Sukses

10 Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat Terpopuler, Indah dan Menakjubkan

Tempat wisata pantai di Jawa Barat menawarkan keindahan alam yang menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pantai di Jawa Barat dapat menjadi alternatif liburan menyenangkan. Beberapa pantai di Jawa Barat ini bahkan tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Beberapa tempat seperti Pangandaran dan Sukabumi sudah menjadi destinasi utama tempat wisata pantai di Jawa Barat.

Tidak hanya menikmati keindahannya saja, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pantai jawa Barat ini. Berbagai aktivitas, seperti berenang, menyelam, hingga berselancar bisa kamu lakukan di tempat wisata pantai di Jawa Barat.

Tempat wisata pantai di Jawa Barat menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Menikmati suasana alam yang menyejukkan dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di pantai Jawa Barat ini tentunya memberikan pengalaman liburan yang tak akan terlupakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/2/2020) kumpulan tempat wisata pantai di Jawa Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat; Pangandaran

Pantai Batu Karas

Tempat wisata pantai di Jawa Barat yang pertama adalah Pantai Batu Karas yang terletak di Pangandaran. Selain memiliki keindahan pemandangan, Pantai Batu Karas juga memiliki daya tarik yang asyik untuk melakukan kegiatan selancar. Lokasinya berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat

Selain karena pemandangannya yang memesona, Pantai Batu Karas juga memiliki daya tarik tersendiri pada suasana pantai dan ombak yang disajikan dari Laut Selatan, deras, namun pas untuk kegiatan berselancar. Tidak salah jika kamu akan banyak melihat para peselancar menari di atas ombak ketika menjelang sore.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Pangandaran wajib masuk dalam tempat wisata pantai di Jawa Barat. Pemandangan alam dan nuansa khas Pantai Selatan dengan atmosfer alami yang eksotis begitu terasa di sini.

Masih banyak hewan liar yang berkeliaran di sini, seperti monyet ekor panjang. Pantainya yang berpasir putih dan kondisi air yang masih jernih memunculkan banyak pilihan aktivitas untuk dilakukan di tempat ini, dari sekadar bersantai hingga snorkeling.

Selain itu, ada juga spot kapal karam yang dapat dijadikan latar untuk berfoto yang instagramable.

Pantai Madasari

Jika berkunjung ke Pangandaran, Pantai Madasari merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang harus kamu kunjungi. Pantai ini cukup unik dengan panorama pulau-pulau kecil serta hijau pepohonan di Desa. Selain itu, berbatuan karang dan pepohonan di sekitar juga semakin menambah keindahan pantai pasir putih ini.

Apalagi destinasi wisata ini berada di satu garis pantai dengan Batu Karas. Jadi, kamu bisa sekaligus mengunjungi dua pantai ini hanya dengan berjalan kaki di jalan setapak. Jika tertarik berkunjung ke Pantai Madasari, kamu perlu menuju arah selatan dan menempuh jarak sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat; Sukabumi

Pantai Ujung Genteng

Selain Pangandaran, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata pantai di Jawa Barat di Sukabumi. Ada banyak pantai yang terkenal di sini, salah satunya Pantai Ujung Genteng.

Di pantai berpasir putih ini, kamu dapat melihat ikan-ikan, kepiting kecil, bintang laut, serta rumput laut pada banyak batu karang yang tersebar di sekitar pantai. Jika ingin aktivitas berbeda, kamu bisa menyusuri pantai dengan melihat puing-puing dermaga sisa peninggalan zaman Belanda ataupun menaiki mercusuar.

Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya menjadi salah satu tempat wisata pantai di Jawa Barat untuk menikmati sunset. Berada di kawasan Ujung Genteng, Pantai Cibuaya menawarkan pantai dengan pasir putih dan lanskap yang landai.

Selain itu, kamu juga bisa melihat beragam karang unik, terutama saat air laut surut. Bermain air di sini juga direkomendasikan, mengingat pantainya cukup landai. Pertunjukan utamanya tentunya adalah sunset berwarna kemerahan yang asyik dan syahdu.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong terkenal dengan keindahan alamnya yang tiada duanya. Dahsyatnya gelombang Laut Selatan berpadu dengan karang yang megah dan kokoh menghadirkan pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi pantainya dan menerobos karang bolong untuk sampai ke halaman depan Laut Selatan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat Lainnya

Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan tempat wisata pantai di Jawa Barat paling terkenal di Garut. Pantai ini selalu ramai pengunjung. Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan di sini, seperti memancing, membeli hasil tangkapan laut, berenang di tepi pantai, hingga bermain banana boat. Kalau ingin memancing di laut lepas, kamu juga bisa menyewa perahu warga setempat.

Jika tertarik mengunjungi pantai ini, kamu bisa menuju Kecamatan Cikelet dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 4 jam dari pusat Kota Garut. Fasilitas di Pantai Santolo ini juga cukup lengkap, dari penginapan hingga restoran.

Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan ini menawarkan pemandangan cukup berbeda dengan pantai di sepanjang pesisir selatan lainnya. Di salah satu tempat wisata pantai di Jawa Barat ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit serta hamparan batu karang di sekitar pantai.

Pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan. Tak hanya itu, sekelompok burung camar juga akan menambah cantik pesona sunset di Pantai Karang Tawulan ini. Jaraknya sekitar 90 km atau sekitar 3 jam berkendara dari Kota Tasikmalaya.

Pantai Kejawanan

Salah satu pantai di Cirebon yang harus masuk daftar perjalananmu sebagai tempat wisata pantai di Jawa Barat adalah Pantai Kejawanan. Angin laut sepoi-sepoi dan pasir pantai yang lembut akan membuat suntukmu hilang seketika.

Apalagi kalau kamu mampir ke tempat ini saat menjelang sunset. Warna oranye matahari yang terpecah di langit tampak begitu indahnya. Pantai Kejawanan ini berada di Jalan Yos Sudarso, dekat Pelabuhan Cirebon.

Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah merupakan pantai pasir putih yang berada di Desa Sindangkerta, yang menjadi salah satu tempat wisata pantai di Jawa Barat terfavorit. Berbagai aktivitas seru, seperti berenang atau sekadar bermain air bisa kamu lakukan di sini.

Agar tetap aman saat berenang, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari garis pantai karena ombak di sini cukup besar. Selepasnya, kamu bisa bersantai di tepi pantai untuk menikmati sunset serta pemandangan Pantai Cipatujah menjelang malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini