Sukses

Kampung Wisata Cinangneng Bogor, Rekreasi dengan Aneka Fasilitas Edukasi

Tempat rekreasi untuk mengenal pertanian, kebudayaan, dan alam di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kampung Wisata Cinangneng Bogor merupakan tempat wisata edukasi yang menggunakan konsep alam, tema pedesaan, yang dilengkapi dengan penginapan serta wahana seru lainnya yang akan membuat para pengunjung merasakan kegiatan seru.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor menyediakan aneka kegiatan seru yang bisa dicoba seperti mengenal tentang pertanian, kebudayaa, dan alam Indonesia. Selain anak sekolah, Kampung Wisata Cinangneng Bogor juga ramai dikunjungi mahasiswa asing, hingga turis asing.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor ini akan mengenalkan berbagai budaya Jawa Barat kepada para pengunjungnya, mulai dari alat musik, kerajinan, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Anda juga akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang gaya hidup serta tradisi penduduk desa di Kampung Cinangneng Bogor.

Berikut informasi lengkap seputar Kampung Wisata Cinangneng Bogor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Kampung Wisata Cinangneng Bogor merupakan tempat wisata edukasi yang cocok dikunjungi untuk anak-anak sekolah. Terlebih bagi mereka yang ingin mengenal pertanian, kebudayaan, dan alam di Indonesia. Selain anak sekolah, Kampung Wisata Cinangneng Bogor juga ramai dikunjungi mahasiswa asing, hingga turis asing.

Kampung Wisata Cinangneng Bogor adalah tempat bermain anak di Bogor yang didirikan oleh Hester Basoeki. Ia merupakan sosoj yang telah diakui oleh Menteri Pariwisata sebagai pionir pariwisata desa di Indonesia dengan mendirikan Program Pulang Kampoeng lewat HB Kampoeng Wisara Cinangneng.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor ini akan mengenalkan berbagai budaya Jawa Barat kepada para pengunjungnya, mulai dari alat musik, kerajinan, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Anda juga akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang gaya hidup serta tradisi penduduk desa di Kampung Cinangneng Bogor.

3 dari 6 halaman

Lokasi Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Kampung Wisata Cinangneng Bogor terletak di Jalan Babakan Kemang RT. 01/02 Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Ciampea, Cihideung Udik, Bogor, Jawa Barat. Lokasi kampung wisata ini tidak jauh dari Institur Pertanian Bogor (IPB) Dramaga.

Kalau dari arah IPB Dramaga, anda bisa menlanjutkan perjalanan ke arah Cibanteng. Setelah itu akan masuk ke Desa Cihideung dari Jalan Raya Cibanteng. Jarak dari Kampung Wisata Cinangneng ke Stasiun Bogor sekitar 13 KM dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat rekreasi bertemakan desa wisata ini dibuka setiap hari. Anda bisa berkunjung ke sini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

4 dari 6 halaman

Kegiatan yang Ada di Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan di Kampung Wisata Cinangneng Bogor. Mulai dari kegiatan budaya, alam, hingga pertanian. Tak heran kalau pengunjung Kampung Wisata Cinangneng Bogor didominasi oleh rombongan anak sekolah atau bahkan mahasiswa.

Dikarenakan kampung wisata ini cocok dijadikan lokasi field trip. Tiket wisatanya dijual dengan sistem paket harian, dimana ada beberapa pilihan yang disesuaikan dengan jenis dan banyaknya kegiatan yang diambil. Berikut kegiatan yang ada di Kampung Wisata Cinangneng Bogor.

Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Pilihan kegiatan pertama yang bisa dipilih dan dinikmati adalah bermain alat musik dan lagu tradisonal. Sambil menikmati suasana alam akan semakin terasa kental nuansa pedesaannya dengan bermain berbagai alat musik dan lagu tradisional.

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor ini Anda akan diajarkan beberapa alat musik khas Sunda seperti angklung dan gamelan Sunda, serta menyanyikan lagu-lagu khas Sunda.

Belajar Tarian Tradisional

Selain itu, di sini juga ada fasilitas belajar menari tradisional Sunda seperti Jaipongan. Bukan hanya belajar menari, Anda juga akan dilengkapi pakaian adat sederhana agar tariannya semakin menghayati dan terlihat menarik.

5 dari 6 halaman

Kegiatan yang Ada di Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Belajar Membuat Kue dan Jamu

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dicoba adalah belajar menbuat kue dan jamu. Anda akan diajak untuk membuat kue tradisional seperti kue bugis dan putu. Kedua kue tersebut merupakan menu andalan yang sering dipilih. Selain itu, ada juga paket kegiatan untuk belajat membuat jamu. Kegiatan ini akan menjadi pengalaman seru yang tidak akan terlupakan.

Menanam Padi

Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor Anda juga akberkesempatan untuk merasakan menanam padi. Kegiatan menanam padi ini sebagai pengalaman yang mengasyikkan. Terlebih jika Anda melakukan bersama orang-orang terdekat, maka kegiatan menanam padi menjadi lebih menyenangkan.

Memandikan Kerbau dan Bermain di Sungai

Selain menanam padi, di Kampung Wisata Cinangneng Bogor juga dapat menikmati memandikan kerbai serta bermain air di sungai. Dua kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama rombongan. Anak-anak juga pasti menyenangi kegiatan ini sekaligus melatih keberanian dan ketangkasannya.

 

6 dari 6 halaman

Kegiatan yang Ada di Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Menggambar Caping dan Membuat Karya Seni

Buat pengunjung anak-anak, kegiatan menggambar caping dan membuat karya seni bisa menjadi pilihan. Anda akan diberkan pewarna atau cat yang digunakan untuk berkreasi di atas caping pak tani. Selain itu, ada juga kegiatan membuat karya seni seperti wayang-wayangan dari batang dan daun singkong.

Keliling Kampung

Jangan lewatkan juga untuk berkeliling atau tour kampung. Nantinya Anda akan diajak untuk berkunjung ke usaha-usaha kecil warga setempat seperti konveksi dan kerajinan bambu.

Anda akan diajak belajar dan melihat proses produksi karya UMKM yang langsung dilakukan oleh warga setempat. Keliling kampung juga menjadi kegiatan menyenangkan, karena Anda akan merasakan langsung melewati area perkebunan, sawah, dan hutan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini