10 Tempat Wisata Bandung Utara, Menarik dengan Ragam Destinasi

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 04 Feb 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 04 Feb 2020, 19:10 WIB
Tempat Wisata Bandung Utara

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bandung Utara menawarkan beragam destinasi menarik. Bandung menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata alam, sejarah, budaya, dan kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi Bandung.

Salah satu kawasan yang populer adalah tempat wisata Bandung Utara. Bandung Utara merupakan terdiri dari kawasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata Bandung Utara memberi pengalaman menarik yang tak terlupakan.

Ada beragam pilihan di tempat wisata Bandung Utara mulai dari wisata alam pegunungan, air terjun, hingga tempat nongkrong. Tempat wisata Bandung Utara ini sangat cocok menjadi destinasi menghabiskan waktu di akhir pekan. Salah satu tempat wisata Bandung Utara yang paling terkenal adalah Dago.

Berikut 10 tempat wisata Bandung Utara yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/2/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Utara Kawasan Dago

Dago Pakar

Tempat wisata Bandung Utara yang sangat terkenal adalah Dago Pakar. Dago Pakar merupakan salah satu pilihan wisata menarik yang terletak di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung.

Dago pakar merupakan kawasan hutan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini tumbuh menjulang pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alamnya yang menyejukkan, di kawasan ini juga terdapat gua Belanda dan gua Jepang yang bersejarah.

Pesona alam lain yang tidak kalah menariknya yang ditawarkan oleh Dago Pakar adalah terdapat dua curug atau air terjun, yaitu Curug Omas dan Curug Dago. Di Dago Pakar juga terdapat museum yang menjelaskan tentang sejarah pembangunan Dago Pakar.

Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Tempat wisata Bandung Utara satu ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk minum teh yang juga dikenal sebagai Dago Thee Huis. Kini tempat ini juga diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di taman budaya ini, sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Utara Wisata Curug

Curug Maribaya
Curug Maribaya (sumber: disparbud.jabarprov)

Curug Dago

Curug Dago berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut.

Salah satu daya tarik dari tempat wisata bandung utara ini adalah adanya prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan curug ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

Curug Maribaya

Curug Maribaya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Utara Panorama Pegunungan

Wisata Alam Madiun
Ilustrasi pegunungan (sumber: Pixabay)

Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang menjulang tinggi dan panorama pegunungan yang sejuk dan asri. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari dengan panorama pegunungan dan gemerlap lampu kota Bandung yang indah.

Kawasan Punclut

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu tempat wisata Bandung Utara yang patut dikunjungi. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Utara Taman Hutan Raya

Tebing Keraton
Pemandangan dari atas Tebing Keraton (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di sini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

Di tempat ini wisatawan bisa mengunjungi objek wisata bersejarah, seperti gua Belanda dan Jepang. Konon gua ini digunakan sebagai markas militer, penjara bahkan tempat penyimpanan senjata perang.

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah.

Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Utara

Kawah Tangkuban Perahu
Kawah Tangkuban Perahu (sumber: iStockphoto)

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Di Bandung Utara kamu juga bisa mengunjungi Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Kawah Ratu merupakan kawah utama di kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu dan merupakan kawah terbesar diantara kawah-kawah lain. Kawah lain yang berdekatan adalah Kawah Upas yang berukuran lebih kecil dari Kawah Ratu. Sementara kawah Domas terletak sekitar 1,2 kilometer dari area Kawah Ratu. Kawah Domas memiliki sumber mata air panas dengan temperatur 980-1500 Celcius, serta terdapat kolam-kolam kecil untuk sekedar merendam kaki

Kebun Binatang Bandung

Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Lanjutkan Membaca ↓