8 Jenis Tabungan Bank BRI, Ketahui Syarat dan Keuntungannya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 31 Jan 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 31 Jan 2020, 15:45 WIB
Jenis Tabungan Bank BRI

Liputan6.com, Jakarta Jenis tabungan bank BRI perlu diketahui bagi kamu yang ingin membuka rekening. Memilih membuat tabungan di BRI memiliki kelebihan tersendiri dari bank-bank lainnya.

Sebagai salah satu bank terbesar dan tertua di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki fokus pada pelayanan masyarakat kecil dengan memberikan program pemberian kredit kepada pelaku usaha kecil. Adapun berbagai tujuan orang membuat rekening seperti untuk menabung, transaksi bisnis, ongkos naik haji, pengusaha, wiraswasta, dan lain sebagainya.

Di BRI, memiliki beragam jenis tabungan untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Ada beberapa jenis tabungan bank BRI yang telah disiapkan berdasarkan masing-masing kebutuhan calon nasabahnya.

Berikut ragam jenis tabungan bank BRI yang perlu diketahui sebelum membuka rekening. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Jumat (31/1/2020).

2 dari 9 halaman

Simpedes

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Kartu ATM (Sumber: iStockphoto)

Simpedes merupakan jenis tabungan bank BRI pertama yang bisa kamu coba untuk menyimpan uang. Simpedes merupakan salah satu produk tabungan BRI yang paling terkenal.

Simpedes merupakan kepanjangan dari Simpanan Pedesaan, rekening dirancang khusus untuk masyarakat desa. Simpanan masyarakat yang berbentuk tabungan ini dapat melakukan penyetoran kapanpun serta jumlah pengambilan yang tidak dibatasi, selama saldo mencukupi.

Ada beberapa keunggulan yang dapat dirasakan ketika menggunakan tabungan Simpedes ini. Misalnya Simpedes memiliki jaringan luas yang mencapai seluruh wilayah di Indonesia, pembukaan rekening yang mudah, dan berpeluang untuk mendapatkan total hadiah hingga miliaran rupiah.

Syarat pembuatan rekening Simpedes juga sangat mudah. Calon nasabah harus berusia di atas 17 tahun dan membawa KTP. Kemudian membawa NPWP atau surat tidak memiliki NPWP, menyertakan status badan usaha, izin usaha, anggaran dasar, dan dokumen identitas pengurus.

Biaya administrasi per bulan hanya sekitar Rp 5.500 dan minimum setoran awal Rp 100 ribu. Kamu akan mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, dan fasilitas e-banking berupa SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

3 dari 9 halaman

BritAma

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Jenis tabungan bank BRI selanjutnya adalah BritAma. Tabungan BritAma merupakan salah satu jenis tabungan BRI yang paling banyak dipilih untuk membuka akun tabungan.

Jenis tabungan ini didukung dengan fasilitas e-banking dan sistem real time online sehingga nasabah dapat melakukan transaksi kapanpun dan di manapun. Selain itu, BritAma juga memberikan fasilitas lain berupa asuransi kecelakaan diri.

Untuk membuka tabungan BritAma, kamu harus melakukan setoran awal sebesar Rp 250 ribu untuk kartu classic dan Rp 500 ribu untuk kartu gold. Biaya administrasi setiap bulannya sebesar RP 12 ribu dan biaya saldo minimum yang mengandap sebesar RP 50 ribu.

Syarat pembuatan rekening BritAma sama seperti tabungan Simpedes. Calon nasabah harus berusia minimum 17 tahun, memiliki KTP, dan NPWP tidak diharuskan. Sedangkan untuk warga asing, KTP bisa diganti dengan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.

4 dari 9 halaman

BritAma Bisnis

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Rekening BRI ini ditujukan kepada para pebisnis. Nasabah rekening ini bisa mendapatkan keuntungan keleluasan transaksi dan catatan mutasi rekening lebih detail dan jelas. Jika saldo minimum harian rata-rata di atas Rp 5 juta, biaya administrasi per bulan menjadi gratis.

Jenis tabungan bank BRI ini dapat dibikin perorangan dan non-perorangan (badan usaha). Khusus perorangan syaratnya yaitu usia di atas 17 tahun, KTP, dan setoran awal sebesar Rp 10 juta. Sedangkan badan usaha harus menyertakan salah satu KTP perwakilan atau anggota yang bertanggung jawab.

Sedangkan untuk WNA, syaratnya yaitu setoran awal Rp 10 juta, paspor, dan KIMS/KITAP/KITAS. Sama seperti tipe BritAma lain, nasabah rekening ini berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan maksimal 250% atau maksimum Rp 150 juta jika memiliki saldo di atas Rp 5 juta.

