membuat beragam finger foods, yaitu makanan lunak yang berukuran kecil atau makanan yang bisa dihabiskan dalam satu gigitan.

Berikut beberapa makanan bayi umur 8 bulan yang bisa kamu berikan sebagai permulaan:

- Buah dengan tekstur lunak seperti pisang dan alpukat

- Sayuran rebus misalnya brokoli, wortel, dan buncis

- Pasta yang sudah direbus

- Tahu dan kentang kukus

- Keju lunak

Supaya lebih gampang saat digenggam dan dikunyah, sebaiknya potong makanan sampai berukuran kecil sebelum diberikan sebagai makanan bayi umur 8 bulan.

Cara Mengolah Makanan Bayi Umur 8 Bulan

Berikut adalah beberapa cara mengolah makanan bayi umur 8 bulan:

- Sayur dan buah yang dihaluskan, kurang lebih ¾ hingga 1 cangkir untuk sekali makan.

- Sayur dan buah yang dipotong kecil seperti: kentang, apel, mangga, dan pisang.

- Protein berupa ikan tanpa tulang, kacang, daging potong, daging unggas, kurang lebih 3-4 sendok makan untuk sekali makan.

- Sereal yang diperkaya zat besi, sekitar ¼ hingga ½ cangkir tiap porsi.

- Keju yang dipotong kecil-kecil, atau kacang, lentil dan makaroni yang matang.

Kamu bisa mencatat makanan apa saja yang telah diberikan pada anak dan apakah menimbulkan gejala alergi. Hal ini tentunya akan berguna untuk mengantisipasi reaksi alergi di kemudian hari. Reaksi alergi yang mungkin timbul ini biasanya ditandai dengan gejala muntah, diare, atau ruam. Kedelai, telur, gandum, ikan, susu, dan kacang-kacangan adalah contoh-contoh makanan yang paling sering memicu alergi. Selain itu, madu sebaiknya jangan diberikan dulu untuk menghindari risiko botulisme.

4 dari 5 halaman

Porsi Makanan Bayi Umur 8 Bulan

Pada umur 8 bulan, frekuensi dan porsi makanan bayi masih terbilang sama seperti ketika usianya berada di 6 dan 7 bulan. Selain tetap rutin memberikan ASI setiap hari, frekuensi makan yang bisa kamu berikan untuk bayi yaitu sebanyak 2-3 kali per hari.

Sementara untuk jumlah porsi dalam sekali makan, kamu bisa memberikan sekitar ½ mangkuk atau ½ gelas air mineral (125mililiter) makanan lumat. Jam atau waktu makan bayi juga sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. 

5 dari 5 halaman

Tips Memberikan Makanan Bayi Umur 8 Bulan

Tips memberikan makanan bayi umur 8 bulan tentu berbeda dengan memasak untuk orang dewasa. Berikut beberapa tips memberikan makanan bayi umur 8 bulan yang harus kamu perhatikan:

- Pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum mengolah makanan bayi.

- Sajikan finger food dengan tekstur dan ukuran yang sesuai- Selalu gunakan buah dan sayur segar dalam menu makanannya. Gunakan segera dalam waktu 1-2 hari setelah dibeli. Jangan lupa cuci bersih buah dan sayuran dengan saksama sebelum diolah.

- Usahakan untuk mengukus bahan makanan sebelum dihaluskan atau dipotong. Mengukus lebih baik daripada merebus bahan makanan. Gunakan sesedikit mungkin air ketika mengukus.

- Berikan variasi makanan yang beragam, namun tetap pilih-pilih sumber makanannya- Tambahkan ASI atau susu formula pada makanan lunak untuk dijadikan bubur. Jangan lupa untuk buang lemak dan kulitnya sebelum diolah.

- Hindari menambahkan penyedap rasa secara berlebihan pada makanan. Namun, kamu dapat menambahkan sedikit bumbu agar makanan bayi tidak terasa hambar, sekaligus memperkenalkan rasa pada bayi.

- Selalu damping bayi saat memasukkan makanannya sendiri ke mulut untuk mencegah risiko tersedak.

- Jangan lupa untuk melepaskan uap panas pada makanan terlebih dulu sebelum disajikan kepada bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.