 

5 dari 9 halaman

BritAma Muda

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Jenis tabungan bank BRI lainnya adalah BritAma Muda. Dilihat dari segi fitur dan fasilitas, rekening BritAma Muda sebenarnya sama seperti rekening BritAma lain.

Pemilik akan mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking (SMS banking, mobile banking, dan internet banking), notifikasi SMS, dan asuransi kecelakaan diri.  

Namun, yang membedakan adalah kartu ATM yang didapat memiliki desain yang lain. Bila BritAma biasa bisa memilih kartu ATM Classic atau Gold, nasabah BritAma Muda mendapatkan kartu ATM dengan gambar lebih trendy.

Namun fungsinya sama-sama bisa digunakan di ATM BRI seluruh Indonesia. ATM bank lain yang tergabung jaringan ATM Bersama dan Prima, dan ATM seluruh dunia yang memiliki logo Cirrus.

6 dari 9 halaman

BritAma Valas

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Jenis tabungan bank BRI ini ditujukan kepada calon nasabah yang ingin menyimpan dana dalam bentuk mata uang asing. Mata uang yang tersedia ada sepuluh jenis. Di antaranya USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR. Keuntungannya bisa buat investasi. Bagaimanapun, mata uang asing, khusunya USD cenderung lebih stabil.

Meskipun tercatat dalam mata uang asing, nasabah tetap mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan di ATM BRI seluruh Indonesia. Saat menabung atau tarik tunai lewat teller, uang bisa menggunakan rupiah atau lainnya tergantung stok.

Adapun syarat pembuatan rekening BritAma Valas masih terhitung mudah. Calon nasabah harus mempunyai KTP dan setoran awal sebesar 50 USD atau 65 SGD. Untuk NPWP tidak diharuskan. Sedangkan buat WNA, KTP bisa diganti dengan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.

7 dari 9 halaman

Tabungan Haji

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Tabungan Haji merupakan rekening khhusus untuk kamu yang ingin mengumpulkan uang guna keperluas naik haji ke Tanah Suci. Produk ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat untuk mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Beberapa keunggulan dari produk ini, di antaranya online dengan Siskohat Depag, penarikan tidak dibatasi sepanjang memenuhi batas saldo minimum, serta gratis asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa dengan maksimum cover hingga 120% dari saldo akhir maksiumum Rp 50 juta.

Untuk membuka Tabungan Haji ini hanya diperlukan pengisian formulir aplikasi [embukaan rekening. Identitas diri seperti KTP berbasis NIK dan NPWP untuk WNI. Selain itu, Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan penduduk untuk WNA. Adapun setoran awal yang perlu dikeluarkan sebanyak Rp 50 ribu.  

8 dari 9 halaman

Simpanan Pelajar (Simpel) BRI

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Simpanan Pelajar (SimPel) merupakan tabungan rekening khusus para pelajar dengan usia di bawah 17 tahun. Baik itu PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTs, SAMA, dan MA bisa semua.

Dengan syarat pembuatan lebih mudah, biaya administrasi dan lainnya lebih murah. Namun, jenis rekening ini hanya bisa dibuat di sekolah-sekolah yang sudah bekerja sama dengan BRI. Selain itu, usia 12 tahun harus didampingi orang tua. Sedangakan di atas itu bisa tanpa wali.

9 dari 9 halaman

BRI Junio

Jenis Tabungan Bank BRI
Ilustrasi Mesin ATM

BRI Junio merupakan jenis tabungan bank BRI yang diperuntukkan buat anak-anak. Usia calon nasabah rekening ni bebas, terpenting di bawah 17 tahun. Namun, karena di bawah umur, cara dan proses pembuatan rekening akan berbeda dengan rekening lainnya.

Calon nasabah usia di bawah 17 tahun harus didampingi orang tua atau wali. Orang tua atau wali harus sudah memiliki rekening di BRI (bisa Simpedes atau BritAma). Sedangakan usia di atas 12 tahun bisa tanpa wali, tetapi harus menyertakan Kartu Pelajar.

Meskipun ditujukan kepada anak-anak, setoran awal untuk membuat rekening ini lumayan besar dibanding rekening BRI lain. Tepatnya adalah sebesar Rp 150 ribu. Pemilik rekening akan mendapatkan fasilitas sangat lengkap seperti buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking (SMS banking, mobile banking, dan internet banking), dan lain sebagainya.

Lanjutkan Membaca ↓